Xiaomi Redmi 5A Handphone Android Murah yang Relatif Berkualitas

Xiaomi Redmi 5A memang sensasional, handphone Android dengan harga 1 Juta kurang sedikit ini begitu dinanti dan menyita perhatian di awal tahun 2018. Dulu jika bicara soal handphone Android murah nyaris tidak akan identik dengan berkualitas tapi kini beda ceritanya.

Konsisten dengan visi mereka sejak awal untuk terus menghadirkan handphone murah berkualitas kali ini tidak main-main, betapa tidak pernahkah Anda membayangkan sebelumnya bahwa dengan uang 900 ribu-an saja bakal bisa memiliki ponsel dilengkapi kamera 13 MP dan ditenagai oleh SoC sekelas Snapdragon 425?

Also Read: Xiaomi Mi 5c: Handphone Murah Tanpa Merasa Pasrah

Harga Xiaomi Redmi 5A dan Spesifikasi

JADWAL Released November, 2017
Availability Tersedia di sini
DIMENSI Dimensions 154 x 74.8 x 6.9 mm
Weight 137 g
SIM Slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
LAYAR Type IPS LCD
Size 5.0 inches
Resolution 720 x 1280 pixels, 16:9 ratio (~296 ppi density)
Multi-touch Yes
PLATFORM Os MIUI 9 berbasis Android 7.1.2 (Nougat)
Chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425
CPU Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 306
MEMORI Card Slot microSD, up to 256 GB
Internal 16 GB, 2 GB RAM
KAMERA Primary 13 MP, f/2.2, phase detection autofocus, LED flash
Features Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama
Video 1080p@30fps
Secondary 5 MP, f/2.0
COMMS WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 4.1, A2DP, EDR, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Radio Yes
USB microUSB 2.0
FITUR Sensors Accelerometer, proximity
BATERAI Non-removable Li-Ion 3000 mAh battery
HARGA Rp 999 ribu
LAIN-LAIN Warna Gold, Dark Gray, Rose Gold, Blue

Namun sebenarnya keistimewaan dari Xiaomi Redmi 5A untuk standar ponsel seharga 1 Juta adalah pada build quality -nya. Jika tahun lalu Redmi 4A demikian populer di segmen budget phone tidak bakal sulit meramalkan bahwa tahun 2018 adalah tahunnya Redmi 5A.

Penampilan Redmi 5A sendiri terlihat banyak memiliki kemiripan dengan Redmi 4A, material yang digunakan pun juga sama. Tapi ternyata ada sedikit penambahan bobot, sebab kalau ditilik dari data spesifikasi Xiaomi Redmi 5A tercatat bobotnya mencapai 137 gram.

Sekalipun dibanderol dengan harga sangat murah Dombort sendiri merasa kagum dengan kualitas material maupun kualitas pengerjaannya. Tombol-tombol fisik yang ditempatkan pada sisi kanan semuanya bekerja dengan baik serta memberi feedback yang baik pula.

Harga Xiaomi Redmi 5A dan Spesifikasi

Meski harga Redmi 5A sendiri lebih murah dibanding Redmi 4A tapi bukan berarti terjadi penurunan kualitas. Dari sisi layar misalnya kedua ponsel Xiaomi kelas low-end ini sama-sama mengadopsi layar 5 inch dengan resolusi 1280 x 720 dengan kerapatan warna mencapai 296 ppi.

Layar ini memiliki tingkat kecerahan yang layak, demikian pula viewing angles terbilang luas.
Kelemahannya justru terletak pada kinerja ambient light sensor yang selama uji pakai acap kali gagal menyesuaikan kecerahan layar dengan kondisi sekitar hingga memaksa pengguna melakukan penyesuaian secara manual.

Pada sisi lain ketajaman layar maupun akurasi warna boleh dibilang sempurna untuk standar ponsel kelas low-end seperti ini.

Menariknya sekalipun diposisikan sebagai entry-level phone Xiaomi tak tampak menganaktirikan, lihat saja tampilan antar muka terbaru MIUI 9 yang sudah dipasagkan dengan sistem operasi Android Nougat 7.1.2

Sayang sekali animasi pada MIUI 9 tidak semuanya mampu ditangani oleh Snapdragon 425, alhasil Anda sebagai pengguna bakal dipaksa untuk bersabar. Demikian pula dengan aplikasi populer seperti Facebook, Whatsapp serta Twitter yang terasa lemot dijalankan oleh Redmi 5A ini.

Sementara game-game ringan seperti “Clash Royale” sanggup ditangani oleh GPU Adreno 308 dengan lancar.

Baterai dan Kualitas Kamera Xiaomi Redmi 5A

Meski dibekali dengan kamera utama 13 MP yang terdengar sensasional untuk ponsel seharga ratusan ribu Rupiah tapi jangan Anda berharap berlebihan. Reproduksi warna pada foto yang dihasilkan terkesan kurang tajam demikian pula detil yang sanggup ditangkap masih jauh dari layak.

Foto Hasil Kamera Xiaomi Redmi 5A

Kualitas Kamera Xiaomi Redmi 5A

Bisa diduga bahwa kondisi ini makin memburuk kala digunakan di dalam ruangan atau pada malam hari.
Sedangkan kamera swafoto dengan sensor 5 MP pada bagian depan menghasilkan kualitas yang rata-rata.

Walau demikian untuk standar kamera ponsel harga 1 Jutaan menurut Dombort masih bisa diterima.

Untuk baterainya sang produsen menyunat kapasitas menjadi 3000 mAh saja, setidaknya untuk penggunaan normal ala Dombort pada malam harinya masih tersisa sekitar 15% kapasitas baterai.

Baterai mungkin merupakan satu-satunya kekurangan Xiaomi Redmi 5A untuk standar kelasnya, tapi di luar itu jika Anda menilai bahwa Redmi 4A merupakan pilihan terbaik di kelas 1 Jutaan bisa dipastikan Anda takkan kecewa dengan Redmi 5A. Meski dengan beberapa penyempurnaan namun harga resminya sendiri malah lebih murah dibanding Redmi 4A.

Beli Xiaomi Redmi 5A Sekarang

Gold
Jual Xiaomi Redmi 5A
Jual Xiaomi Redmi 5A

Review Xiaomi Redmi 5A Indonesia
Xiaomi Redmi 5A Handphone Android Murah yang Relatif Berkualitas | Ponsel Dombort | 4.5