Harga Xiaomi Mi A1 dan Spesifikasi

Xiaomi Mi A1 Jadi Benchmark Handphone Murah

Xiaomi Mi A1 menandai kemitraan pertama antara Xiaomi dan Google dalam melanjutkan proyek Google One yang cukup lama tidak lagi terdengar. Jika sebelumnya mitra Android One lebih banyak berasal dari merek-merek kurang ternama maka kali ini kemitraan dengan Xiaomi bakal terasa istimewa bagi konsumen.

Semenjak kehadirannya di Indonesia beberapa tahun silam Xiaomi sendiri menunjukkan diri sebagai merek yang sanggup menawarkan kualitas di atas rata-rata untuk sebuah ponsel dengan harga terjangkau. Karenanya kehadiran Xiaomi Mi A1 bisa jadi mengobati persepsi konsumen yang kadung negatif terhadap Android One.

Seperti Apakah Xiaomi Mi A1?

Harga Xiaomi Mi A1 dan Spesifikasi

JADWALReleasedSeptember, 2017
AvailabilityTersedia
DIMENSIDimensions155.4 x 75.8 x 7.3 mm
Weight165 g
SIM SlotHybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
LAYARTypeLTPS IPS LCD
Size5.5 inches
Resolution1080 x 1920 pixels (~403 ppi pixel density)
Multi-touchYes
PLATFORMOsAndroid 7.1.2 (Nougat)
ChipsetQualcomm MSM8953 Snapdragon 625
CPUOcta-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 506
MEMORICard SlotmicroSD, up to 128 GB
Internal64 GB, 4 GB RAM
KAMERAPrimaryDual 12 MP (26mm, f/2.2; 50mm, f/2.6), phase detection autofocus, 2x optical zoom, dual-LED (dual tone) flash
Features1.25 µm/ 1.0 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video2160p@30fps, 720p@120fps
Secondary5 MP, 1080p
COMMSWLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
RadioYes
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector
FITURSensorsFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BATERAINon-removable Li-Ion 3080 mAh battery
HARGALihat Di sini
LAIN-LAINWarnaBlack, Gold, Rose Gold

Sekilas lalu penampilan Xiaomi Mi A1 tampak mirip dengan handphone merek Cina lainnya yaitu OnePlus 5 yang tidak dijual resmi di Indonesia. Kemiripan tersebut utamanya bisa dilihat dari penempatan lensa kamera ganda di bagian belakang serta desain jalur antena di bagian atas serta bawah handphone Android murah tersebut.

Masih di bagian belakang tampak Xiaomi menempatkan sensor pemindai sidik jari di sana yang bukan selera Dombort, sebab bagi Dombort penempatan sensor pemindai sidik jari bersama tombol “Home” di depan masih merupakan pilihan paling ideal dari sisi kepraktisan dan ergonomis.
Namun setidaknya karena letak sensor pemindai sidik jari ini cukup jauh dari lensa kamera maka insiden jari tangan menyentuh lensa kamera ketika hendak menempatkan ke sensor pemindai sidik jari bisa diminimalisir.

Xiaomi Mi A1 Indonesia

Beralih ke bagian depan layar berukuran 5.5 inch dengan tingkat resolusi setara FHD tampak mendominasi sisi depan. Sementara di atasnya terdapat sensor infra red berikut lensa kamera sekunder 5 MP serta microphone.
Sayang sekali tombol capacitive di bagian bawah layar tersebut belum mengadopsi backlit.

Kualitas layarnya sendiri cukup istimewa untuk ukuran handphone sekelas ini, bukan saja tajam namun reproduksi warna yang ditampilkan juga akurat. Lebih-lebih penerapan desain 2.5D Corning Gorilla Glass makin membuatnya terasa premium di rentang harga yang dipatok.

Meski berstatus sebagai handphone Android murah namun Xiaomi Mi A1 sudah mengandalkan SoC Snapdragon 625 dengan RAM 4 GB serta kapasitas memori internal 64 GB. Maklum, Google memang bertujuan menunjukkan seperti apa semestinya sebuah handphone Android dibuat lewat proyek Google One ini.

Dan seperti bisa diduga pula sistem Android terbaru Android Nougat (7.1.2) menjadi pilihan untuk dijalankan pada Xiaomi Mi A1 tanpa bloatware. Tampilan antar mukanya adalah tampilan stock Android.

Selama pengujian Xiaomi Mi A1 menunjukkan performa yang fluid, tanpa hiccup baik saat menjalankan game maupun berpindah antar aplikasi. Gejala panas berlebih (overheat) juga tidak muncul.

Baterai berkapasitas 3.080 mAh yang ditanamkan pada handphone terbaru Xiaomi sebagai hasil kerjasamanya dengan Google ini sanggup membuat Mi A1 bertahan selama sehari penuh untuk penggunaan normal.

Menjawab Rasa Penasaran Kualitas Kamera Xiaomi Mi A1

Seolah mengikuti kecenderungan terkini Xiaomi Mi A1 pun sudah menerapkan lensa kamera ganda atau dual lens camera untuk kamera utama di sisi belakang.
Dua lensa tersebut sama-sama mengadopsi sensor 12 MP dimana satu diantaranya merupakan lensa sudut lebar sementara yang lainnya adalah lensa jarak jauh.

Xiaomi menyediakan mode “Stereo” untuk menciptakan efek bokeh pada foto yang dihasilkan. Tapi jangan berharap banyak untuk handphone sekelas ini. Meski efek bokehnya cukup menonjol namun noise yang dihasilkan juga termasuk tinggi. Akurasi warna juga menjadi kelemahan lain dari kamera handphone murah terbaru Xiaomi ini.

Kualitas Kamera Xiaomi Mi A1 Indonesia

Untuk lensa jarak jauh (telephoto) Mi A1 menawarkan pembesaran hingga 2x, namun ketika diuji foto yang dihasilkan tidak terlalu memuaskan.

Terus terang dari sisi ini Dombort merasa kecewa, padahal untuk handphone sekelas Xiaomi Redmi 4A saja sang produsen mampu menawarkan kualitas kamera di atas rata-rata kompetitor sekelas.

Xiaomi Mi A1
Black
Jual Xiaomi Mi A1
Jual Xiaomi Mi A1

Apa Keunggulan Xiaomi Mi A1 Android One?

Kelebihan Xiaomi Mi A1 sebagai proyek Android One jelas terletak pada kemulusan sistem operasi Android 7.1.2 dengan tampilan antar muka stock Android dibarengi oleh stamina baterai sepanjang hari.
Xiaomi sendiri menjanjikan bahwa Mi A1 bakal menjadi salah satu ponsel yang pertama kali mendapatkan update Android Oreo kala resmi dirilis bulan Desember 2017 nanti.

Tapi, meski mengusung konfigurasi lensa kamera ganda rasanya tidak cukup layak mengharapkannya dari segi kualitas. Apalagi kalau mencoba menyamakannya dengan kamera lensa ganda milik LG V30