Harga Nokia 8 dan Spesifikasi

Nokia 8 Ponsel Flagship Cuma 5 Jutaan Sudah Dijual Resmi di Lazada

Nokia 8 memang pernah diulas secara singkat beberapa bulan silam, kala itu ponselnya sendiri belum jelas apakah bakal dijual resmi di Indonesia. Kali ini Dombort ingin mengulasnya kembali, bukan karena kekurangan bahan review tapi setelah tahu bahwa Nokia 8 ini dijual resmi secara eksklusif di Lazada dengan harga yang sangat terjangkau maka persepsi dan ekspektasi yang muncul menjadi berbeda.

Beberapa bulan silam karena sekedar berpatokan bahwa Nokia 8 merupakan flagship phone dan mengacu pada pengalaman yang sudah-sudah jika tidak dijual resmi harganya melambung tinggi maka ekspektasi sekaligus kami terhadap Nokia 8 melambung tinggi. Tenyata gambaran tersebut keliru, meski berstatus flagship tapi ponsel Android bermerek Nokia ini tidak dimaksudkan sekelas dengan Galaxy seri S, LG seri G atau seri V dan sebagainya. Berpegang pada hal itu maka Dombort mencoba mengulas ulang lewat sudut pandang baru.

Spesifikasi Nokia 8 Sebenarnya Menjanjikan

Harga Nokia 8 dan Spesifikasi

JADWALReleasedSeptember, 2017
AvailabilitySudah tersedia Eksklusif di Lazada
DIMENSIDimensions151.5 x 73.7 x 7.9 mm
Weight160 g
SIM SlotDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
LAYARTypeIPS LCD, Corning Gorilla Glass 5
Size5.3 inches
Resolution1440 x 2560 pixels (~554 ppi pixel density)
Multi-touchYes
PLATFORMOsAndroid 7.1.1 (Nougat)
ChipsetQualcomm MSM8998 Snapdragon 835
CPUOcta-core (4×2.45 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo)
GPUAdreno 540
MEMORICard SlotmicroSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)
Internal64 GB, 4 GB RAM
KAMERAPrimaryDual 13 MP, f/2.0, laser & phase detection autofocus, Carl Zeiss optics, OIS, dual-LED (dual tone) flash
Features1.12µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video2160p@30fps, 1080p@30fps
Secondary13 MP, 2160p
COMMSWLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Radio
USB3.1, Type-C 1.0 reversible connector
FITURSensorsFingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, heart rate
BATERAINon-removable Li-Ion battery 3090mAh
HARGARp 5,99 Juta
LAIN-LAINWarnaTempered Blue, Steel

Untuk ukuran ponsel seharga Rp 6 Jutaan penampilan sangatlah elegan lewat desain unibodi serta balutan aluminum. Perlu dicatat bahwa meski dijejali dengan baterai berkapasitas cukup besar (3090 mAh) nyatanya para desainer sanggup membuat dimensi ponsel ini tetap tipis atau tepatnya 7,9 mm saja.
Sejatinya ponsel ini nyaman dioperasikan dengan satu tangan bagi Anda yang gemar cara tersebut tapi sayang permukaannya sedikit licin sehingga perlu ekstra hati-hati jika memang ingin menggunakan satu tangan saja.

Review Nokia 8 Indonesia Harga Lazada

Secara keseluruhan desainnya bukan saja elegan tapi masih mempunyai sedikit kesamaan dengan seri Lumia di masa lalu, terus terang Dombort menilai bahwa beberapa ponsel Lumia pernah tampil lebih elegan dibanding Nokia 8 ini.

Masih seputaran desain, jika Anda menengok ke bagian belakang lebih detil terlihat lagi kejeniusan pada perancang ponsel Android ini: jalur antena nyaris tidak terlihat!
Sayangnya memang alih-alih IP68 seperti kebanyakan flagship masa kini untuk Nokia 8 ini pihak HMD hanya memberikan IP54 saja.

Berpindah ke bagian depan di atas kertas atau maksudnya menilik spesifikasi Nokia 8 semata seolah tidak punya kelebihan di fitur layar karena sekedar menawarkan resolusi setara QHD atau 2560 x 1440 padahal kebanyakan flagship phone berlomba-lomba menawarkan resolusi tinggi.

Memang resolusinya tidak istimewa tapi tingkat ketajaman, kecerahan serta kepekatan warna hitamnya langsung terlihat istimewa begitu Anda menyalakan layar tersebut.
Lagi-lagi untuk harga Rp 6 Juta kami tidak merasa rugi membelanjakannya untuk Nokia 8 sampai poin ini.

Membongkar Performa Nokia 8, Sang Ponsel Flagship Harga 6 Juta

Bukan saja desain dan build quality yang menjadikan ponsel ini menarik tapi juga fakta bahwa hanya dengan Rp 6 Juta kurang sedikit Anda sudah bisa mendapatkan ponsel dengan SoC Snapdragon 835 dari merek legendaris (Nokia).

