Impresi Samsung Galaxy J7 Pro

Samsung Galaxy J7 Pro yang bulan ini akhirnya resmi diperkenalkan melengkapi lini Galaxy seri J. Handphone Samsung Galaxy terbaru itu dirilis bersamaan dengan Galaxy J7 Max yang menawarkan layar dengan dimensi lebar.

Galaxy J7 Pro dibanderol dengan harga beberapa ratus ribu Rupiah lebih mahal dibanding Galaxy J7 Max, sejatinya J7 Pro dimaksudkan untuk menghadang Moto G5 Plus namun di Indonesia Lenovo sudah memutuskan untuk tidak menjual Moto G5 series karenanya bisa jadi Samsung Galaxy J7 Pro tidak memiliki pesaing potensial di kelasnya selain Oppo F3 dan Vivo V5s.

Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy J7 Pro

Belakangan ini makin banyak handphone Android kelas menengah yang tampil premium dan kehadiran Samsung Galaxy J7 Pro melengkapi pilihan dengan kriteria tersebut. Bagian unik dari desain handphone terbaru Samsung Galaxy kelas menengah ini terletak pada jalur antena di bagian belakang yang menyerupai huruf “U” melebar pada bagian atas.

Sedangkan untuk bagian depannya kemiripan Galaxy J7 Pro dengan Samsung Galaxy S7 terasa sangat kental.
Layar berukuran 5.5 inch –nya dikelilingi dengan bezel berukuran tipis yang menjadikannya makin berkesan premium sekaligus modern.
Sementara pada bagian bawah terlihat bahwa pihak produsen sudah mengaplikasikan port USB tipe C.

Sekilas lalu dalam impresi awal kualitas layar Samsung Galaxy J7 Pro yang menampilkan tingkat resolusi 1280 x 1920 pixels dengan teknologi Super AMOLED ini tampak baik. Viewing angles -nya sangat luas demikian pula dengan saturasi warna yang sedap di mata.

Berbeda dengan Galaxy J7 Max yang hanya menggunakan chipset buatan MediaTek, spesifikasi Samsung Galaxy J7 Pro tampak lebih baik karena mengadopsi chipset Exynos 7870 yang memiliki GPU Mali T830 terintegrasi.

Kapasitas RAM yang ditawarkan hanya satu opsi yaitu 3 GB demikian pula kapasitas memori internalnya 64 GB dengan opsi menambah memori eksternal lewat keping microSD hingga kapasitas maksimal 256 GB.

Sekedar catatan Exynos 7870 yang menjadi jantung performa Galaxy J7 Pro ini performanya setara dengan Snapdragon 625 yang digunakan oleh Samsung Galaxy J7 Prime dengan banderol lebih murah.

Harga Samsung Galaxy J7 Pro dan Spesifikasi

JADWALReleasedJuni, 2017
Availability
DIMENSIDimensions152.4 x 74.7 x 7.9 mm
Weight
SIM SlotDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
LAYARTypeSuper AMOLED
Size5.5 inches (~73.3% screen-to-body ratio)
Resolution1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density)
Multi-touchYes
PLATFORMOsSamsung Experience 8.1 berbasis Android 7.0 (Nougat)
ChipsetExynos 7870 Octa
CPUOcta-core 1.6 GHz Cortex-A53
GPUMali-T830 MP2
MEMORICard SlotmicroSD, up to 256 GB
internal64 GB, 3 GB RAM
KAMERAPrimary13 MP, f/1.7, autofocus, LED flash
FeaturesGeo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Video
Secondary13 MP, f/1.9, LED flash
COMMSWLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.1, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
Radio
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
FITURSensorsFingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BATERAINon-removable Li-Ion 3600 mAh battery
HARGARp 4,6 Juta (Estimasi)
LAIN-LAINWarnaBlack, Gold

Hal menarik dari Samsung Galaxy J7 Pro dari sisi perangkat lunak adalah kali ini Samsung sudah tidak lagi menggunakan nama TouchWiz UI namun mengganti namanya menjadi Samsung Experience. Tampaknya mulai saat ini dan seterusnya nama TouchWiz UI akan dipensiunkan.

Kamera yang digunakan oleh Galaxy J7 Pro sama seperti Galaxy J7 Max yaitu sensor 13 MP f/1.7 untuk kamera primer dan 13 MP f/1.9 untuk kamera sekunder.
Fitur “Social Camera” yang memungkinkan pengguna untuk langsung membagikan foto ke jejaring sosial seperti Facebook maupun Whatsapp juga tersedia pada handphone terbaru buatan Samsung ini.

Berapa Harga Samsung Galaxy J7 Pro di Indonesia?

Samsung Galaxy J7 Pro
Black
Jual Samsung Galaxy J7 Pro
Jual Samsung Galaxy J7 Pro

Harga Samsung Galaxy terbaru ini dibanderol di kisaran harga Rp 4 Juta-an, lebih mahal dibanding Galaxy J7 Max dan Galaxy J7 Prime.