Pengalaman Menggunakan Asus Zenfone 3

Asus Zenfone 3 seolah menjadi masterpiece dari merek asal Taiwan tersebut. Semenjak pertama kali memasuki industri ponsel beberapa tahun lalu penerimaan konsumen atas merek yang sebelumnya lebih dikenal sebagai pembuat motherboard tersebut terbilang cukup pesat.

Kerjasama dengan Intel yang memberikan mereka subsidi dalam memproduksi perangkat telepon selular memang tidak berjalan cukup baik, pasalnya prosesor Intel belum optimal menjalankan sistem operasi Android. Namun Asus sudah memetik pelajarannya, kini dengan percaya diri mereka melahirkan Zenfone generasi ketiga yang dikenal sebagai Asus Zenfone 3.

Also Read: Asus Zenfone Live Buat yang Hobi Selfie Streaming

Sepekan Pengalaman Menggunakan Asus Zenfone 3

Masuknya Asus Zenfone 3 di Indonesia memang terbilang sangat lambat, entah apa alasan sebenarnya namun pastinya konsumen di beberapa negara lain di ASEAN sudah lebih dahulu berkesempatan memiliki ponsel tersebut sementara konsumen di Indonesia masih dalam penantian panjang.
Tapi sudahlah, apapun itu faktanya saat ini Asus Zenfone 3 sudah resmi masuk Indonesia.

Review pengalaman sepekan tim Dombort bersama Asus Zenfone 3 ini bukan pengalaman dalam jangka panjang mengingat ponsel ini sendiri belum lama masuk Indonesia. Namun dalam jangka waktu satu pekan tersebut kami mencoba memaksa Zenfone 3 untuk bekerja keras sampai batas puncaknya dalam rangka menguji keawetan Asus Zenfone 3.

Unit yang kami review adalah Asus Zenfone 3 ZE522KL yang memiliki layar berukuran 5.5 inch, ditenagai oleh chipset Snapdragon 625 dan RAM 4 GB. Harga Asus Zenfone 3 ZE522KL ini sendiri di Indonesia dibanderol Rp 5.099.000,-

Spesifikasi Asus Zenfone 3 ZE522KL

Key Specs Asus Zenfone 3 (4GB)
Display 5.5 inch Super IPS+ display
Screen Resolution 1080 x 1920 pixels
Operating System Android 6.0 Marshmallow with ZenUI 3.0
Processor 2.0 GHz Octa core processor
Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
Memory 4GB RAM
Inbuilt Storage 64GB
Storage Upgrade Yes, up to 256 GB
Primary Camera 16 MP with dual tone LED Flash
FHD Video recording Yes
Secondary Camera 8 MP
Battery 3000 mAh
Fingerprint Sensor Yes
4G ready Yes
SIM card type Dual
Weight 155 grams
Dimensions 152.6 x 77.4 x 7.7 mm
Price Rp. 5.099.000

Selama penggunaan sepekan performa unit yang diuji coba bisa dibilang sesuai ekspektasi, meski hanya menggunakan chipset kelas menengah namun proses loading berjalan dengan cepat, demikian pula kala mengakses folder-folder di dalam ponsel bersangkutan.

Kapasitas RAM yang hanya 4 GB juga tidak menjadi penghalang, proses multitasking berjalan dengan baik. Gejala-gejala yang tidak diinginkan seperti force exit atau lag tidak ditemui. Artinya memasuki tahun ketiga mereka di industri ponsel perusahaan asal Taiwan ini sudah mampu memaksimalkan manajemen RAM. Menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan umumnya tidak menimbulkan isu. Namun kondisinya sedikit berbeda kala menjalankan game 3D di Asus Zenfone 3 versi standar ini, ada kalanya game yang sedang dijalankan dipaksa melakukan restart jika ditengah-tengah permainan di pause untuk menjalankan aplikasi lain. Namun untuk game-game yang lebih ringan kendala tersebut tidak muncul selama pengujian.

