Harga Infinix Zero 5 dan Spesifikasi

Infinix Zero 5 Kini Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

Infinix Zero 5 dibanderol dengan harga yang hampir setara dengan Huawei Nova 2i dan Oppo F5 Youth. Meski merek Infinix sendiri sudah beberapa tahun menjadi pemain di pasar Indonesia tapi harus diakui bahwa kekuatan mereknya tidak sebaik beberapa kompetitor. Karenanya harga Rp 3,5 Juta terdengar terlalu optimis menurut Dombort.

Di atas kertas spesifikasi Infinix Zero 5 memang terkesan menjanjikan, sebut saja misalnya layar dengan resolusi Full HD, prosesor octa-core, baterai dengan kapasitas besar serta tentu saja kamera berlensa ganda. Namun sekali lagi segmen rentang harga yang dimainkannya adalah segmen kompetitif. Oppo, Vivo, Xiaomi, Huawei dan Motorola sangat ambisius bermain di kelas menengah ini. Seberapa digdaya Infinix Zero 5 dibanding para kompetitor itu?

Harga infinix Zero 5 dan Spesifikasi

JADWALReleasedSeptember, 2017
AvailabilityTersedia Eksklusif di Lazada
DIMENSIDimensions166.3 x 82.3 x 7.9 mm
Weight197 g
SIM SlotDual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
LAYARTypeIPS LCD
Size5.98 inches
Resolution1080 x 1920 pixels (~568 ppi pixel density)
Multi-touchYes
PLATFORMOsXOS 3.0 Hummingbird berbasis Android 7 (Nougat)
ChipsetMediaTek MT6757
CPUOcta core (2.3 GHz, Quad core, Cortex A53 + 1.6 GHz, Quad core, Cortex A53)
GPUMali-T880 MP2
MEMORICard SlotmicroSD
Internal64 GB, 6 GB RAM
KAMERAPrimaryDual 16 MP+ 13 MP
FeaturesContinuos Shooting, High Dynamic Range mode (HDR)
Video
Secondary16 MP
COMMSWLANWi-Fi 802.11, a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
Bluetooth4.2
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
RadioNo
USB3.1, Type-C 1.0 reversible connector
FITURSensorsFingerprint (rear-mounted), Light sensor, Proximity sensor, Accelerometer, Compass, Gyroscope
BATERAINon-removable Li-Ion 4350 mAh
HARGALihat di sini
LAIN-LAINWarnaChampagne Gold, Sandstone Black

Satu hal yang langsung kentara ketika membuka boks paket penjualan Zero 5 adalah ukuran handheld yang sangat besar, belum lagi bagian belakang yang didesain mengkurva sehingga sulit mengoperasikan ponsel ini dengan satu tangan.
Desainnya sendiri juga terlalu biasa, bahkan cenderung ketinggalan jaman jika dibandingkan kompetitor sekelas.

Review Infinix Zero 5 Indonesia

Setidaknya efek premium masih relatif bisa dinikmati berkat penerapan desain unibodi dengan material aluminum. Kualitas kerangkanya juga sangat baik. Tapi menurut Dombort hal yang menarik perhatian justru ada di belakang dimana tata letak dan penampilan lensa ganda pada kamera utama sekilas langsung mengingatkan pada lensa kamera milik Huawei P10. Tapi tentu bukan lensa Leica yang ada pada Infinix Zero 5.

Pada bagian belakang ini pula Anda akan menemukan sensor pemindai sidik jari, sayangnya dalam proses uji pakai selama beberapa hari terbukti tidak cukup responsif meski akurat.

Beralih ke sisi depan, layar berukuran 5,98 inch yang menampilkan resolusi 1080 x 1920 ternyata sanggup menampilkan ketajaman warna serta kecerahan yang sangat baik untuk standar ponsel harga 3.5 Juta-an. Layar ini terasa optimal kala digunakan memutar video atau tayangan Youtube pada resolusi 1080 pixels.
Sudut pandangnya luas sebagaimana diharapkan, dan tidak bermasalah juga kala terpapar sinar matahari di luar ruangan.

Seperti halnya pada kompetitor, perusahaan berbasis di Hong Kong ini juga sudah menerapkan rasio 18:9 pada Zero 5. Namun sebagai konsekuensinya ukuran bezel pada bagian dan bawah layar terkesan terlalu tebal. Apalagi ponsel ini menerapkan tombol di layar (on-screen) sehingga ruang di bawah layar terkesan disia-siakan.

