Asus Transfomer 3 Pro Indonesia

Asus Transformer 3 Pro, Inikah Pesaing Surface Pro 4?

Hadirnya Asus Transformer 3 Pro seolah mencoba menantang Surface Pro 4 buatan Microsoft di kategori produk yang diciptakan oleh Microsoft sendiri. Dari sisi penampilan, kualitas pengerjaan maupun performa Asus tampak sanggup menandingi Surface Pro 4. Seberapa besar potensinya mengganjal sang pionir?

Desain 2-in-1 atau yang kerap disebut sebagai hybrid jelaslah Asus Transformer 3 Pro mencoba memasuki pasar yang dicipta oleh Microsoft beberapa tahun silam ketika mereka untuk pertama kalinya memperkenalkan generasi pertama dari Surface.

Meraba Fitur dan Desain Asus Transformer 3 Pro

Seperti disebut diawal bahwa jika menyoroti poin desain serta kualitas pengerjaan saja hybrid laptop terbaru buatan Asus ini memberikan impresi positif. Material yang hampir sepenuhnya terbuat dari logam serta dimensi yang sangat masuk akal dalam mendukung mobilitas menjadi kunci awal sukses Transformer seri terbaru ini. Bobotnya sendiri tercatat hanya 800 gram sehingga tidak membebani jika dibawa kemana-mana.

Spesifikasi dan harga Asus Transfomer Pro 3

Mekanisme transformasinya tampak didesain dengan sangat baik, ia terasa fleksibel namun kokoh pada saat yang bersamaan.
Salah satu fitur layak diapresiasi dari Asus Transformer 3 Pro adalah kehadiran port USB tipe C yang memungkinkan perpindahan data secara cepat melalui USB 3.1 maupun Thunderbolt 3. Bahkan jika dikehendaki pemiliknya juga bisa menghubungkan dengan GPU melalui produk Asus lainnya yaitu ROG XG Station 2.

Jika Anda sedang mencari sebuah tablet yang sanggup menggantikan fungsi desktop di rumah entah dalam rangka menghemat ruang atau alasan yang lain jelaslah sampai pada poin ini Asus Transformer 3 Pro merupakan alternatif ideal. Menariknya lagi Asus tidak menghilangkan fitur-fitur substansial yang umum diketemukan pada sebuah PC seperti port USB 3 versi penuh (bukan micro), port HDMI bahkan juga slot microSD. Dari sisi konektivitas tablet hybrid buatan Asus ini pun menawarkan koneksi Bluetooth 4.1 serta 802.11ac Wi-Fi.

Jika kebanyakan tablet hybrid yang tersedia di pasaran tidak menyertakan keyboard sebagai aksesoris bawaan maka tidak demikian halnya dengan Asus Transformer 3 Pro. Produsen asal Taiwan itu sudah menyertakan keyboard yang dilengkapi dengan backlit serta scrabble-tile. Kala digunakan untuk mengetik keyboard tersebut terasa lebih nyaman dibanding Type Cover yang menjadi bawaan Surface Pro 4.

pengganti Surface Pro 4

Walau demikian kinerjanya tidak bisa disebut sempurna, pasalnya bagian touchpad kadang terasa kurang sensitif mendeteksi perintah. Kelemahan terbesar terletak pada magnet yang seolah kurang kuat sehingga ia tidak benar-benar kokoh menempel dengan bagian layar.

Di dalam kemasannya Asus Transformer 3 Pro juga sudah mengusung Asus Pen (stylus), kualitas material maupun pengerjaannya juga sangat baik. Kala digunakan ia juga sama baiknya dengan stylus milik Surface Pro 4, wajar mengingat keduanya sama-sama menawarkan 1024 tingkat sensitivitas tekanan.