Tingkat fluiditas turut menjadi faktor dalam menilai performa sebuah smartphone, meski hanya digunakan dalam waktu seminggu namun dalam rentang waktu tersebut tim Dombort menggunakannya sebagai ponsel utama tujuannya tak lain untuk benar-benar bisa melihat seperti apa ketangguhan smartphone terbaru Asus tersebut dalam keseharian.
Hasilnya kami merasa cukup puas, proses scrolling misalnya terasa mulus dan lancar. Hampir disetiap waktu senggang secara bergantian maupun simultan penguji membuka aplikasi jejaring sosial mulai dari Facebook, Instagram hingga LinkedIn. Dan selama proses tersebut seperti sudah disebut tidak ada isu lag yang muncul.

Setelah kejadian negatif dengan Samsung Galaxy Note 7 kebanyakan konsumen bersikap lebih berhati-hati dalam menyikapi gejala overheat. Jika sebelumnya tak sedikit pengguna yang cenderung mengacuhkan peningkatan suhu pada ponselnya, kasus Galaxy Note 7 rupanya mengubah kebiasaan tersebut. Berangkat dari pengalaman tersebut maka kami pun mencoba lebih serius mengamati peningkatan suhu atau panas pada Asus Zenfone 3. Menariknya produsen asal Taiwan tersebut boleh dibilang sukses dalam memanajemen sirkulasi panas. Sebagai pengguna yang agresif dalam menggunakan smartphone kami sangat terkesan dengan stabilnya suhu pada unit Zenfone 3 ini. Bahkan ia lebih baik memanajemen panas dibandingkan beberapa ponsel yang pernah dimiliki oleh tim penguji, beberapa diantaranya adalah ponsel kelas high-end dan beberapa lainnya berada di kelas yang sama dengan Asus Zenfone 3 ZE522KL ini.

Pada sektor kamera Asus melengkapi Zenfone 3 ZE522KL dengan kamera utama 16 MP yang memiliki lensa f/2.2 diperkaya oleh fitur seperti PDAF, dual-tone LED dan 4-axis OIS. Pada bagian depan sang produsen menempatkan kamera selfie 8 MP dengan aperture f/2.0.

Pengalaman Menggunakan Asus Zenfone 3

Dari sisi aplikasi atau tampilan antar muka kamera kami menilai Asus Zenfone 3 cukup sederhana serta mudah dimengerti oleh pengguna yang belum pernah menggunakan ponsel merek Asus sekalipun. Keluasan pandang yang diberikan oleh viewfinder-nya terasa ideal sehingga pengguna bisa mendapat pandangan yang optimal. Sisi negatifnya, setidaknya dalam hemat kami terlalu banyak gimmick berupa mode maupun kontrol yang sebenarnya tidak berguna.

Kualitas foto hasil kamera Asus Zenfone 3 di luar ruangan dengan kondisi pencahayaan ideal kami nilai relatif baik, kelemahannya terletak pada warna yang cenderung kebiru-biruan. Untungnya pengguna bisa mengatasi kekurangan tersebut dengan pengaturan white balance yang disediakan pada mode manual.

Meski masuk dalam kategori baik namun kami tidak menyebutnya istimewa, pasalnya dikisaran harga yang sama (Rp 5 Juta-an) kami sudah melihat beberapa kamera smartphone yang menghasilkan kualitas foto lebih baik dibanding Asus Zenfone 3.

Kondisi serupa juga berlaku kala digunakan pada kondisi pencahayaan terbatas, meski secara keseluruhan foto yang dihasilkan bisa dinikmati namun tingkat noise terlalu cepat muncul untuk ukuran kamera smartphone kelas menengah.
Untuk kamera selfie hasilnya relatif baik, tentu saja untuk standar kamera sekunder.

Asus melengkapi Zenfone 3 dengan baterai berkapasitas 3000 mAh yang di atas kertas semestinya memiliki daya tahan baik. Pengalaman selama menggunakan Asus Zenfone 3 dengan penggunaan normal rata-rata di pengujung hari daya baterainya masih tersisa sekitar 20-30%.
Fitur fast charging juga sudah bisa ditemukan pada smartphone terbaru keluaran Asus ini, pengisian daya selama 20 menit sudah cukup mengisi ulang baterai sekitar 40 atau 45% dari total kapasitas. Sementara pengisian daya dari 0 ke 100% dengan charger bawaannya memerlukan waktu lebih kurang 90 menit.

