Nokia 5: Semua Serba Pas-pasan

Nokia 5 dijanjikan sebagai ponsel Android yang menjangkau segmen pasar lebih luas karena memang banderol harga lebih masuk akal. Lewat tampilan desain unibodi berbalut bahan aluminum sekilas ponsel Android ini terkesan sebagai sebuah pilihan menarik, apalagi ia mengusung nama besar Nokia yang pernah berjaya di industri telepon selular.

Antusiasme konsumen terhadap comeback -nya Nokia memang luar biasa, termasuk di Indonesia. Dombort sendiri tidak menyangka bahwa Nokia 3310 dan Nokia 3 bakal laku keras di Tanah Air. Entah nuansa nostalgia atau ekspektasi lebih yang menjadi latar belakang pastinya dua ponsel Android bermerek Nokia tersebut digemari oleh masyarakat.
Kini bakalkah Nokia 5 mendapat respon dan antusiasme yang sama?

Also Read: Nokia 3310 Akhirnya Djual Kembali, Tapi Bukan Android

Harga Nokia 5 dan Spesifikasi

JADWAL Released Juli, 2017
Availability Tersedia di sini
DIMENSI Dimensions 149.7 x 72.5 x 8 mm
Weight 160 g
SIM Slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
LAYAR Type IPS LCD
Size 5.2 inches
Resolution 720 x 1280 pixels, 16:9 ratio (~282 ppi density)
Multi-touch Yes
PLATFORM Os Android 7.1.1 (Nougat)
Chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430
CPU Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 505
MEMORI Card Slot microSD, up to 256 GB
Internal 16 GB, 2 GB RAM
KAMERA Primary 13 MP (f/2.0, 1/3″, 1.12 µm), phase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash
Features Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR
Video 1080p@30fps
Secondary 8 MP (f/2.0, 1.12 µm)
COMMS WLAN Yes
Bluetooth 4.1, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS
Radio Yes
USB microUSB 2.0
FITUR Sensors Fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BATERAI Non-removable Li-Ion 3000 mAh battery
HARGA Rp 2,6 Juta
LAIN-LAIN Warna Tempered Blue, Silver, Matte Black, Copper

Nokia 5 sendiri memiliki banyak kemiripan dengan Nokia 6 ketimbang Nokia 3, namun dari sisi harga jelas Nokia 5 lebih terjangkau dibanding Nokia 6. Material aluminum seri 6000 serta desain 2.5D pada bagian depan misalnya bisa Anda temukan pada Nokia 5 ini seperti sang kakak.

Layar berukuran 5.2 inch di bagian depan yang mengadopsi teknologi IPS LCD memang hanya menampilkan tingkat resolusi setara HD saja (720 pixels), namun tingkat akurasi warnanya layak diacungi jempol. Digunakan di luar ruangan termasuk kala terpapar sinar matahari tidak akan menjadi masalah bagi penggunanya. Sayangnya kelebaran sudut pandang (viewing angles) tidak terlalu istimewa, karenanya menonton film berdua misalnya bukan pilihan bijaksana jika menggunakan ponsel ini.

Salah satu fitur istimewa yang ada pada Nokia 5 dan tidak ada pada Nokia 3 adalah keberadaan sensor pemindai sidik jari. Sensor ini bekerja cukup baik meski belum seakurat dan secepat yang Dombort bayangkan.

Di sektor sistem operasi Nokia kembali mengadopsi tampilan murni alias pure Android, dimana tampilan antar mukanya menggunakan launcher yang sama dengan milik Google Pixel.
Walau demikian dengan hanya berbekal memori internal berkapasitas 16 GB sulit rasanya ponsel ini bertahan lama di masa kini. Dari kapasitas tersebut sebesar 7, 49 GB sudah disita oleh sistem operasi dan aplikasi bawaan. Meski mendukung penggunaan memori eksternal lewat keping microSD rasanya hanya dalam beberapa bulan saja pemiliknya bakal bermasalah dengan kapasitas memori.

Sedangkan soal performa dengan mengandalkan kombinasi SoC Snapdragon 430 dan RAM sebesar 2 GB untuk penggunaan harian rasanya cukup, asalkan Anda rela bersabar dengan waktu loading kala menjalankan aplikasi.

Kualitas Kamera Nokia 5

Nokia 5 dibekali dengan kamera swafoto 8 MP bukaan f/2.0 sementara di belakang diletakkan kamera utama 13 MP yang dilengkapi dengan dual tone LED serta PDAF.
Sayangnya kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera Nokia 5 ini masih jauh dari harapan, terutama dengan mempertimbangkan nama besar Nokia.

Dombort sendiri belum tahu berapa harga resmi Nokia 5 di Indonesia, namun dari pantauan di beberapa marketplace banderolnya berkisar Rp 2,6 Juta-an. Dengan harga tersebut Xiaomi Mi A1 dan Moto G5s Plus terasa sebagai pilihan jauh lebih baik jika memang budget Anda tidak mepet.
Tapi kalau anggarannya memang mepet atau sekedar ingin merasakan nuansa nostalgia tak ada salahnya menimang Nokia 5.

Beli Nokia 5 Sekarang

Silver
Jual Nokia 5
Jual Nokia 5

Harga Nokia 5 dan Spesifikasi
Nokia 5: Semua Serba Pas-pasan | Ponsel Dombort | 4.5