Xiaomi Mi Note 2 Pengganti Samsung Galaxy Note 7?

Penampakan Xiaomi Mi Note 2 seketika mengingatkan pada produk gagal Samsung Galaxy Note 7 yang mengalami masalah serius beberapa waktu lalu. Kesamaan dua handphone terkini tersebut utamanya terletak pada layar dengan dua sisi mengkurva di kanan maupun kiri.

Pada sebuah kesempatan VP Global Operation Xiaomi tidak menampik bahwa mereka mengadopsi penampilan atau fitur yang sudah dimulai oleh Samsung terlebih dahulu. Alasannya sederhana, sebab desain tersebut menurut Hugo Barra sendiri dinilai menarik, ergonomis sekaligus merampingkan dimensi smartphone tanpa harus mengurangi dimensi layarnya sendiri.

Also Read: Sambut Xiaomi Mi Max di Indonesia

Xiaomi Mi Note 2 Benarkah Tiruan Samsung Galaxy Note 7?

Desain Xiaomi Mi Note 2 sudah jauh-jauh hari tersebar di berbagai media yang meliput info dan berita ponsel terkini, artinya sebelum Galaxy Note 7 ketahuan bermasalah Xiaomi sudah menempatkan dirinya sebagai “killer” bagi Galaxy Note 7. Bukan saja dual curved display-nya namun pabrikan asal Cina ini juga merilis Mi Note 2 dengan warna Glacial Silver yang sekilas lalu saja warnanya tampak seperti Coral Blue pada Samsung Galaxy Note 7 yang kini sudah resmi dimatikan.

Kesamaan antara Xiaomi Mi Note 2 dan Samsung Galaxy Note 7 hanya tampak ketika dilihat sekilas lalu, sebab jika diamati dengan lebih seksama tetap saja terlihat Xiaomi tidak begitu saja mentah-mentah melakukan copy-paste dari kompetitornya yang berasal dari Korea tersebut.

Tengok saja misalnya desain kamera utama di sisi belakang dimana alih-alih mengadopsi bentuk kotak seperti Galaxy Note 7, Xiaomi Mi Note 2 mengaplikasikan desain melingkar. Penempatannya pun sedikit lebih rendah jika dibandingkan lensa kameera utama Galaxy Note 7.

Mungkin tidak setiap dari pembaca yang sudah berkesempatan menggenggam Galaxy Note 7 mengingat produk tersebut sudah ditarik dari pasaran sebelum sempat beredar luas di Indonesia. Namun bagi Anda yang sempat menggenggamnya maka bakal terasa bahwa Xiaomi Mi Note 2 terasa lebih lebar dalam genggaman dibanding produk yang ditirunya itu. Bagian bezel atas maupun bawah juga sedikit lebih panjang pada Mi Note 2.

Memang tak bisa ditampik bahwa Xiaomi Mi Note 2 layak disebut sebagai kloning Samsung Galaxy Note 7, namun dari sisi kualitas Xiaomi tidak sembarang meniru. Material maupun proses pengerjaannya berkualitas baik sekaligus premium. Bobotnya terasa pas, demikian pula dimensinya nyaman digenggam.

Pada bagian depan layar dengan teknologi OLED-nya bukan saja menampilkan saturasi warna yang menarik namun animasi ikon pada bagian layar melengkungnya memberikan daya tarik lebih.
Dibandingkan dengan Galaxy Note 7 sebenarnya Mi Note 2 belum benar-benar optimal untuk menempatkan diri sebagai kompetitor. Xiaomi tampak kurang memaksimalkan keberadaan curved display smartphone terbarunya seperti yang dilakukan oleh Samsung.

Tampaknya Xiaomi sendiri lebih sekedar memfokuskan pada desain atau penampilan dibanding fungsi, meski pernyataan ini bisa diperdebatkan mengingat pemaksimalan fungsi ala Samsung pada dasarnya masih sekedar gimmick atau bahkan bloatware.

Di luar daripada desain, spesifikasi Xiaomi Mi Note 2 sendiri memiliki lebih banyak kemiripan dengan Xiaomi Mi5s Plus yang sudah diulas oleh tim Dombort beberapa waktu lalu. Bahkan keduanya pun sama-sama mengadopsi kamera dengan dua lensa. Mungkin maksud sang produsen memproduksi Mi5s Plus dan Mi Note 2 yang dirilis dalam waktu berdekatan mirip dengan langkah Samsung beberapa tahun lalu ketika masih menawarkan dua varian yaitu Samsung Galaxy Note dan Samsung Galaxy Note Edge.

Kapan Xiaomi Mi Note 2 Dijual di Indonesia?

Pertanyaan yang umumnya dilontarkan seusai membaca review ponsel terbaru adalah kapan produk tersebut dijual di bursa ponsel lokal. Sayangnya Xiaomi Mi Note 2 tidak akan dijual secara resmi di Indonesia. Setidaknya pernyataan Hugo Barra beberapa waktu lalu merupakan indikator. Disebutkan olehnya bahwa Xiaomi Mi Note 2 hanya akan diproduksi dalam jumlah terbatas dan dikhususkan untuk pasar dalam negeri (Cina).

Xiaomi Mi Note 2 Pengganti Samsung Galaxy Note 7? | Ponsel Dombort | 4.5