Hal yang berbeda dari Asus Zenfone 3 jika dibandingkan para pendahulunya adalah perhatian ekstra sang produsen terhadap estetika desain. Penampilan yang elegan, solid dan mulus langsung kentara begitu melihatnya, bagian depan dan belakang smartphone ini juga sudah mengadopsi 2.5D Gorilla Glass yang mulai jamak diketemukan pada ponsel keluaran tahun ini.

Kualitas pengerjaan maupun estetika desain Asus Zenfone 3 layak mendapat acungan jempol, meski pada sisi lain tak bisa dipungkiri bahwa smartphone tersebut cenderung terasa licin kala digenggam.

Foto hasil kamera Asus Zenfone 3

Jika kebanyakan pabrikan lebih banyak mengandalkan material logam untuk menciptakan kesan solid serta premium maka Asus menempuh jalan berbeda, material serat kaca lebih banyak mendominasi Asus Zenfone 3 ketimbang logam. Hasilnya sangat memuaskan, walau sebagai konsekuensinya harga Asus Zenfone 3 menjadi lebih mahal karena biaya produksi yang lebih mahal pula.

Mengandalkan layar 5.5 inch berteknologi Super IPS+ resolusi maksimal yang ditampilkan oleh layar Asus Zenfone 3 ini adalah resolusi setara FHD dengan tingkat kepadatan warna mencapai 400 ppi. Keunggulan layar ini jika dibanding layar IPS pada umumnya terlihat pada tingkat kecerahan serta kejernihan yang lebih baik. Sedangkan untuk saturasi warna dan viewing angles meski terbilang baik namun tidak terlalu istimewa, sebab beberapa layar ponsel di kelas yang sama menawarkan saturasi warna serta viewing angles lebih baik dibanding Asus Zenfone 3.

Kelebihan dan Kelemahan Asus Zenfone 3

Sekalipun layarnya tampak bersifat reflektif namun kala diuji digunakan di luar ruangan ternyata tak ada masalah ditemukan. Teks serta gambar masih bisa dilihat dengan jelas, artinya proses mengambil foto di luar ruangan pun tak bakal terganggu.

Kelemahan Asus Zenfone 3 masih sama seperti pendahulunya yaitu sistem operasi Android 6.0 dengan Zen UI yang kaya akan bloatware. Dari lebih kurang sebanyak 25 bloatware hanya 3 aplikasi saja yang bisa disingkirkan.

Pada bagian bawah ponsel sang produsen menempatkan speaker tunggal dengan kualitas suara yang cukup kuat serta minim distorsi jika Anda membandingkannya dengan smartphone lain di kisaran harga sama. Bahkan earphone bawaannya pun mampu memperdengarkan suara bass yang jernih.

Bagi para penggemar game performa kombinasi Snapdragon 625 dengan GPU Adreno 506 tentu menjadi pusat perhatian. Untuk pengujian selama sepekan ini pada unit Asus Zenfone 3 yang diuji ter-install beberapa game seperti “Modern Combat 5”, “NFS No Limits”, “Mini Militia”, “Asphalt 8” dan “Color Switch”. Kesemua game tersebut mampu dijalankan dengan baik oleh Asus Zenfone 3 tanpa gejala lag maupun hiccups. Dan seperti sudah disebut sebelumnya bahwa panas Asus Zenfone 3 mampu dijaga dengan stabil.

Review Asus Zenfone 3

Kesimpulan Pengalaman Menggunakan Asus Zenfone 3

Pengalaman menggunakan Asus Zenfone 3 selama satu pekan meninggalkan impresi beragam, hal paling positif yang dirasakan oleh tim Dombort adalah desain yang istimewa, manajemen RAM yang baik serta suhu relatif stabil meski bekerja keras. Sementara untuk hal yang masih bisa ditingkatkan atau kekurangan yang dirasakan terletak pada kualitas kamera yang belum benar-benar sesuai ekspektasi meski sudah lebih baik dibanding Zenfone generasi pertama dan kedua. Namun yang paling mengganggu sebenarnya adalah banyaknya bloatware pada Zen UI

Harga Asus Zenfone 3
Silver
Harga Asus Zenfone 3
Jual Motorola Moto E3 Power

Pengalaman Menggunakan Asus Zenfone 3 | Ponsel Dombort | 4.5