Perbandingan Asus Zenfone 3 vs. Xiaomi Mi5

Komparasi Asus Zenfone 3 vs. Xiaomi Mi5

Asus Zenfone 3 yang merupakan most anticipated smartphone di beberapa pasar termasuk Indonesia mendapat tantangan cukup serius dari para kompetitor. Salah satu kompetitor yang berpotensi menggoyang kisah sukses Zenfone 3 adalah Xiaomi Mi5 walau sayangnya hingga tulisan ini dibuat belum ada Xiaomi Mi5 resmi yang dijual di Indonesia.

Terlepas daripada kondisi tersebut pengguna Mi5 di Indonesia sudah cukup banyak dengan hanya mengandalkan garansi distributor. Karenanya kami di tim Dombort merasa cukup relevan untuk mengangkat komparasi Asus Zenfone 3 vs. Xiaomi Mi5 pada terbitan kali ini

Komparasi Desain dan Spesifikasi Asus Zenfone 3 vs. Xiaomi Mi5

Key Specs Asus Zenfone 3 Xiaomi Mi 5
Display 5.5 inch Super IPS+ display 5.2 inches IPS LCD
Screen Resolution Full HD, 1920 x 1080 pixels Full HD, 1920 x 1080 pixels
Operating System Android 6.0.1 Marshmallow Android 6.0 Marshmallow
Processor Octa-core 2.0 GHz 2 x 1.8 GHz
2 x 1.36 GHz
Chipset Qualcomm Snapdragon 625 Qualcomm Snapdragon 820
Memory 3 / 4 GB RAM 3 GB
Inbuilt Storage 32 / 64 GB 32 GB
Storage Upgrade Yes No
Primary Camera 16 MP, f/2.0, laser/phase detection autofocus, OIS, Dual LED flash 16 MP with PDAF, OIS
Video recording 1080p@30fps 2160p@30fps
Secondary Camera 8 MP with f/2.0 aperture 4 MP with 2 microns size pixel
Battery 3000 mAh 3000 mAh
Fingerprint Sensor Yes Yes
4G ready Yes Yes
Weight 155 g 129 g
SIM card type Dual SIM Dual SIM
Price

Pada artikel lalu kami sudah melakukan review Asus Zenfone 3, pada artikel tersebut kami sudah menyebutkan bagaimana tim reviewer Dombort begitu terpesona dengan estetika desain serta kualitas pengerjaan dari generasi ketiga seri Zenfone buatan Asus tersebut.

Memang pihak produsen banyak mengandalkan material serat kaca ketimbang logam yang bisa menjadi concern bagi sebagian calon konsumen soal kekuatan material itu sendiri. Namun menurut penilaian kami sendiri perlindungan 2.D Corning Gorilla Glass 3 yang melapisinya terasa cukup kokoh untuk penggunaan normal sehari-hari. Dan dalam opini kami pula Zenfone 3 merupakan smarpthone pertama merek Asus yang penampilannya sedap di mata.

Xiaomi Mi5 juga bukan smartphone asal-asalan dari sisi desain serta kualitas pengerjaan, malah ia sedikit tampak lebih elegan dibandingkan Zenfone 3. Jika Asus lebih banyak menggunakan serat kaca ketimbang logam maka Xiaomi justru sebaliknya. Ada poin lain dimana Xiaomi Mi5 unggul atas Asus Zenfone 3 yaitu lapisan Corning Gorilla 4 yang secara teoritis mestinya lebih baik dibanding Gorilla Glass 3 pada Zenfone 3.

Ketika membandingkan Asus Zenfone 3 vs. Xiaomi Mi5 di poin layar di atas kertas kedua smartphone ini semestinya berimbang karena sama-sama menggunakan layar 5.2 inch dengan resolusi setara FHD dan kepadatan warna 424 ppi. Teknologi Super IPS+ yang diadopsi oleh layar Zenfone 3 membuatnya tampak lebih terang serta jernih dibanding layar Xiaomi Mi5, namun untuk akurasi warna kami merasa layar Mi5 sedikit lebih baik dibanding kompetitornya itu. Tentu setiap orang memiliki selera serta penilaian berbeda dalam hal tersebut.

Perbedaan mencolok antara Asus Zenfone 3 vs. Xiaomi Mi5 sebenarnya terletak pada spesifikasi teknis hardware, sebab Asus sekedar memberikan chipset kelas menengah yaitu Snapdragon 625 yang meski berarsitektur 20 nm tetap bukanlah tandingan bagi Snapdragon 820 yang menjadi jantung performa Xiaomi Mi5. Jadi pada poin ini Xiaomi Mi5 unggul telak dari Asus Zenfone 3.

Membandingkan kamera utama Asus Zenfone 3 vs. Xiaomi Mi5 meski di atas kertas keduanya berimbang dengan sensor 16 MP berikut dukungan PDAF, autofocus, dual LED flash serta OIS namun foto yang dihasilkan masing-masing tidak lantas begitu saja bisa disamakan.
Kamera Zenfone 3 seperti sudah kami ulas sebelumnya menghasilkan kualitas foto yang terbilang baik untuk kelas ini, kondisi tersebut berlaku di luar ruangan maupun low light conditions. Namun tak ada keistimewaan dari foto-foto tersebut.
Sebaliknya kami lebih terpukau dengan akurasi warna serta tingkat kecerahan yang dihasilkan oleh kamera Xiaomi Mi5.

Kondisi yang sama juga berlaku pada kamera sekunder atau kamera selfie, walau secara teoritis kamera depan Xiaomi Mi5 hanya menggunakan sensor 4 MP sementara Asus Zenfone 3 memiliki sensor 8 MP namun ukuran piksel yang lebih tinggi pada kamera sekunder Mi5 (2µm) terbukti memiliki peran besar.

Berdasarkan alasan-alasan tersebut maka kami menilai bahwa Xiaomi Mi5 lebih baik dibandingkan Asus Zenfone 3 pada poin kamera.

Kesimpulan Hasil Perbandingan Asus Zenfone 3 vs. Xiaomi Mi5

Satu hal yang bisa dipastikan dari perbandingan Asus Zenfone 3 vs. Xiaomi Mi5 ini bahwa keduanya sama-sama memberikan value for money yang baik. Dengan banderol sekitar Rp 5 Juta-an keduanya memiliki keistimewaan tertentu dibanding kompetitor sekelas dari merek-merek lain.

Namun kala diperhadapkan pada opsi antara membeli Asus Zenfone 3 atau Xiaomi Mi5 situasinya bakal sedikit rumit bagi calon konsumen. Setelah menilik beberapa poin di atas kami sendiri cenderung menjatuhkan pilihan kepada Xiaomi Mi5 dengan catatan bergaransi resmi. Mengingat saat ini Xiaomi Mi5 resmi belum dijual di Indonesia maka rekomendasi kami jatuh pada Asus Zenfone 3, apalagi layanan purna jual Asus semakin hari semakin membaik meski belum bisa menyamai LG atau Samsung.

Harga Asus Zenfone 3 vs. Xiaomi Mi5
Asus Zenfone 3 Xiaomi Mi5
Harga Asus Zenfone 3 Harga Xiaomi Mi5
Perbandingan Asus Zenfone 3 beli sekarang