Perbandingan Samsung Galaxy J2 vs. Samsung Galaxy J3

Membandingkan Samsung Galaxy J2 vs. Samsung Galaxy J3 memang menjadi dilema bagi tidak sedikit calon konsumen yang sedang mempertimbangkan pilihannya untuk opsi ponsel kisaran harga Rp 1 hingga 2 Juta-an. Reputasi layanan purna jual Samsung harus diakui merupakan latar belakang kebanyakan konsumen menjatuhkan pilihan pada nama tersebut meski saat ini ada beberapa kompetitor dari merek lain.

Rivalitas internal Samsung Galaxy J2 vs. Samsung Galaxy J3 rasanya bukan rivalitas yang tidak dipertimbangkan oleh pihak pabrikan sebelumnya. Selisih harga yang hanya beberapa ratus ribu Rupiah bisa dianggap penting bagi price sensitive segment yang notabene merupakan target market bagi kedua produk tersebut.

Meraba Perbedaan Samsung Galaxy J2 vs. Samsung Galaxy J3

Untuk menilai mana dari kedua ponsel Samsung Galaxy di segmen low-end tersebut yang memberikan value paling optimal maka tim Dombort mencoba membedah persamaan dan perbedaan antara Samsung Galaxy J2 dan Samsung Galaxy J3 dengan berpatokan pada beberapa poin.

Namun membahas lebih dalam persamaan dan perbedaan masing-masing silakan menyimak tabel perbandingan spesifikasi Samsung Galaxy J2 vs. Samsung Galaxy J3 di bawah ini sebagai panduan.

Key SpecsSamsung Galaxy J2 (2016)Samsung Galaxy J3
Display5 inches Super AMOLED dsplay5 inches Super AMOLED display
Screen ResolutionHD (1280 x 720)HD (1280 x 720)
Operating SystemAndroid 6.0.1 MarshmallowAndroid Lollipop 5.1
ProcessorQuad-core 1.5 GHz Cortex-A7Quad-core 1.5 GHz Cortex-A7
ChipsetSpreadtrum SC8830Speardtrum SC7731
GPUMali-400MP2Mali-400MP2
Memory1.5 GB RAM1.5 GB RAM
Inbuilt Storage8 GB8 GB
Storage UpgradeYes, up to 128 GB via microSD cardYes, upto 128 GB via microSD
Primary Camera8 MP with LED flash8 MP with LED flash
Video recording720p@30fps720p@30fps
Secondary Camera5 MP5 MP
Battery2600 mAh2600 mAh
Fingerprint SensorNoNo
4G readyYesYes
SIM card typeDual SIMDual SIM
WaterproofNoNo
Weight134 g138 gms
Dimensions142.4 x 71.1 x 8 mm142.3 x 71 x 7.9 mm
Price

Poin pertama dalam membandingkan Galaxy J2 vs. J3 adalah desain berikut material dan kualitas pengerjaan dari masing-masing ponsel dimaksud. Samsung Galaxy J2 yang merupakan ponsel kelas low-end seperti bisa diduga mengandalkan material plastik, hal yang tampaknya perlu disoroti dari sisi desain adalah bagian belakang dimana terdapat tonjolan dengan permukaan bergaris tepat di bawah lensa kamera utama. Pengaplikasian desain seperti ini untuk pertama kalinya diterapkan oleh Samsung.

Hal kedua yang bisa dikatakan baru dari sisi desain adalah keberadaan Smart Glow LED mengelilingi lensa kamera utama sebagai indikator notifikasi.

Bagaimana dengan Samsung Galaxy J3 yang dibanderol lebih mahal? Plastik masih menjadi material utama dari ponsel Android harga Rp 2 Juta-an ini, hanya saja di bagian belakang terdapat sedikit faux-leather yang pertama kali diterapkan oleh produsen asal Korea itu beberapa tahun silam kala memperkenalkan Samsung Galaxy S5.

Perbandingan Samsung Galaxy J2 vs. Samsung Galaxy J3

Dari sisi pengerjaan keduanya berimbang; tidak sempurna namun masih terbilang baik untuk smartphone di kisaran harga ini. Perbedaan keduanya dari sisi desain lebih soal penampilan dan estetika, dimana penilaiannya bakal sangat subjektif tergantung masing-masing individu.

Persamaan antara Samsung Galaxy J2 vs. Samsung Galaxy J3 yang paling kentara terdapat pada teknologi dan ukuran layar. Baik Galaxy J2 maupun J3 sama-sama menggunakan layar berteknologi Super AMOLED berukuran 5 inch dan tingkat resolusi setara HD (720 p) yang menghasilkan tingkat kepadatan warna 294 ppi. Dari sisi tingkat kecerahan, saturasi warna maupun ketajaman keduanya benar-benar identik. Bedanya layar Samsung Galaxy J3 sudah dilindungi oleh Asahi Dragontail Glass sementara Galaxy J2 tidak mengadopsi pelindung apapun pada layarnya.

