Samsung Galaxy J3 Pro Harga Beserta Spesifikasi

Rupa-rupanya cukup menarik antusiasme konsumen di Indonesia, beberapa kali kami mendapatkan pertanyaan dari pembaca, rekan dan keluarga mengenai kapan Samsung Galaxy J3 Pro dijual di Indonesia. Pertengahan tahun lalu ponsel Android dari pabrikan Korea tersebut mulai dijual di Cina dan dengan cepat mendapat sorotan penggemar gadget.

Samsung Galaxy J3 Pro sebenarnya bukan sekedar melengkapi varian J3 namun sekaligus menjadi melengkapi versi Pro yang semenjak beberapa waktu lalu cukup agresif dilahirkan oleh Samsung. Galaxy J3 Pro sendiri menyasar budget segment yang membuatnya berhadapan dengan beberapa merek Cina.

Also Read: Harga HP Samsung Champ dan Sekilas Review

Membedah Samsung Galaxy J3 Pro dan Spesifikasi

Bila membandingkan Samsung Galaxy J3 Pro dengan Samsung Galaxy J3 versi standar yang saat inipun sudah banyak beredar di Indonesia, maka perbedaan dari sisi desain bisa dilihat utamanya pada bagian tepi dimana versi Pro lebih mengkurva dibanding versi standar. Dan sekalipun sekilas cover bagian belakangnya seolah terbuat dari logam sebenarnya ia sekedar menggunakan material plastik.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy J3 Pro

Di balik cover belakang itu sendiri bisa diakses baterai tipe removable, berikut slot dual SIM card serta microSD.
Penempatan tata letak tombol-tombolnya sendiri tidak asing, sebab Samsung memberlakukan tata letak tersebut pada semua smartphone buatannya. Posisi kisi-kisi (grille) speaker di belakang tidak terasa ideal karena bakal sering tertutup oleh tangan kala digenggam.

Fitur yang ditawarkan Samsung Galaxy J3 Pro sebenarnya tidak terlalu istimewa, sebab pemindai sidik jari belum diaplikasikan sementara tombol-tombol navigasi juga masih mengadopsi tipe non-backlit yang tidak menguntungkan kala digunakan di ruangan gelap atau malam hari. Sama halnya dengan Galaxy J3 standar, Samsung Galaxy J3 Pro tidak dilengkapi dengan ambient sensor dalam upaya menghemat biaya produksi.

Keistimewaan Samsung Galaxy J3 Pro jika dibandingkan dengan Galaxy J3 standar sebenarnya lebih terletak pada estetika desainnya, setidaknya demikian menurut Dombort. Memang materialnya masih mengadopsi plastik namun kesan lebih premium cukup kentara.

Sedangkan layar 5 inch-nya sendiri menggunakan teknologi Super AMOLED khas Samsung yang kualitasnya terbilang baik untuk smartphone kelas mid-low meski pada sisi lain tingkat kecerahan yang ditampilkan tidak tampak optimal. Selain itu sekali lagi belum terdapat ambient sensor yang artinya pengguna dipaksa melakukan penyesuaian secara manual untuk mengatur tingkat kecerahan. Secara umum kualitas layar Samsung Galaxy J3 Pro tergolong memadai dan masih terbaca di luar ruangan.

Selain layar umumnya calon konsumen menilai sebuah ponsel dari kamera yang diusungnya, dan untuk Samsung Galaxy J3 Pro ini pihak pabrikan menyertakan kamera utama 8 MP berikut LED flash. Tidak perlu berharap banyak untuk kualitas kamera sekelas ini, namun kami juga tidak menemukan kritik yang layak diberikan untuk kamera tersebut mengingat banderol harganya.

Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy J3 Pro

Di atas kertas kamera sekunder 5 MP terkesan setara dengan kebanyakan ponsel masa kini, namun dalam pengujian ia tidak menghasilkan kualitas foto istimewa ataupun mendekati kamera sekunder dengan sensor setara dari merek lain. Kualitas foto yang dihasilkan cenderung terlalu soft dan kurang tajam.

Bagi Samsung sendiri sebenarnya keunggulan HP Samsung keluaran terbaru Samsung Galaxy J3 Pro atau setidaknya yang membedakan dari versi standar terletak pada performa. Kali ini adalah chipset Snapdragon 410 dengan prosesor quad-core yang menjadi jantung performa J3 versi Pro. Untuk memproses multitasking ponsel ini sekedar dibekali RAM berkapasitas 2 GB. Meski tidak terkesan istimewa namun jelas lebih baik jika dibandingkan Samsung Galaxy J3 2016 yang menggunakan chipset Spreadtrum dan RAM 1,5 GB.

Dalam pengujian Samsung Galaxy J3 Pro masih belum mampu menyamai performa Samsung Galaxy J5, namun memang lebih baik jika dibandingkan Galaxy J3 2016. Jika Anda sering memainkan game Android sebenarnya hobi tersebut masih mungkin dilakukan dengan Galaxy J3 Pro selama memilih setting grafis paling rendah.

Samsung Galaxy J3 Pro Dijual di Indonesia

Harga Samsung Galaxy J3 Pro

Harga Samsung Galaxy J3 Pro dibanderol setara dengan Rp 2 Juta untuk nilai tukar Rupiah terhadap USD saat tulisan ini dipublikasikan. Jika memang masuk Indonesia maka sudah pasti akan terjadi penyesuaian-penyesuaian, sebab harga konversi tersebut tidak terasa masuk akal jika menilik banderol Galaxy J3 standar yang lebih mahal.
Namun terlepas daripada itu kami sendiri berpendapat kecil kemungkinan Samsung Galaxy J3 Pro masuk Indonesia secara resmi.

Harga Samsung Galaxy J3 Pro dan Spesifikasi
Samsung Galaxy J3 Pro Harga Beserta Spesifikasi | Ponsel Dombort | 4.5