Dombort tidak menemukan masalah dengan performa untuk penggunaan harian, demikian pula halnya kala digunakan menjalankan game lumayan berat.
Soal kegegasan tak ada kekecewaan yang bakal Anda rasakan dengan ponsel ini.
Kapasitas memori internal yang mencapai 64 GB juga terasa lega, lebih-lebih jika mempertimbangkan bahwa semua foto, klip video dan sebagainya bisa dilokasikan ke memori eksternal.

Saat ini Nokia 8 masih menjalankan Android Nougat dengan tampilan antar muka mendekati stock Android sesuai selera kami. Begitu diaktifkan pemilik ponsel flagship pertama buatan HMD ini akan menerima notifikasi untuk update sistem operasi ke Android Oreo.

Nilai plus untuk ponsel ini jika Anda mau menambahkan adalah keberadaan headphone berkualitas cukup baik yang sudah termasuk dalam paket penjualannya. Untuk seorang audiophile memang belum memuaskan tapi untuk telinga kebanyakan pengguna seperti Dombort sudah terdengar istimewa.
Pada sisi lain suara yang dihasilkan dari kisi-kisi speaker ponsel ini sendiri kurang memuaskan karena suaranya terlalu lemah. Tapi di masa lalu hampir semua ponsel Lumia juga mengalami masalah serupa, jadi untuk Dombort tidak terlalu mengejutkan.

Baterai berkapasitas 3090 mAh yang dipasangkan terbukti menawarkan stamina sangat baik. Untuk penggunaan normal Dombort baru perlu melakukan pengisian ulang setelah lewat satu setengah hari. Bahkan kala dicoba penggunaan secara lebih intensif termasuk memainkan game serta memutar beberapa judul film baterainya masih bisa bertahan dari pagi hingga malam hari.
Pihak HMD juga sudah menyertakan fitur Quick Charge 3.0 untuk mempersingkat waktu pengisian ulang daya baterai.

Penasaran Sama Kamera Nokia 8? Ini Opini Dombort!

Kalau Anda sudah menyimak review kami sebelumnya untuk ponsel yang sama maka jawabannya sudah jelas bahwa kamera Nokia 8 ini jauh di bawah kamera Samsung Galaxy S8, LG V30+ lebih-lebih Huawei Mate 10 (yang sayangnya tidak masuk pasar Indonesia).
Tapi sesuai janji Dombort bahwa kali ini ponsel buatan Nokia ini tidak akan diperlakukan sebagai ponsel flagship melainkan sebagai ponsel harga 6 Juta.

Review Kamera Nokia 8

Salah satu fitur menarik yang melengkapi kamera Nokia 8 ini adalah “bothie” dimana fitur ini akan mengaktifkan lensa depan dan lensa belakang untuk mengambil foto secara bersamaan.

Tapi apa manfaat dari fitur “bothie” tersebut?
Saat berfoto memang tidak banyak terasa berguna tapi lain halnya untuk Anda yang gemar merekam video atau vlogger maka pada saat yang bersamaan Anda bisa merekam diri Anda yang sedang menjelaskan sebuah objek entah tempat atau benda. Hasilnya tentu lebih memuaskan ketimbang hanya suara Anda saja yang terdengar sambil menarasikan objek tersebut bukan?

Menarik, tapi tidak benar-benar baru. Sebab dengan ponsel merek lain Anda juga bisa menggunakan fitur sejenis lewat aplikasi pihak ketiga yang sudah tersedia di “Playstore” saat ini.

Untuk kualitas foto-foto yang dihasilkan sendiri kali ini Dombort menilainya istimewa. Konfigurasi lensa kamera ganda sanggup menghasilkan foto-foto yang tajam serta jernih, sekali lagi untuk standar ponsel harga Rp 6 juta.

Foto Hasil Kamera Nokia 8

Salah satu lensa pada bagian belakang merupakan lensa monokrom yang dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas foto pada kondisi minim cahaya, misalnya di dalam ruangan atau pada malam hari.
Walau demikian Anda tetap bisa memanfaatkannya untuk mengabadikan foto dalam tampilan hitam-putih nan klasik.

Penilaian Final untuk Nokia 8

Sekaligus merevisi penilaian pada ulasan Nokia 8 sebelumnya kali ini dengan mempertimbangkan lewat standar ponsel harga 6 Juta Dombort merasakan impresi sangat positif untuk ponsel berstatus flagship namun harganya terjangkau ini.

Memang tidak mungkin menyebutnya sebagai ponsel Android terbaik karena bahkan di rentang harga yang sama pun sebenarnya masih ada beberapa nama yang lebih Dombort favoritkan, seperti Huawei Mate 10 dan OnePlus 5T. Tapi untuk pecinta merek Nokia sekaligus mempertimbangkan fakta bahwa dua ponsel yang disebut sebelumnya tidak dijual resmi di Indonesia maka kami berani merekomendasikan Nokia 8 bagi Anda yang memiliki anggaran mentok di Rp 6 Juta.

Beli Nokia 8 Harga Resmi Sekarang

Tempered Blue
Jual Nokia 8
Jual nokia 8
Summary
Review Date
Reviewed Item
Nokia 8
Author Rating
41star1star1star1stargray