Harga Xiaomi Redmi 5 dan Spesifikasi

Xiaomi Redmi 5 Layar Besar Tak Harus Mahal

Setelah merilis ponsel murah berkualitas dengan nama Xiaomi Redmi 5A baru-baru ini produsen ponsel asal Cina tersebut kembali menawarkan dua model terbaru dengan harga terjangkau masing-masing adalah Xiaomi Redmi 5 dan Xiaomi Redmi 5 Plus. Keduanya diposisikan setingkat di atas Redmi 5A.

Di Indonesia baik Xiaomi Redmi 5 maupun Xiaomi Redmi 5 Plus sama-sama sudah dijual resmi lewat flash sale di Lazada. Tak lama lagi Anda bisa pula membelinya di tempat lain dengan harga beberapa ratus ribu Rupiah lebih mahal ketimbang Lazada.

Harga Xiaomi Redmi 5 dan Spesifikasi

JADWAL Released Desember, 2017
Availability Tersedia di Lazada
DIMENSI Dimensions 151.8 x 72.8 x 7.7 mm mm
Weight 157 g
SIM Slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
LAYAR Type IPS LCD
Size 5.7 inches
Resolution 720 x 1440 pixels, 18:9 ratio (~282 ppi density)
Multi-touch Yes
PLATFORM Os EMUI 9 berbasis android 7.1.2 Nougat
Chipset Qualcomm SDM450 Snapdragon 450
CPU Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 506
MEMORI Card Slot microSD
Internal 32 GB, 3 GB RAM
KAMERA Primary 2 MP (f/2.2, 1.25 μm), phase detection autofocus, LED flash
Features Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama
Video 1080p@30fps
Secondary 5 MP
COMMS WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Radio Yes
USB microUSB 2.0
FITUR Sensors Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BATERAI Non-removable Li-Ion 3300 mAh
HARGA Lihat di sini
LAIN-LAIN Warna Black, Gold, Light Blue, Rose Gold

Terus terang menilik sekilas penampilan Xiaomi Redmi 5 Dombort teringat bahwa beberapa tahun silam tak pernah terbayang bahwa sebuah ponsel Android harga 1 Juta-an bakal seistimewa ini. Selain layarnya sudah menganut rasio 18:9 juga ukuran bezel di sekeliling layar sangat tipis dibanding ponsel harga 1 Juta-an yang lain meski masih kelewat tebal dibanding ponsel lain yang sudah menganut rasio layar 18:9.

Bukan layar saja yang menjadikan tampilan ponsel murah terkini buatan Xiaomi ini elegan namun juga berkat penerapan desain unibodi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass pada bagian depan.

Sekalipun memiliki bentang layar yang lebar serta kapasitas baterai besar ternyata ketebalan yang hanya 7,7 mm berpadu bobot 157 gram membuatnya tetap terasa ergonomis dan nyaman digenggam.
Sedikit kekurangan Xiaomi Redmi 5 menurut Dombort dari sisi desain adalah permukaan ponsel yang cenderung licin hingga rawan jatuh bila lengah.

Review Xiaomi Redmi 5 Indonesia

Bagaimanapun layar berukuran 5.7 inch dengan tingkat resolusi setara HD+ serta rasio 18:9 memang merupakan daya tarik utama atau key selling point dari Redmi 5. Ketajaman layar ini sendiri termasuk baik untuk standar layar ponsel kelas low-end, demikian pula dengan viewing angle.
Sayang kala digunakan di luar ruangan layar ini bukan saja reflektif tapi juga tingkat kecerahannya tidak mampu mengkompensasi cahaya sekitar. Akibatnya layar Redmi 5 nyaris tidak terbaca di luar ruangan.

Kegegasan ponsel ini merupakan tanggung jawab dari kombinasi antara SoC Snapdragon 450 dengan RAM sebesar 3 GB. Tidak ada yang istimewa dari performanya selama proses uji pakai namun juga tidak ada keluhan yang perlu dicatat, karena sekali lagi untuk standar ponsel harga 1 Jutaan sudah terasa baik.

Baterai dengan kapasitas 3300 yang ditanamkan pada proses uji pakai menawarkan screen-on-time selama 5 sampai 7 jam, sedangkan proses pengisian ulang daya baterai itu sendiri hanya memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Beralih ke fitur kamera yang konon menjadi pertimbangan utama kala calon konsumen hendak membeli sebuah ponsel, Dombort tidak menemukan keistimewaan yang perlu digarisbawahi pada kamera Xiaomi Redmi 5 ini.

Dombort memang tidak banyak berharap pada sebuah kamera ponsel di kisaran harga ini. Karenanya ketika hasil foto yang diabadikan oleh kamera dengan sensor 12 MP f/2.2 ini kebanyakan berakhir pada foto yang underexposed kami menganggapnya wajar.

Foto Hasil Kamera Xiaomi Redmi 5

Menariknya pada sisi lain kamera ini memiliki kemampuan fokus yang cepat, dan sekalipun hasilnya cenderung kaya grain tapi di malam hari kamera dengan dukungan PDAF ini masih sanggup menghasilkan foto-foto dengan kualitas melebihi kebanyakan ponsel merek lain dengan rentang harga sama.

Untuk kamera swafoto atau kamera depan selain Dombort bukan penggemar selfie juga sekali lagi tidak berharap banyak pada kamera ponsel sekelas ini.
Tapi buat Anda yang penasaran hasil foto kamera depan ini juga underexposed, cenderung kabur dan kaya grain meski sudah dibekali oleh lampu flash.

Penilaian Untuk Xiaomi Redmi 5

Kehadiran Xiaomi Redmi 5 seperti sudah disebutkan di awal merupakan angin segar dalam arti ada peningkatan standar yang serius untuk ponsel harga 1 Juta-an.

Walau demikian tidak pula bisa berharap terlalu banyak, layar yang sebenarnya merupakan key seliing point nyatanya masih belum sempurna karena tidak terbaca baik di luar ruangan.
Sedangkan untuk kamera kami tetap memberinya nilai positif, sebab sebelumnya kualitas kamera ponsel harga 1 Jutaan jauh lebih mengecewakan dibanding kamera Xiaomi Redmi 5.

Beli Xiaomi Redmi 5 Sekarang

Blue
Jual Xiaomi Redmi 5
Jual Xiaomi Redmi 5
Summary
Review Date
Reviewed Item
Xiaomi Redmi 5
Author Rating
31star1star1stargraygray