Performa Harian dan Stamina Baterai Infinix Zero 5

Mengandalkan SoC Helio P25 besutan MediaTek yang berdampingan dengan RAM berkapasitas 6 GB peforma harian ponsel ini terasa sangat baik termasuk kala melakukan multitasking.
Kondisi yang sama juga terjadi kala digunakan memutar tayangan film.

Namun kala dicoba menjalankan game “Asphalt 8” muncul gejala penurunan framerate. Sama halnya dengan kebanyakan chipset buatan MediaTek, Helio P25 terbukti tidak terlalu tangguh kala harus digunakan mengolah grafis intensif pada game. Walau demikian gejala lag tidak pernah muncul selama menjalankan game tersebut.

Sementara itu stamina baterai dengan kapasitas 4350 mAh sanggup bertahan selama sehari penuh untuk penggunaan normal. Tapi pada sisi lain meski sudah mendukung fitur XCharge untuk mempercepat pengisian ulang ternyata masih perlu waktu sekitar 2 jam untuk mengisi kembali daya dari 0-100%.

Berkebalikan dengan Xiaomi Mi A1 yang menggunakan stock Android tampilan antar muka Infinix Zero 5 yaitu XOS 3.0 Hummingbird terlalu banyak ‘bersolek’ sehingga tidak terasa pengalaman menggunakan sistem operasi Android -nya, belum lagi ada terlalu banyak bloatware di dalamnya. Kelemahan terbesar dari Zero 5 ini menurut dombort terletak pada UI XOS 3.0 Hummingbird ini.

Kualitas Kamera Infinix Zero 5

Menilik dari kampanye pemasaran yang dilakukan cukup jelas bahwa kamera menjadi key selling point dari ponsel ini. Desain serta penempatan lensa yang mirip dengan lensa Leica pada Huawei P9 atau P10 juga cenderung menjadikan calon konsumen memiliki ekspektasi tinggi terhadap kinerjanya.

Review Kamera Infinix Zero 5 Indonesia

Infinix memadukan lensa lebar 12 MP dengan lensa jarak jauh 13 MP sebagai kamera utama, konfigurasi ini mirip yang dilakukan oleh Apple pada iPhone X.
Pada kondisi pencahayaan ideal kamera ini umumnya menghasilkan foto dengan warna tajam serta tingkat kecerahan baik walau tak jarang juga cenderung oversaturated.

Kualitas Kamera Infinix Zero 5

Di dalam ruangan gejala noise mulai kentara, demikian pula tingkat detil yang ditangkap mengalami degradasi atau penurunan.

Harga Infinix Zero 5 di Indonesia

Meski mendukung efek bokeh pada mode Portrait tapi harus diakui bahwa hasilnya jauh dari istimewa sebab kesannya kurang alamiah.

Keunggulan kamera Zero 5 ini menurut pendapat Dombort terletak pada kecepatan autofocus yang termasuk handal dalam berbagai kondisi. Di luar itu sulit menemukan keunggulan kamera Infinix Zero 5 dibanding  Huawei Nova 2i. Sekali lagi penilaian ini sangat subjektif jadi bukan tidak mungkin Anda punya pendapat berbeda. Tapi untuk standar ponsel di kisaran harga ini memang kameranya bisa dibilang bagus, terus terang sebelumnya kami tidak punya ekspektasi tinggi terhadap kamera Infinix namun yang terjadi kemudian justru dibuat kagum.

Penilaian untuk Infinix Zero 5

Tidak jauh-jauh dari asumsi kami di awal bahwa banderol harga Infinix Zero 5 merupakan keputusan yang terlalu optimis dari sang produsen.
Kualitas layar, kemampuan multitasking serta stamina baterai rasa-rasanya adalah tiga keunggulan yang dimiliki oleh ponsel ini.
Fitur kamera yang menjadi key selling point-nya terbukti memuaskan meski tidak bisa disebut sebagai yang terbaik di kelasnya. Ya setidaknya demikian pendapat subjektif Dombort.

Sementara itu tampilan antar muka yang terlalu banyak ‘bersolek’ serta kaya bloatware menjadi kelemahan dari Infinix Zero 5. Demikian pula dengan desain ketinggalan jaman serta proses pengisian ulang daya baterai yang memakan waktu lama.

Bagaimanapun jika Anda berminat meminang ponsel ini ada baiknya membeli secara daring di laman penjualan resmi Infinix lewat link ini sebab harga jualnya di ritel tradisional (offline) beberapa ratus ribu Rupiah lebih mahal meski sama-sama resmi.

Beli Infinix Zero 5 Sekarang

Sandstone Black
JJual Infinix Zero 5
Jual Infinix Zero 5
Summary
Review Date
Reviewed Item
Infinix Zero 5
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *