Harga Oppo F5 Youth dan Spesifikasi

Oppo F5 Youth: Versi Hemat Tanpa Banyak Sunat

Meneguhkan posisinya sebagai ponsel swafoto kelas menengah pabrikan asal Cina Oppo tampak tidak tanggung-tanggung. Setelah melepas Oppo F5 dengan beberapa variannya mereka juga berusaha mendominasi pasar dengan ponsel yang sedikit lebih terjangkau yaitu Oppo F5 Youth.

Penampilan Oppo F5 Youth tidak tampak berbeda dari F5 versi standar baik dari sisi desain, penempatan tombol dan bahkan ukuran layarnya pun sama persis. Meski demikian di pasaran versi Youth ini dibanderol beberapa ratus ribu Rupiah lebih murah. Apa yang bakal anda dapatkan dari penghematan tersebut?

Harga Oppo F5 Youth dan Spesifikasi

JADWALReleasedOktober, 2017
AvailabilityTersedia di sini
DIMENSIDimensions156.5 x 76 x 7.5 mm
Weight152 g
SIM SlotDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
LAYARTypeLTPS IPS LCD
Size6.0 inches, 92.9 cm2 (~78.1% screen-to-body ratio)
Resolution1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio (~402 ppi density)
Multi-touchYes
PLATFORMOsColorOS 3.2 berbasis Android 7.1 (Nougat)
ChipsetMediatek MT6750T
CPUOcta-core 1.5GHz Cortex-A53
GPUMali-T860MP2
MEMORICard SlotmicroSD, up to 256 GB
Internal32 GB, 3 GB RAM
KAMERAPrimary16 MP, f/2.0
FeaturesGeo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video1080p@30fps
Secondary13 MP, f/2.2
COMMSWLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
RadioNo
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
FITURSensorsFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
BATERAINon-removable Li-Ion 3200 mAh battery
HARGARp 3,6 Juta
LAIN-LAINWarnaBlack, Gold

Bersama dengan Huawei Nova 2i, Infinix Zero 5, Xiaomi Mi A1 serta Moto G5s Plus ponsel Oppo F5 series bisa dibilang merupakan ponsel dengan rasio layar 18:9 paling terjangkau yang dijual di Indonesia saat ini.
Sama halnya dengan F5 versi standar, untuk versi Youth ini bentang layar 6 inch dengan resolusi 1080 x 2160 pixels turut disematkan. Demikian pula dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5.

Maka tak mengherankan jika dari sisi kualitas layar sama sekali tidak ditemukan perbedaan antara Oppo F5 vs Oppo F5 Youth. Oleh karena Dombort sudah pernah mengulas dalam review Oppo F5 sebelumnya maka tak perlu lagi rasanya melakukan pengulangan.

Kesamaan keduanya kembali berlanjut pada pengalaman menggunakan sistem operasi karena keduanya juga menjalankan Color OS versi 3.2 berbasis Android Nougat.

Performa dan Baterai Oppo F5 Youth

Perbedaan baru mulai terasa di sisi performa karena alih-alih menggunakan Helio P23 dengan RAM 4 GB untuk Oppo F5 Youth yang banderolnya lebih murah ini sang produsen melakukan penyunatan.
Dipilihlah SoC dari pabrikan sama yaitu MediaTek 6750T dengan kapasitas RAM yang juga disunat menjadi 3 GB.

Selama Anda tidak berharap terlalu tinggi kala menjalankan game berat rasanya tak bakal jadi soal. Hampir semua game bisa berjalan tanpa lag, hanya saja memang terjadi penurunan framerate yang cukup kentara.
Sementara untuk performa harian Dombort tidak menemukan kendala yang perlu disebutkan. Kecuali memang tak bisa dipungkiri bahwa penyunatan kapasitas RAM membuat proses buka aplikasi tidak semulus saudaranya yang memiliki surplus RAM 1 GB.

Sementara untuk baterainya meski sanggup berjalan sepanjang hari (10 jam, 33 menit untuk penggunaan normal) tapi cukup disayangkan belum didukung dengan fitur isi ulang cepat atau fast charging. Pengisian ulang daya baterai berkapasitas 3200 mAh ini sendiri dari kondisi 0% ke 100% memakan waktu sekitar 2 jam.

Selain itu Oppo juga belum mengadopsi port USB tipe C pada salah satu produk terbarunya ini.

Terkait performa, kekaguman Dombort justru muncul kala menjajal sensor pemindai sidik jarinya yang bekerja sangat cepat dan akurat. Sama akuratnya dengan Infinix Zero 5 namun lebih cepat.
Jika Anda memutuskan menggunakan pemindai wajahpun dalam uji pakai juga terbukti akurat.

Performa Kamera Oppo F5 Youth

Sebagai ponsel yang dikenal punya kamera istimewa rasanya wajar jika kebanyakan calon pembeli penasaran akan kemampuan kamera Oppo F5 Youth. Setidaknya sejauhmana penyunatan dari sisi kualitas jika dibandingkan Oppo F5.

Foto Hasil Kamera Oppo F5 Youth

Kamera oppo F5 vs Oppo F5 Youth

Untuk versi Youth ini Oppo mengganti sensor kamera utama dari 20 MP f/2.0 menjadi 16 MP dengan bukaan yang sama (f/2.0).
Jika Anda mengamati dan membandingkan langsung hasil foto dari kamera Oppo F5 Youth vs Oppo F5 maka perbedaan harga beberapa ratus ribu Rupiah antar keduanya bakal cukup terlihat.

Tingkat kecerahan serta kontas foto-foto yang dihasilkan oleh kamera F5 memang masih lebih baik dibanding F5 Youth, sedangkan untuk tingkat detil yang ditangkap keduanya terlihat sama menurut mata Dombort meski secara teoritis ada beda 3 MP.

Dengan harga yang hampir sama Dombort lebih menyukai foto-foto yang dihasilkan dari kamera belakang Infinix Zero 5.

Sedangkan pada kamera depan/swafoto Oppo F5 Youth juga mengalami penyunatan lewat sensor 13 MP bukaan f/2.2 alih-alih 16 MP bukaan f/1.8. Hasilnya lagi-lagi tingkat kecerahan maupun kontras yang ditampilkan tidak sebaik swafoto dengan menggunakan kamera Oppo F5.

Penilaian untuk Oppo F5 Youth

Dengan selisih harga beberapa ratus ribu Rupiah Oppo F5 Youth memang bisa dipertimbangkan jika anggaran Anda benar-benar mepet. Ada penyutanan disana-sini tapi perbedaannya tidak terasa signifikan dibanding F5 standar yang dibanderol lebih mahal.

Jika Anda tertarik membeli Oppo F5 Youth dengan harga dan garansi resmi silakan menuju ke laman penjualan resmi milik Oppo di sini.

Beli Oppo F5 Youth Sekarang

Gold
Jual Oppo F5 Youth
Jual Oppo F5
Summary
Review Date
Reviewed Item
Oppo F5 Youth
Author Rating
41star1star1star1stargray