Ada poin dimana Asus Transformer 3 Pro unggul atas Microsoft Surface Pro 4, yaitu layar. Jika Surface Pro 4 menawarkan layar berukuran 12.3 maka Transformer 3 Pro dilengkapi layar 12.6 inch. Bukan itu saja tingkat resolusi layar Transformer 3 Pro yang mencapai 2880 x 1920 pixels juga menghasilkan tingkat kerapat warna lebih baik dibanding Surface Pro 4. Jika hybrid besutan Microsoft itu hanya mencapai tingkat kerapatan warna 267 ppi maka kerapatan warna pada layar Transformer 3 Pro tercatat 275 ppi. Namun ingat bahwa angka-angka tersebut merupakan keunggulan di atas kertas. Faktanya sulit membedakan tingkat kerapatan warna keduanya sekalipun diperbandingkan secara langsung/bersebelahan.

Memang ukuran layar yang lebih lebar memberikan keunggulan tersendiri, namun beda ceritanya kala digunakan di luar ruangan. Sebab tingkat kecerahan layar Asus Transformer 3 Pro sekedar mencapai 292 cd/m2 dimana untuk Surface Pro 4 tercatat 400 cd/m2. Artinya kala digunakan di luar ruangan lebih-lebih terpapar sinar matahari langsung maka layar Surface Pro 4 terbaca lebih baik dibanding layar Transformer 3 Pro.

Di sektor performa sendiri Asus Transformer 3 Pro tersedia dalam dua opsi masing-masing mengandalkan prosesor Intel Core i5 dan Core i7. Sampai tulisan ini dibuat pabrikan asal Taiwan tersebut belum berencana merilis Transformer 3 Pro dengan prosesor Intel M. Unit yang di review kali ini sendiri menggunakan prosesor Core i5-6200U (dual-core) dengan RAM 4 GB serta kapasitas media penyimpanan berupa SSD 256 GB.

Microsoft Surface Pro 4 juga tersedia dalam opsi prosesor Core i5 dan jika keduanya dibandingkan maka kentara sekali bahwa sekalipun spesifikasi teknis keduanya berimbang namun tingkat fluiditas maupun performa Surface Pro mampu melampaui apa yang ditawarkan oleh Transformer 3 Pro. Gejala lag masih kerap muncul pada hybrid bermerek Asus tersebut, sementara tidak terjadi kala menggunakan Surface Pro 4.

Perbedaan keduanya makin kentara kala melakukan multitasking, dan jika menggunakannya cukup lama maka akan terasa bagaimana kipas pendingin Asus Transformer 3 Pro menghasilkan suara jauh lebih berisik dibanding Surface Pro 4. Kesimpulannya Asus belum mampu mendesain sistem pendinginan sebaik Microsoft.

Beberapa game 3D lawas seperti “Dirt: Showdown” berjalan dengan lambat kala dijalankan pada hybrid kelas high-end buatan Asus tersebut. Namun pada sisi lain jika menjalankan game menjadi salah satu aktivitas rutin yang Anda lakukan maka dengan mudah Anda bisa menggunakan desktop GPU untuk dihubungkan dengan Asus Transformer 3 Pro ini.

Kelemahan utama Asus Transformer 3 Pro terletak pada daya tahan baterai yang jauh dari ideal untuk ukuran perangkat pendukung mobilitas. Sebab dalam pengujian video-loop ia hanya bertahan selama 4 jam 20 menit, dalam kondisi serupa Surface Pro 4 bertahan selama 5 jam 56 menit. Padahal stamina baterai tablet hybrid menjadi faktor penting yang dipertimbangkan calon konsumen dalam proses keputusan beli.

Tablet Asus Transformer 3 Pro

Akhir Impresi Terhadap Asus Transformer 3 Pro

Asus Transformer 3 Pro
Hitam
Harga Asus Transformer 3 Pro
Jual Asus Transformer 3 Pro

Banyak hal positif sebenarnya yang ditawarkan oleh Asus Transformer 3 Pro, dalam beberapa hal ia memang pantas ditempatkan sebagai alternatif dari Surface Pro 4. Namun sekalipun harga Asus Transformer 3 Pro lebih murah dibanding harga Surface Pro 4 beberapa kelemahannya seperti stamina baterai serta tingkat kecerahan layar tak cukup baik mengkompensasi kondisi cahaya luar ruangan terasa fatal untuk sebuah tablet hybrid yang semestinya mendukung mobilitas pengguna.