Harga LG V30 Plus dan Spesifikasi

Jajal Kedahsyatan LG V30 Plus

LG V30 Plus medio akhir Desember 2017 lalu resmi dijual di Indonesia, ternyata pihak LG memutuskan untuk memasukkan varian Plus saja tentu dengan berbagai pertimbangan. Ponsel ini sendiri semenjak awal dipromosikan sebagai ponselnya reporter dan vlogger.

Membuat penasaran apa sebenarnya kelebihan LG V30 Plus dibanding ponsel Android lain sekelasnya hingga sang produsen memosisikan produk ini sebagai ponselnya vlogger. Ponsel sendiri sampai sekarang sebenarnya bukan pilihan ideal bagi vlogger dan reporter. Alasannya sederhana karena terlalu ribet dibanding kamera.

Harga LG V30 Plus dan Spesifikasi

JADWALReleasedSeptember, 2017
Availability
DIMENSIDimensions151.7 x 75.4 x 7.4 mm
Weight158 g
SIM SlotDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
LAYARTypeP-OLED
Size6 inches
Resolution1440 x 2880 pixels (~537 ppi pixel density)
Multi-touchYes
PLATFORMOsLG UX 6.0+ berbasis Android 7.1.2 (Nougat)
ChipsetQualcomm MSM8998 Snapdragon 835
CPUOcta-core (4×2.45 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo)
GPUAdreno 540
MEMORICard SlotmicroSD
Internal128 GB, 4 GB RAM
KAMERAPrimaryDual 16 MP (f/1.6, OIS, 3-axis, laser & phase detection autofocus) + 13 MP (f/1.9, no AF), LED flash
Features1.0 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video2160p@30fps, 1080p@30fps, 720p@120fps, 24-bit/192kHz stereo sound rec., HDR video
Secondary5 MP, f/2.2, 1/5″ sensor size, 1.12 µm pixel size
COMMSWLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE, aptX HD
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
RadioNo
USB3.1, Type-C 1.0 reversible connector
FITURSensorsFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, color spectrum
BATERAINon-removable Li-Ion 3300 mAh
HARGALihat di sini
LAIN-LAINWarnaCloud Silver, Moroccan Blue

Menggunakan ponsel untuk aktivitas vlogging artinya pada saat yang sama harus membawa pula powerbank, tongsis, kabel data bahkan kalau memang ponsel itu mendukung perlu juga membawa keping microSD ekstra. Alasan inilah yang membuat Dombort penasaran akan keunggulan LG V30 Plus.

Dari penampilan ponsel flagship terbaru buatan LG ini menawarkan desain yang tidak berbeda dengan V10 dan V20 pada tahun-tahun sebelumnya. Layarnya sudah mengadopsi rasio 18:9 tanpa tepi (borderless).

Tombol-tombol fisiknya bekerja dengan baik meski sebenarnya untuk sebuah ponsel semahal ini Dombort berharap LG memberi perhatian ekstra terhadap detil berupa kontur di permukaan tombol yang memudahkan pengguna menekan tanpa harus melihat ulang.

Kelebihan dan Kekurangan LG V30 Plus

Sementara itu untuk layar berteknologi P-OLED yang sangat tipis dengan resolusi WQHD+ Dombort menilai bahwa dari warnanya yang tampak hidup serta tingkat detil yang tinggi sudah hampir setara kualitasnya dengan layar Infinity Super AMOLED milik Samsung Galaxy S8+.
Tapi ukuran layar 6 inch hingga saat ini masih bukan selera Dombort karena terasa terlalu besar dan tidak praktis dalam keseharian.

Menjajal Kamera LG V30 Plus

Dulu Dombort selalu mengagumi kualitas kamera LG di kelas high-end. Kalau Anda ingat kami memberi apresiasi tinggi pula kepada LG V20 dan LG G6 yang dari sisi subjektivitas kami tentu saja bisa disetarakan dengan kamera Samsung Galaxy seri S.

Tapi… kini beda ceritanya. Setelah sempat menjajal Huawei Mate 10 milik seorang kenalan selama beberapa hari rasa-rasanya foto-foto hasil kamera LG V30 Plus ini jadi kurang menggigit. Detil yang ditampilkan memang terlihat tinggi, tapi kalau diamati hasil tersebut lebih didapat dari hasil pengolahan pasca pengambilan foto.

Review Kamera LG V30 Plus

Foto Hasil Kamera LG V30 Plus

Mungkin memang tak banyak yang akan keberatan atau bahkan memperhatikan kondisi tersebut, tapi dengan makin sengitnya kompetisi rasanya penting bagi pihak LG menjadikannya sebagai bahan pertimbangan.
Kamera Huawei Mate 10 memang sejauh ini adalah yang terbaik di mata Dombort. Tapi bukan hanya itu, untuk pertama kalinya pula Dombort yang notabene adalah konsumen loyal LG harus rela mengakui bahwa kali ini kamera iPhone 7 masih lebih baik dibanding V30 Plus.

Bagaimana dengan kemampuannya merekam video? Bukankah konon V30 Plus ini diperuntukkan bagi pada vlogger?

Pertama-tama ponsel ini memang menyediakan ada banyak fitur yang mendukung aktivitas vlogging. Sebut saja misalnya kemampuan untuk menyimpan dalam format raw sehingga Anda selaku vlogger bisa mengolah entah sekedar menggunakan aplikasi yang sudah disediakan di ponsel atau Adobe Premiere sekalipun.

Namun pada sisi lain Dombort juga menilai bahwa kualitas videonya sendiri tidak terlihat lebih baik dibanding video yang direkam dengan ponsel lain sekelasnya. Sebut saja misalnya Samsung Galaxy S8.

Selama mencoba beberapa pekan Dombort menemukan bahwa kamera LG V30 Plus benar-benar optimal jika Anda mau meluangkan waktu untuk mempelajari serta mengatur setting secara manual. Kalau Anda bukan tipe yang menikmati proses demikian, to the point saja kami rekomendasikan iPhone 7 atau Samsung Galaxy S8.

Kualitas Audio di LG V30 Plus Memang Istimewa

Keunggulan LG V30 Plus dibanding kompetitor sekelasnya yang dalam hemat Dombort paling menonjol justru terletak pada audio. Baik mendengar (playback) ataupun merekam (record).

Kedua aktivitas tersebut menjadi pembeda signifikan antara V30 Plus dengan Galaxy S8.
Bahkan kala digunakan merekam suara di lingkungan yang cukup berisik terbukti suara yang hendak direkam masih terdengar jernih.

Review LG V30 Plus Indonesia

Stamina Baterai dan Performa

Soal performa harian maupun kala menjalankan game tidak ada yang tidak sesuai ekspektasi. Kegegasan LG V30 Plus yang ditenagai oleh SoC Snapdragon 835 dengan RAM 4 GB terbukti handal.

Kelemahan LG V30 Plus justru terletak pada stamina baterai berkapasitas 3300 mAh yang dalam pemakaian normal hanya bertahan selama 38 jam 4 menit, artinya membawa powerbank adalah sebuah keharusan jika Anda berniat menggunakannya untuk ber-vlogging.
Sayangnya pula waktu pengisian ulang daya baterai memakan waktu relatif lama. Pengisian daya dari 0-100% memakan waktu tepat 2 jam.

Penilaian untuk LG V30 Plus: Audiophile? Yes, Vlogger? Not So Much

LG V30 Plus sama sekali bukan kuda hitam di segmen kelas high-end. Build quality istimewa, desain elegan serta segudang kelebihan yang ditawarkan menjadikannya sebagai salah satu ponsel terbaik yang ada di pasaran saat ini.

Hanya saja positioning-nya sebagai ponsel para vlogger patut dipertanyakan. Dimensi yang kelewat besar hingga tidak terasa praktis, kamera yang setting –nya perlu diutak-atik secara manual untuk mendapat hasil optimal belum lagi stamina baterai yang biasa-biasa saja merupakan poin minus untuk menjadi pilihan utama para vlogger.

Beda vlogger, beda audiophile. Bagi Anda para audiophile memang V30 Plus adalah pilihan terbaik yang ada saat ini, dijamin Anda tidak akan menemukan ponsel lain dengan kualitas audio lebih baik.
Mungkin baiknya LG tetap menggunakan positioning LG V20 tahun lalu yang menempatkannya sebagai ponsel bagi para audiophile.

Beli LG V30 Plus Sekarang

Gold
Jual LG V30 Plus
Jual LG V30 Plus
Summary
Review Date
Reviewed Item
LG V30+
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *