Pengalaman Pakai Nubia M2

Nubia M2: Performa Kamera Lensa Ganda –nya Bawa Kejutan!

Nubia M2 merupakan produk terbaru dari perusahaan yang semula berada di bawah naungan ZTE. Sejatinya ponsel ini dibanderol dengan harga tidak sampai $200 tapi di Indonesia konsumen harus siap merogoh kocek lebih dari Rp 4 Juta untuk memilikinya.

Sama seperti kebanyakan ponsel Android masa kini Nubia M2 pun menawarkan kombinasi dua lensa alias lensa ganda atau dual lens. Sebelumya Dombort sudah dibuat tercengang dengan kualitas kamera Infinix Zero 5 yang ternyata cukup memukau dan kini giliran kamera Nubia M2 memberi kejutan serupa.

Harga Nubia M2 dan Spesifikasi

JADWALReleasedJuni, 2017
AvailabilityTersedia
DIMENSIDimensions154.5 x 75.9 x 7 mm
Weight168 g
SIM SlotHybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
LAYARTypeAMOLED
Size5.5 inches
Resolution1080 x 1920 pixels, 16:9 ratio (~401 ppi density)
Multi-touchYes
PLATFORMOsAndroid 6.0 (Marshmallow)
ChipsetQualcomm MSM8953 Snapdragon 625
CPUOcta-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 506
MEMORICard SlotmicroSD
Internal64 GB, 4 GB RAM
KAMERAPrimaryDual: 13 MP (f/2.2, 1/2.9″, 1.25 µm), autofocus, dual-LED dual-tone flash
FeaturesGeo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video 2160p@30fps
Secondary16 MP
COMMSWLANWi-Fi 802.11 b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth4.1, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
RadioNo
USB3.1, Type-C 1.0 reversible connector
FITURSensorsFingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BATERAINon-removable Li-Ion 3630 mAh
HARGARp 4,4 Juta
LAIN-LAINWarnaBlack Gold, Champagne Gold

Tapi sebelum membahas lebih lanjut mengenai fitur kamera, seperti biasa Dombort akan mencoba mengulas bagian per bagian dimulai dari desain.
Nubia menggunakan bodi logam untuk ponsel terbarunya ini, kombinasi antara warna hitam dengan emas/gold menurut kami berkesan elegan. Tapi sayang sama halnya dengan Infinix Zero 5 terlihat bahwa bezel bagian atas dan bawah kelewat tebal untuk ukuran ponsel masa kini.

Bicara soal layar, Nubia M2 sudah mengadopsi layar berteknologi AMOLED yang memberikan saturasi istimewa dengan warna hitam pekat. Layar ini juga bisa terbaca dengan sangat baik di luar ruangan termasuk kala berada di bawah paparan sinar matahari. Sampai saat ini masih jarang ponsel Android harga Rp 4 Juta-an yang mengadopsi layar AMOLED di luar Samsung.
Dan bila dibandingkan dengan Infinix Zero 5 maka di fitur pemindai sidik jari Nubia M2 ini lebih unggul karena sensornya bekerja lebih cepat disamping akurat.

Kisi-kisi speaker yang diletakkan pada bagian bawah cukup disayangkan karena bakal sering tertutup tangan secara tidak sengaja. Padahal kualitas audio –nya sendiri termasuk istimewa untuk ukuran ponsel kelas menengah.

Review Nubia M2 Indonesia

Beralih ke bagian belakang Anda akan menemukan dua lensa yang dilapis oleh kaca sapphire. Menurut klaim pihak Nubia lapisan tersebut dijamin antigores, meski Dombort sendiri tidak sampai hati menjajal kebenarannya pada unit yang diuji pakai.

Soal desain kami menilainya istimewa, baik dari sisi tampilan, kualitas material bahkan hingga sentuhan detil seperti pulse notification.