Perbandingan Layar Samsung Galaxy J2 vs. Samsung Galaxy J3

Kesamaan lain antara Samsung Galaxy J2 dan Samsung Galaxy J3 bukan terbatas pada layar. Jika menilik kamera masing-masing maka kentara pula bahwa sang produsen kembali menggunakan common parts. Kedua smartphone Samsung Galaxy tersebut mengandalkan kamera utama 13 MP dengan lensa f/2.2 yang didukung oleh fitur autofocus, LED flash serta kemampuan merekam video dalam resolusi 720 pixels. Sedangkan kamera depan juga sama-sama menggunakan sensor 5 MP dengan aperture f/2.2 pula. Dalam pengujian kala membandingkan foto hasil kamera Samsung Galaxy J2 vs. Samsung Galaxy J3 tidak tampak ada perbedaan, setidaknya menurut mata kami. Walaupun memang ada kondisi-kondisi tertentu yang amat langka dimana tingkat kecerahan foto hasil kamera Galaxy J3 lebih baik dibanding Galaxy J2.

Perbandingan Kamera Samsung Galaxy J2 vs. Samsung Galaxy J3

Bagaimanapun perbedaan antara Samsung Galaxy J2 vs. Samsung Galaxy J3 tetaplah bukan sebatas pada desain semata. Di sektor performa Galaxy J2 mengandalkan prosesor Quad-core 1.5 GHz Spreadtrum dengan GPU Mali-400MP2. Sedangkan untuk Galaxy J3 pihak produsen menanamkan prosesor Quad-core 1.5 GHz Speardtrum SC7731 meski GPU-nya masih sama dengan milik Galaxy J2. Kelemahan dari Samsung Galaxy J2 maupun J3 terletak pada kapasitas memori internal yang hanya 8 GB saja, padahal rata-rata smartphone kelas low-end saat ini sudah menawarkan kapasitas memori internal 16 GB. Setidaknya baik Galaxy J2 maupun J3 sama-sama memungkinkan ekspansi memori eksternal melalui keping microSD.

Kesamaan antara kedua Samsung Galaxy tersebut berlanjut pada baterai karena keduanya menggunakan baterai tipe tanam dengan kapasitas 2600 mAh. Kami belum berkesempatan menguji stamina baterai masing-masing, namun secara teoritis dengan melihat teknologi serta ukuran layar maupun prosesor semestinya keduanya memiliki stamina baterai yang tidak berbeda.

Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy J2 vs. Samsung Galaxy J3

Kesimpulan Perbandingan Samsung Galaxy J2 vs. Samsung Galaxy J3

Wajar jika dalam rangka menghemat biaya produksi maka produsen mengadopsi common parts untuk beberapa produknya sekaligus. Langkah ini pulalah yang dilakukan oleh Samsung kala membesut Galaxy J2 dan J3. Meski selisih harga keduanya cukup lumayan namun lebih banyak ditemukan kesamaan ketimbang perbedaan kala kami melakukan perbandingan Samsung Galaxy J2 vs. Samsung Galaxy J3.

Perbedaan prosesor antara Samsung Galaxy J2 dan Samsung Galaxy J3 juga tidak bisa benar-benar dijadikan patokan, sebab dari sisi performa kedua prosesor berbeda seri tersebut sangat berimbang. Mungkin selain desain hal yang membedakan kedua smartphone tersebut lebih terletak pada sistem operasi bawaan. Jika Galaxy J3 menjalankan sistem operasi Android Lollipop, dan besar kemungkinan takkan tersedia update ke Marshmallow dikemudian hari maka untuk Galaxy J2 yang muncul belakangan justru sudah menjalankan Androiod Marshmallow.

Harga Samsung Galaxy J2 vs. Samsung Galaxy J3
Samsung Galaxy J2Samsung Galaxy J3
Harga Samsung Galaxy J2Harga Samsung Galaxy J3
Perbandingan Samsung Galaxybeli sekarang

Untuk ponsel dengan kisaran harga Rp 1-2 Juta-an sekaligus termasuk yang termurah dalam daftar Harga HP Samsung Android sebenarnya Samsung Galaxy J2 dan J3 terbilang mahal dibanding kompetitor yang umumnya sudah mengadopsi chipset buatan MediaTek maupun Qualcomm yang lebih superior ketimbang Speardtrum, namun pada sisi lain harga yang lebih mahal tersebut dikompensasi oleh Samsung lewat layanan purna jual yang lebih baik.

Catatan: kedua ponsel yang diperbandingkan merupakan versi spesifikasi 2016 (J2 2016 dan J3 2016).