Kamera Samsung Gear 360 Spesifikasi dan harga

Kamera Samsung Gear 360 Spesifikasi dan Harga

Kamera Samsung Gear 360 pada akhirnya dimasukkan juga oleh PT. SEI ke pasar Indonesia meski untuk saat ini peminatnya mungkin belum cukup tinggi. Kamera ini memungkinkan pemiliknya untuk merekam video atau mengabadikan momen dalam wujud foto dengan daya tangkap 360 derajat.

Alasan sebenarnya pabrikan asal Korea ini memproduksi Samsung Gear 360 tak lain adalah dalam rangka mendukung gadget terbaru buatan mereka lainnya yaitu Samsung VR yang tak lain adalah VR headset terpopuler saat ini. Tim Dombort akan mencoba sedikit mengulas kamera Samsung terbaru tersebut.

Bedah Fitur dan Spesifikasi Kamera Samsung Gear 360

Sebagaimana umumnya kamera 360 derajat, penampilan Samsung Gear 360 cukup unik. Kamera berbentuk bola dengan kelir putih ini tampak dilengkapi dengan dua lensa kamera dengan posisi penempatan yang saling berlawanan.

Samsung Gear 360 Indonesia

Pada salah satu sisinya terdapat gasket yang merupakan akses menuju slot microSD, microUSB serta baterai tipe removable. Sementara pada bagian bawahnya terdapat lubang untuk menyambungkan kamera ini ke tripod, bahkan sebenarnya salah satu kamera terbaru buatan Samsung ini sudah dijual bersama mini tripod sebagai bagian dari paket penjualan.

Spesifikasi dan Harga Kamera Samsung Gear 360

Cara mengoperasikan atau menggunakan kamera Samsung Gear 360 sendiri terbilang sederhana, pada bagian atas terdapat tombol “REC” berikut layar kecil untuk menunjukkan mode perekaman yang sedang berjalan, berapa daya baterai tersisa serta berapa lama lagi proses perekaman dapat dilakukan.

Sedangkan di sisi yang lain terdapat tombol daya serta tombol untuk menavigasi layar, keduanya tersembunyi di balik sebuah pintu mungil.

Dimensi Samsung Gear 360 sendiri terbilang besar dibanding beberapa produk serupa bikinan kompetitor, namun bobotnya relatif lebih ringan. Kamera Samsung ini tidak dirancang tahan di dalam air namun sebatas splash proof serta dust proof.

Tingkat resolusinya cukup tinggi yaitu 3840 x 1920, kentara ia superior jika dibanding kamera LG 360 misalnya. Namun gambar yang dihasilkan masih kalah tajam jika dibandingkan kamera serupa buatan Kodak yaitu PixPro SP360.

Kedua kamera pada Samsung Gear 360 sama-sama dilengkapi dengan LED berwarna merah sebagai indikator aktif atau tidaknya lensa tersebut. Terkesan sepele namun dalam penggunaan fitur tersebut sangat membantu.

Untuk menghubungkan kamera ini ke Wi-Fi sayangnya hanya beberapa seri ponsel saja yang mendukung yaitu Samsung Galaxy Note 5, Samsung Galaxy S6 series (S6, S6 Edge, S6 Edge+) serta Samsung Galaxy S7 series. Sang produsen sendiri menegaskan bahwa mereka tidak berencana menjadikan kamera 360 buatannya kompatibel dengan iOS.

Memang tanpa menggunakan smartphone sebenarnya kamera ini masih bisa difungsikan, namun penuh keterbatasan. Untuk dapat menggunakan secara optimal maka diperlukan aplikasi berbasis Android yang memberikan akses kepada pengguna untuk mengatur ISO dan sebagainya.

Kelemahan kamera 360 buatan Samsung masih sama seperti umumnya kamera sejenis yaitu proses pengunduhan yang sangat lama. Kala diuji mengunduh video berdurasi 5 menit dari Gear 360 ke Samsung Galaxy S7 tercatat hampir 30 menit waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan prosesnya. Sedangkan untuk proses transfer foto hanya diperlukan waktu beberapa detik saja.

Dengan baterai berkapasitas 1350 mAh Samsung Gear 360 sanggup bertahan selama lebih kurang satu setengah jam dan karena mengadopsi baterai removable maka pemiliknya bisa menyediakan baterai cadangan yang sudah di-charge jika berencana menggunakan lebih lama.

Harga Samsung Gear 360
Putih
Harga Samsung Gear 360
Jual Motorola Moto E3 Power

Harga Kamera Samsung Gear 360

Harga Samsung Gear 360 saat ini tercatat hampir menyentuh Rp 4 Juta, untuk harga tersebut sebenarnya ia menawarkan banyak kelebihan. Sayang tingkat kompatibilitas yang hanya terbatas pada beberapa smartphone dan kesemuanya adalah ponsel merek Samsung tidak menguntungkan bagi pemilik ponsel merek lain, lebih-lebih yang berbasis iOS (iPhone).