Vivo V7 Plus Tak Sekedar Handphone Selfie

Vivo V7 Plus awalnya banyak disangka sebagai handphone selfie terbaru lainnya yang dirilis oleh perusahaan asal Cina tersebut. Meski dugaan tersebut tidaklah salah tapi lewat Vivo V7+ ini sang pabrikan ingin memberikan nilai tambah kepada handphone buatannya, sedikit berbeda dari kebiasaan mereka selama ini.

Kehadiran Vivo V7 Plus sendiri menarik diamati, sebab handphone Vivo terbaru ini bermain di rentang harga yang sama dengan Xiaomi Mi A1, Moto G5s Plus dan Huawei Nova 2i. Konon dari sisi kualitas kamera pun keempatnya menawarkan kemampuan setara sekaligus melewati ekspektasi untuk standar kamera handphone Android kelas menengah.

Also Read: Vivo V5 Lite Bagaimana Kualitas Kameranya?

Harga Vivo V7 Plus dan Spesifikasi

JADWAL Released Oktober, 2017
Availability Tersedia di sini
DIMENSI Dimensions 155.9 x 75.8 x 7.7 mm
Weight 160 g
SIM Slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
LAYAR Type FullView
Size 5.9 inches
Resolution 720 x 1440 pixels, 18:9 ratio (~269 ppi density)
Multi-touch Yes
PLATFORM Os Android 7.1.2 (Nougat) dengan Funtouch OS 3.2
Chipset Qualcomm Snapdragon 450
CPU Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 506
MEMORI Card Slot microSD, up to 256 GB
Internal 64 GB, 4 GB RAM
KAMERA Primary 16 MP, f/2.0, phase detection autofocus, LED flash
Features  1/3″ sensor size, 1.0 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR
Video  1080p@30fps
Secondary 24 MP, f/2.0
COMMS WLAN  Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, DLNA, hotspot
Bluetooth  4.2, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
Radio Yes
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
FITUR Sensors Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BATERAI Non-removable Li-Ion 3225 mAh battery
HARGA Rp 4,7 Juta
LAIN-LAIN Warna Champagne Gold, Matte Black

Membahas penampilan Vivo V7+ ini Dombort sendiri sedikit terheran dengan pilihan Vivo untuk menggunakan material plastik polycarbonate yang setidaknya selama tiga tahun terakhir ini bahkan sudah ditinggalkan oleh ponsel kelas di bawahnya. Memang kekuatan konstruksinya sendiri relatif solid tapi material semacam ini selain kekuatannya tidak bertahan selama logam juga cenderung lebih cepat kusam karena noda-noda jari selama digunakan.

Meski terkesan sepele tapi membersihkan noda tangan di bodi handphone terbaru Vivo ini tidak sesepele yang dibayangkan. Setelah menggunakan beberapa saat Dombort mencoba membersihkan dengan kain microfiber dan perlu pengulangan beberapa kali untuk membuatnya tampak bersih.

Lupakan sejenak soal material plastik tersebut, kali ini kita akan mengamati salah satu fitur unggulan Vivo V7 Plus berupa layar 5.99 inch dengan rasio 18:9 yang masih langka diketemukan pada ponsel kelas menengah.
Secara teoritis layar berukuran lebar dengan rasio istimewa ini terdengar sebagai sebuah kelebihan di segmennya.

Harga Vivo V7+ dan Spesifikasi

Sekalipun memang warnanya tampak hidup dan kecerahan layar juga baik tapi saat Anda menggunakan ponsel ini untuk membaca maka akan tampak bahwa huruf-huruf tidak ditampilkan setajam yang diharapkan.
Kondisi ini wajar saja, sebab meski menambah dimensi layar secara signifikan namun Vivo hanya memberikan resolusi setara Full HD+

Kekurangan berikutnya dari layar Vivo V7 Plus yang memiliki tingkat rasio 18:9 ini adalah ketidaksesuaiannya dengan rasio kebanyakan video di Youtube. Umumnya format video yang diunggah ke Youtube adalah 16:9. Video tersebut memang masih bisa dinikmati hanya saja akan muncul batas warna hitam pada kedua tepi.

Bisa saja Anda memaksa video-video tersebut untuk memenuhi layar tapi tentu bakal mengorbankan kualitas gambarnya.

Menggunakan Vivo V7 Plus untuk bermain game terdengar sebagai godaan lainnya ketika melihat bahwa ponsel ini dilengkapi layar ekstra lebar. Tapi jangan terlalu antusias sebab paduan SoC Snapdragon 450 dengan RAM 4 GB bukanlah dapur pacu istimewa.
Game-game tertentu seperti “Mobile Legends” masih bisa dijalankan tanpa hambatan, tapi untuk game yang lebih berat misalnya “NBA 2K17” Anda bakal dipaksa menurunkan detil grafis jika ingin memainkan secara mulus.

Benarkah Kamera Vivo V7 Plus Sebaik yang Diceritakan Orang?

Walau bukan sekedar ponsel selfie tapi tak bisa ditampik bahwa mayoritas konsumen memilih merek Vivo untuk alasan swafoto (selfie). Rasanya kebanyakan dari Anda pun sudah mendengar bahwa kamera Vivo V7+ termasuk salah satu yang terbaik di segmennya.
Tapi benarkah demikian?

Selama ini kamera utama ponsel Vivo cenderung mengecewakan, mereka terlalu banyak berinvestasi ke kamera swafoto hingga mengorbankan kualitas kamera utama. Tapi dalam kasus Vivo V7+ kondisinya relatif berbeda.
Kamera utama dengan sensor 16 MP f/2.0 menurut pendapat Dombort tidaklah mengecewakan. Memang kamera Huawei Nova 2i, Moto G5s Plus dan Xiaomi Mi A1 secara umum lebih unggul dibanding V7+, tapi ada kondisi-kondisi tertentu seperti saat mengatasi backlit (sinar dari belakang objek) yang menunjukkan kamera utama ponsel ini sedikit unggul di atas kompetitor.

kualitas Kamera Vivo V7+

Foto Hasil Kamera Vivo V7 Plus

Sementara untuk kamera sekunder atau kamera selfie 24 MP tidaklah mengejutkan kalau sanggup menghasilkan kualitas swafoto yang jernih dengan tingkat detil tinggi selama kondisi pencahayaan memadai.
Saat berada di ruangan redup memang tingkat detilnya menurun karena tingkat noise meningkat, namun berkat bantuan flash foto-foto tersebut masih tampak istimewa untuk diunggah ke jejaring sosial.

Beli Vivo V7+ Sekarang

Champagne Gold
Jual Vivo V7 Plus
Jual Vivo V7 Plus

Keistimewaan lain dari Vivo V7+ bisa dilihat dari stamina baterai yang dalam uji PCMark sanggup bertahan selama 10 jam 15 menit pada tingkat kecerahan layar 50%. Pada penggunaan normal à la Dombort baterai ini bisa bertahan selama satu hari.

Untuk standar handphone Android kelas menengah sebenarnya V7+ merupakan pilihan solid, namun jika mempertimbangkan para kompetitor (Huawei Nova 2i, Moto G5s Plus dan Xiaomi Mi A1) yang dibanderol jauh lebih murah terus terang Dombort sendiri bakal lebih merekomendasikan satu dari ketiga kompetitor tersebut ketimbang Vivo V7 Plus.

Harga Vivo V7 Plus dan Spesifikasi
Vivo V7 Plus Tak Sekedar Handphone Selfie | Ponsel Dombort | 4.5