Benarkah Oppo F5 Punya Kamera Selfie Terbaik?

Oppo F5 resmi dirilis di beberapa pasar setelah jauh-jauh hari berbagai kampanye dan teasing handphone selfie terbaru itu beredar di berbagai media. Penampilannya tidak berubah jika dibandingkan dengan ponsel Oppo sebelumnya, namun entah mengapa seolah bersepakat dengan Vivo V7+ kali ini Oppo F5 turut menggunakan material plastik polycarbonate.

Ponsel selfie memang merupakan domain Oppo, tapi kini ada begitu banyak kompetitor menawarkan kapabilitas serupa. Setidaknya di segmennya saja sang penerus dari Oppo F3 ini sudah harus berhadapan dengan Vivo V7+, Huawei Nova 2i dan Moto G5s. Meski dua nama terakhir tidak memosisikan diri secara spesifik sebagai ponsel swafoto tapi kemampuan kamera sekundernya layak dipersandingkan dengan Oppo maupun Vivo yang menjadi spesialis swafoto.

Also Read: Oppo F1 Harga, Spesifikasi dan Yang Penting Diketahui

Harga Vivo V7 Plus dan Spesifikasi

JADWAL Released Oktober, 2017
Availability Tersedia di sini
DIMENSI Dimensions 156.5 x 76 x 7.5 mm
Weight 152 g
SIM Slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
LAYAR Type LTPS IPS LCD
Size 6.0 inches, 92.9 cm2 (~78.1% screen-to-body ratio)
Resolution 1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio (~402 ppi density)
Multi-touch Yes
PLATFORM Os ColorOS 3.2 berbasis Android 7.1 (Nougat)
Chipset Mediatek MT6763T Helio P23
CPU Octa-core
GPU Mali-G71 MP2
MEMORI Card Slot microSD, up to 256 GB
Internal 32 GB, 4 GB RAM
KAMERA Primary 16 MP, f/1.8, phase detection autofocus, LED flash
Features Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video 1080p@30fps
Secondary 20 MP, f/2.0, 1/2.8″ sensor size
COMMS WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
Radio No
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
FITUR Sensors Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
BATERAI Non-removable Li-Ion 3200 mAh battery
HARGA Rp 4,6 Juta
LAIN-LAIN Warna Black, Gold

Kembali membahas soal material polycarbonate yang digunakan oleh ponsel terbaru buatan Oppo ini meski sedikit mengecewakan tapi selama penggunaan setidaknya ponsel tersebut tidak mudah kotor oleh noda tangan sebagaimana terjadi pada Vivo V7 Plus. Tampaknya lapisan atau coating yang diberikan pada bodi gawai ini memang dirancang untuk meminimalkan noda tersebut.

Hal janggal lain seputar desain yang ditemukan di Oppo F5 adalah kesan bagian layar yang tidak tampak menyatu dengan kerangka (frame), bukan bermaksud mempertanyakan soal solid atau tidak tapi penampilan semacam ini sudah tidak diketemukan pada ponsel sejak beberapa tahun silam.

Kualitas Kamera Oppo F5

Review Oppo F5 Indonesia

Penempatan tombol daya (power) yang tidak berada pada sisi yang sama dengan tombol volume menambah kejanggalan desain dan ergonomi ponsel yang diyakini sebagai ponsel selfie terbaik ini.

Setidaknya Oppo memberikan dukungan slot untuk dual SIM sekaligus microSD sehingga pengguna tak harus memilih antara menggunakan dua kartu SIM tanpa memori eksternal atau satu SIM dan satu memori eksternal.

Beralih ke layar, implementasi layar dengan rasio 18:9 tampaknya mengukuhkan kecenderungan bahwa kedepannya semua ponsel kelas menengah bakal mengadopsi rasio tersebut. Sebelumnya Huawei Nova 2i dan Vivo V7+ juga menerapkan rasio setara lewat layar FullView.

Berkat resolusi 1080 x 2160 pada layar berukuran 6 inch yang menghasilkan tingkat kerapatan warna 402 ppi maka gambar dan video bisa ditampilkan cukup tajam serta jelas. Tingkat saturasi maupun kontras layar ini juga terbilang baik untuk selera kami. Alhasil menonton video di layar Oppo F5 memberikan kenikmatan tersendiri.
Satu-satunya kritikan adalah tingkat kecerahan yang kurang optimal kala digunakan di luar ruangan, memang masih bisa terbaca jelas tapi tidak setajam harapan Dombort.

Sementara itu speaker yang kisi-kisi –nya diletakkan pada bagian bawah menghasilkan volume cukup kuat, dan selama Anda tidak mematok tingkat volume di atas 70% maka kejernihan suara yang dihasilkan tetap terjaga.

Mungkin jika menilik spesifikasi Oppo F5 sendiri sisi yang menimbulkan keraguan adalah chipset MT6763, tentulah kebanyakan konsumen akan lebih mengapresiasi jika ponsel Oppo terbaru ini menggunakan SoC buatan Qualcomm (Snapdragon).
Tapi untuk penggunaan sehari-hari tidak ditemukan masalah seperti lag sekalipun melakukan multitasking.
Game berat seperti “NBA 2K17” masih bisa dimainkan selama Anda tidak berkeberatan dengan tingkat grafis yang minimal.

Tampilan antar muka ColorOS versi terbaru (3.2) yang dipadukan dengan sistem operasi Android Nougat 7.1.1 rasanya makin mirip dengan iOS pada gawai iPhone. Akses menu settings misalnya yang dilakukan dengan cara menggeser layar dari bawah ke atas sangat kental kemiripannya dengan Apple Command Center.

Dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3200 mAh ponsel ini sanggup bertahan sekitar 8 jam untuk penggunaan normal. Berkat fitur VOOC maka proses pengisian ulang hanya memerlukan waktu tidak sampai dua jam dari posisi baterai 10% ke 100%.

Kamera Selfie Terbaik Ada di Oppo F5?

Apapun itu daya tarik utama dari handphone keluaran Oppo selalu terletak pada fitur kamera, utamanya kamera sekunder.
Meski bukan fitur utama kamera primer pada F5 sanggup menghasilkan kualitas foto mumpuni untuk standar kamera ponsel kelas menengah. Reproduksi warna maupun dynamic range -nya mendekati ideal untuk selera Dombort.
Walau memang kala digunakan di dalam ruangan kualitasnya sudah pasti menurun.

Harga Resmi Oppo F5 Indonesia dan Spesifikasi

Foto hasil Kamera Oppo F5

Kamera sekunder pada bagian depan dilengkapi dengan mode AI beauty yang pada mode otomatis fitur tersebut akan mengoptimalkan hasil sesuai alogaritma yang ditetapkan sekaligus menciptakan efek bokeh.
Fitur ini cukup membantu kala berada pada situasi pencahayaan ideal, sementara dalam kondisi di dalam ruangan hasilnya justru cenderung mengecewakan.
Untuk swafoto bersama (group shot) jangan lupa menonaktifkan fitur tersebut.

Swafoto yang dihasilkan oleh kamera F5 memang istimewa. Kesimpulannya, meski banyak alternatif pilihan di rentang harga yang sama tetap Oppo F5 –lah yang terbaik jika yang dicari adalah ponsel swafoto mumpuni, sebaliknya alternatif lain perlu dipertimbangkan kalau aktivitas swafoto bukan hal utama buat Anda.

Beli Oppo F5 Sekarang

Gold
Jual Oppo F5
Jual Oppo F5

Harga Oppo F5 dan Spesifikasi
Benarkah Oppo F5 Punya Kamera Selfie Terbaik? | Ponsel Dombort | 4.5