Harga Asus Zenfone Max Plus M1 dan Spesifikasi

Asus Zenfone Max Plus (M1) – Nasib Terkatung Akibat Serba Tanggung

Makin banyaknya aplikasi yang berjalan di sebuah ponsel senantiasa menuntut konsumsi daya baterai ekstra. Solusinya adalah membawa powerbank kala bepergian, tapi sisi kepraktisan jelas terkorbankan. Karenanya beberapa merek ponsel mencoba menawarkan alternatif lewat daya baterai lebih hemat berikut kapasitas baterai yang diperbesar pula. Satu diantaranya adalah Asus Zenfone Max Plus (M1).

Dombort sendiri merasakan betapa repotnya kalau harus membawa powerbank kemana-mana, meski ukurannya kecil tapi tetap terasa ribet. Keberadaan seri Max dari Asus memang terasa sebagai sebuah solusi alternatif terhadap tuntutan kebutuhan daya tahan baterai. Tapi saat ini beberapa merek lain pun mencoba menawarkan solusi serupa, karenanya cukup membuat penasaran apa yang ditawarkan oleh Asus Zenfone Max Plus (M1) dalam rangka mempertahankan positioning yang konsisten ditawarkan sejak generasi pertama.

Spesifikasi Asus Zenfone Max Plus (M1)

OSASUS ZenUI 4.0 berbasis Android 7.0 (nougat)
LayarIPS LCD, 5.7 inches, 83.8 cm2 (~75.3% screen-to-body ratio), 1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio (~424 ppi density)
SoCMediatek MT6750T
GPUMali-T860MP2
RAM4GB
ROM64GB, microSD, up to 256 GB
KameraDual: 16 MP (f/2.0, 35mm) + 8 MP (17mm, no AF), phase detection autofocus, LED flash rear; 8 MP (f/2.0, 25mm) selfie
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
KonektivitasWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 4.0, A2DP, LE, microUSB 2.0, USB On-The-Go
WaterproofingNo
BateraiNon-removable Li-Ion 4130 mAh battery
Dimensi152.6 x 73 x 8.8 mm
Berat160 g
HargaLihat di sini

Jika membandingkan dengan Zenfone Max generasi sebelumnya memang tampak ada beberapa ubahan seperti layar yang kini sudah mengadopsi rasio 18:9 sebagaimana kebanyakan ponsel modern. Bahkan untuk kamera belakang pun pabrikan asal Taiwan ini menanamkan kamera lensa ganda yang harus diakui cukup mengejutkan mengingat bahwa fitur kamera bukan fitur unggulan untuk Zenfone seri Max.

Review Asus Zenfone Plus Max (M1) Indonesia

Build quality -nya terasa istimewa menurut Dombort, dalam arti solid serta nyaman digenggam. Meski kualitas tombol-tombol fisik yang terletak pada bagian kanan terkesan sedikit longgar serta tidak memberi feedback cukup baik.

Sementara itu kualitas speaker bawaan sebenarnya sanggup menghasilkan volume yang cukup kuat tanpa distorsi, sayang kualitas bass belum sesuai harapan. Kondisinya sebenarnya mudah diatasi lewat penggunaan earphone ataupun speaker eksternal.

Asus Zenfone Max Plus (M1) masih mengandalkan sistem operasi ZenUI 4.0 berbasis Android 7.0 (Nougat), fitur serta tampilannya tidak jauh berbeda dari UI pada seri Asus Zenfone 4.
Dan sekalipun menggunakan SoC MT6750T didampingi RAM sebesar 4 GB nyatanya semua aplikasi sanggup berjalan relatif mulus.

GPU Mali T-860 juga sanggup melakukan tugasnya dengan baik kala melakukan olah grafis intensif seperti menjalankan game berat.
Singkat kata tak ada yang perlu dikhawatirkan dengan chipset MediaTek yang dipilih oleh Asus untuk Max Plus (M1) ini.

Beralih ke fitur kamera yang berkesan menarik berkat lensa ganda serta beberapa fitur pendamping seperti PDAF dan lensa bukaan f/2.0.
Dalam pengujian foto hasil kombinasi lensa 16 MP dan lensa lebar 8 MP ini warna yang tampak washed out.
Sementara itu di dalam ruangan tak sulit menduga bahwa tingkat noise cenderung tinggi.

Berlanjut ke kamera swafoto yang menggunakan lensa 8 MP, tenyata hasilnya tidak terlalu memuaskan. Tingkat ketajamannya di bawah ekspektasi meski tingkat kecerahan yang dihasilkan sebenarnya cukup baik.

Singkatnya untuk standar kamera ponsel harga kurang dari Rp 3 Juta sebenarnya tak banyak yang perlu dikritik dari kamera depan maupun belakang Asus Zenfone Max Plus (M1), hanya saja pada saat bersamaan fitur tersebut juga tak punya keistimewaan dibanding pilihan sekelas.

Untuk koneksi Wi-Fi Asus Zenfone Max Plus (M1) mendukung standar 802.11 b/g/n. Ponsel dual SIM ini mendukung pula jaringan 2G/3G/4G termasuk VoLTE yang digunakan oleh Smartfren.
Sayang beribu sayang meski menggunakan daya tahan baterai sebagai key selling point nyatanya baterai berkapasitas 4130 mAh milik Max Plus (M1) ini hanya sanggup mencatatkan durasi 8 jam 41 menit pada uji PC Mark atau setara maksimal 16 jam untuk penggunaan normal.

Pengisian daya baterai sendiri memerlukan waktu hampir 2 jam untuk pengisian dari kondisi 0% ke 100% dengan menggunakan charger bawaan.

Meski bukan ponsel yang buruk (jelek) tapi hampir dalam setiap poin yang ditawarkan oleh Asus Zenfone Max Plus (M1) terasa nanggung, tidak jelek tapi juga tidak istimewa. Dengan banyaknya opsi alternatif lain dengan perbedaan harga tipis hampir dipastikan nasib Max Plus (M1) ini bakal terkatung-katung.

Asus Zenfone Max Plus (M1) Sekarang

Deepsea Black
Harga Asus Zenfone Max Plus (M1) dan Spesifikasi
Jual Asus Zenfone Max Plus (M1)
Summary
Review Date
Reviewed Item
Asus Zenfone Max Plus (M1)
Author Rating
21star1stargraygraygray

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *