Asus Zenfone 4 Selfie Pro Lebih Baik Dibanding Vivo V7+

Asus Zenfone 4 Selfie Pro menjadi andalan Asus dalam menghadapi gencarnya manuver produsen lain di kategori ponsel swafoto atau selfie phone. Menilik dari harga yang ditawarkan tampaknya handphone terbaru Asus ini bakal bersaing dengan Vivo V7+ di rentang harga serta kategori yang sama.

Asus sendiri bukan pertama kalinya terjun ke kategori ini, sebab sebelumnya perusahaan asal Taiwan ini juga sudah menawarkan ponsel Android dengan spesialiasi sama. Asus Zenfone 4 Selfie Pro sendiri merupakan versi penyempurnaan dari pendahulunya.

Also Read: Asus Zenfone 4 Max Mirip Zenfone Zoom S

Harga Asus Zenfone 4 Selfie Pro dan Spesifikasi

JADWALReleasedOktober, 2017
AvailabilityTersedia di sini
DIMENSIDimensions154 x 74.8 x 6.9 mm
Weight147 g
SIM SlotHybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
LAYARTypeAMOLED
Size5.5 inches
Resolution1080 x 1920 pixels, 16:9 ratio (~401 ppi density)
Multi-touchYes
PLATFORMOsZenUi 4.0 berbasis Android 7.0 (Nougat)
ChipsetQualcomm Snapdragon 625
CPUOcta-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 506
MEMORICard SlotmicroSD, up to 2 TB
Internal64 GB, 3/4 GB RAM
KAMERAPrimary16 MP, 26mm, gyro EIS, Dual Pixel PDAF, phase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash
FeaturesGeo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video2160p@30fps, 1080p@30/60fps, 720p@120fps
SecondaryDual 12 MP (f/1.8, 25mm, 1/2.55″, 1.4 µm) + 8 MP (12mm), LED flash, 2160p, panorama, HDR
COMMSWLANWi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, EDR, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
RadioYes
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
FITURSensorsFingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BATERAINon-removable Li-Ion 3000 mAh battery
HARGARp 4,9 Juta
LAIN-LAINWarnaRouge Red, Sunlight Gold, Deepsea Black

Dengan penampilan yang masih sama seperti seri Zenfone lainnya, bisa dilihat bagaimana sang produsen berusaha memangkas ketebalan bezel namun demikian dibandingkan dengan kebanyakan ponsel masa kini bezel pada Zenfone 4 Selfie Pro masih terlihat tebal.
Untuk melindungi gawai dari insiden pihak pabrikan juga menyertakan soft case dalam kardus penjualan.

Tombol daya dan tombol pengatur volume yang diletakkan pada bagian kanan gawai memiliki feedback yang baik serta mudah dioperasikan. Kabar baik lainnya Asus juga sudah menerapkan backlit pada tombol-tombol di bawah layar.

Penempatan sensor pemindai sidik jari yang menyatu pada tombol “home” merupakan pilihan bijaksana menurut hemat Dombort, posisi demikian terasa ergonomis dibanding di bagian belakang. Tombol ini juga berfungsi menerima telepon.
Kinerja pemindai sidik jarinya terasa cepat serta akurat, tidak ada keluhan muncul selama uji pakai.

Satu-satunya kekurangan Asus Zenfone 4 Selfie Pro dari segi desain menurut Dombort adalah keputusan pabrikan untuk masih menggunakan port microUSB, padahal untuk sebuah ponsel dengan harga nyaris Rp 5 Juta di masa kini sewajarnya jika sudah mengadopsi port USB tipe C.

Selain itu ponsel ini juga menerapkan slot hybrid yang artinya pengguna harus memilih antara menggunakan dua kartu SIM tanpa memori eksternal atau satu kartu SIM dengan satu keping microSD sebagai memori eksternal.

Soal layar Dombort menilai sangat positif karena Zenfone 4 Selfie Pro ini sudah menerapkan teknologi AMOLED yang tingkat saturasinya terasa nikmat di mata, sudut pandang atau viewing angles -nya juga sangat luas. Hanya saja kala digunakan di luar ruangan masih terasa kurang cerah, walaupun tetap bisa terbaca baik.

Bicara soal performa, ponsel yang mengandalkan SoC Snapdragon 625 sebagai jantung performanya ini terasa gegas untuk penggunaan harian termasuk menjalankan multitasking. Memang beberapa kali muncul hiccup tapi tampaknya lebih disebabkan oleh tampilan antar muka Zen UI. Oleh karena bukan masalah hardware tampaknya bakal cepat terselesaikan lewat update dalam waktu dekat.

Panas juga tidak menjadi masalah selama penggunaan termasuk menjalankan aplikasi berat. Tapi saat digunakan berfoto kadang muncul panas berlebih yang menimbulkan rasa kurang nyaman kala menggenggam.

Kualitas audio yang mendukung Hi-Res Audio terbilang baik, meski kami tidak akan menyebutnya istimewa.

Kualitas Kamera Asus Zenfone 4 Selfie Pro

Bagaimanapun sesuai namanya ponsel ini mengedepankan kamera sebagai fitur unggulan.
Pada bagian depan Asus menempatkan lensa ganda yang merupakan kombinasi dari sensor Sony IMX362 12 MP dengan aperture f/1.8 serta lensa 5 MP sudut lebar 120 Derajat.
Asus sendiri mengklaim bahwa kamera ini sanggup menghasilkan foto dengan resolusi 24 MP berkat teknologi DuoPixel.

Agak lucu sebenarnya Asus mengedepankan besarnya nilai MP pada sebuah foto, padahal besaran tersebut tidak cukup menjadi patokan dalam menilai kualitas sebuah foto. Belum lagi kala diunggah ke jejaring sosial foto-foto selalu dikompres hingga tingkat detilnya sudah pasti berkurang.

Dalam penggunaannya sehari-hari teknologi DuoPixel ini cenderung menghasilkan foto yang overexposed dan tidak natural. Belum lagi proses pengambilan foto terasa lebih lama kala fitur tersebut diaktifkan. Secara keseluruhan Dombort bukanlah penggemar dari teknologi DuoPixel.

Kamera utama 16 MP pada bagian belakang ponsel ini menghasilkan foto-foto dengan kualitas cukup baik di luar ruangan. Sedangkan di dalam ruangan selama pencahayaannya masih layak terlihat bahwa noise yang dimunculkan benar-benar minimal.

Kualitas Kamera Asus Zenfone 4 Selfie Pro

Foto Hasil Kamera Asus Zenfone 4 Selfie Pro

Meski dengan beberapa kelemahan yang dimiliki handphone Asus terbaru ini sanggup menawarkan keseimbangan antara performa dengan kualitas kamera. Sesuatu yang tidak dimiliki oleh Vivo V7 Plus, karenanya kala harus memilih satu diantara kedua ponsel tersebut tidaklah sulit menjatuhkan pilihan pada Asus Zenfone 4 Selfie Pro.

Beli Asus Zenfone 4 Selfie Pro Sekarang

Sunlight Gold
Jual Asus Zenfone 4 Selfie Pro
Jual Asus Zenfone 4 Selfie Pro

Harga Asus Zenfone 4 Selfie Pro dan Spesifikasi
Asus Zenfone 4 Selfie Pro Lebih Baik Dibanding Vivo V7+ | Ponsel Dombort | 4.5