Hal yang mungkin kurang bisa diterima oleh konsumen Indonesia adalah penggunaan slot hybrid yang memaksa pengguna menentukan antara menggunakan dua keping SIM dan satu microSD. Nubia M2 juga belum mendukung NFC, tapi sensor gyroscope sudah tersedia artinya ponsel ini kompatibel dengan headset VR dan konten 360.

Harga Nubia M2 dan Spesifkasi

Performa Nubia M2 dan Stamina Baterai

Keistimewaan ponsel ini tak sebatas pada tampilan, di jantung performa dipercayakan SoC Snapdragon 625 yang terkenal sebagai SoC terbaik di kelasnya. Beberapa game 3D yang diuji coba sanggup berjalan lancar tanpa lag maupun penurunan framerate.
Performa harian? Tak perlu ditanyakan, semua tugas termasuk multitasking sanggup dikerjakan tanpa hambatan.

Untuk tampilan antar muka pada dasarnya sama dengan tampilan antar muka ponsel buatan negeri Cina lainnya, tentu dengan sentuhan berbeda.
Soal UI jelas soal selera, kami tidak mau berkomentar terlalu banyak. Yang sungguh disayangkan adalah fakta bahwa ponsel ini masih menjalankan Android 6.

Sementara it stamina baterainya standar menurut kami, untuk penggunaan normal ala Dombort baterai ini bertahan selama sekitar 13 jam (screen on time). Sedangkan pengisian ulang daya dari 0-100% memakan waktu 1 jam 20 menit.

Performa Kamera Nubia M2

Bukan hanya lensa ganda yang menjadi daya tarik dari Nubia M2 tapi juga ada demikian banyak mode dalam rangka memberikan pengalaman optimal bagi pengguna. Beberapa mode tersebut meliputi slow motion, slow shutter hingga mode Pro.
Sulit untuk tidak berdecak kagum dengan kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera ini. Kemampuannya menangkap detil serta mengatur dynamic range terasa istimewa untuk ukuran sebuah ponsel dengan harga kurang dari Rp 5 juta.

Untuk penggunaan di dalam ruangan atau malam hari sedikit sulit dinilai. Ada kalanya foto yang dihasilkan terlihat baik tapi ada situasi tertentu yang membuat gejala noise begitu kentara. Yang jelas kalau tujuannya sekedar diunggah ke blog atau jejaring sosial hasilnya masih terlihat istimewa.

Foto Hasil Kamera Nubia M2

Pada mode Portrait Anda bakal disuguhi oleh efek bokeh, meski kurang natural tapi sekali lagi terbilang baik untuk ponsel sekelas ini.
Demikian pula dengan kamera swafoto yang sanggup menangkap detil tinggi serta tingkat ketajaman baik meski dalam kondisi pencahayaan kurang ideal sekalipun.

Anda juga bisa menikmati perekaman video dalam resolusi 4K dengan CAF dan tingkat detil yang cukup baik. Tentu saja tidak bisa dibandingkan dengan perekaman menggunakan kamera ponsel lebih mahal seperti LG V30+ misalnya, tapi toh selisih harga keduanya memang sangat jauh hingga tak adil dibandingkan.

Kala kamera depan digunakan untuk merekam video kelemahannya terletak pada kualitas suara yang tidak terdengar alamiah, tapi bisa dimaklumi mempertimbangkan harganya.

Penilaian Untuk Nubia M2

Mempertimbangkan harganya Dombort memberi nilai tinggi untuk Nubia M2. Desain istimewa, build quality kokoh, performa fluid serta kamera istimewa kesemuanya menjadi keunggulan dari ponsel yang bisa Anda miliki dengan harga resmi Rp 4,3 Juta-an ini.
Satu-satunya kekurangan penting adalah sistem operasi yang ketinggalan jaman.

Seperti biasa bagi Anda yang berminat bisa membeli langsung di laman penjualan resmi Nubia pada link berikut.

Beli Nubia M2 Sekarang

Black Gold
Jual Nubia M2
Jual Nubia M2
Summary
Review Date
Reviewed Item
Nubia M2
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *