Ulasan Realme X3 SuperZoom

Realme X3 SuperZoom Mencoba Saingi Kamera Huawei P40 Pro?

Realme X3 SuperZoom adalah pertanda bahwa merek tersebut tak hanya puas bermain di segmen kelas 2-3 Juta-an saja. Setelah menaikkan kasta Realme 6 Pro kini X3 SuperZoom pun dihadirkan di Indonesia bersama Realme Narzo.

Resmi dirilis pada tanggal 16 Juni 2020 tak sedikit yang berharap bahwa kamera Realme X3 SuperZoom ini mampu mendekati kedigdayaan kamera Huawei P40 Pro. Jika kondisi ini tercapai tentu pengguna yang selama ini mendamba punya ponsel dengan kamera sebaik Huawei P40 Pro bakal dapat alternatif lebih terjangkau.

Realme kembali bermain dengan refresh rate tinggi pada layar. Meski menerapkan refresh rate 120 Hz dengan berbagai kelebihannya namun kepekatan warna hitam dan viewing angles teknologi IPS belum sebaik layar AMOLED.

Di sektor kamera lensa utama ponsel ini mampu menghadirkan tingkat saturasi istimewa yang membuat warna pada foto yang dihasilkan terlihat lebih hidup kala dibantu oleh AI.

Meski dengan tingkat resolusi lebih rendah namun pada 5x pembesaran (zoom) secara optik warna dan tingkat kontrasnya masih terjaga dengan baik.
Sayangnya ketika dicoba pembesaran 10x ke atas kesenjangan kualitas dengan kamera Huawei P40 Pro jadi jelas.

Soal kegegasan meski bukan menggunakan Snapdragon 865 sama sekali tak terasa ada gejala lag atau kekurangan lain baik dalam penggunaan harian maupun menjalankan game.

Realme X3 SuperZoom dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Realme X3 SuperZoom

OS Realme UI berbasis Android 10
Layar 6.6 inches, 120 Hz, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~399 ppi density)
SoC Qualcomm SM8150 Snapdragon 855+ (7 nm)
GPU Adreno 640
RAM 8 GB
ROM 128 GB
Kamera Utama 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.72″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/3.4, 124mm (periscope telephoto), PDAF, OIS, 5x optical zoom
8 MP, f/2.3, 119˚, 16mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, (macro)
Kamera Swafoto 32 MP, f/2.5, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm
8 MP, f/2.2, 105˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
Sensor Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 4200 mAh battery
Dimensi 163.8 x 75.8 x 8.9 mm
Berat 202 g

Desain dan Penampilan Realme X3 SuperZoom

Walau tampil solid serta elegan sebenarnya tidak ada hal menonjol atau setidaknya kesan futuristik yang dimiliki oleh Realme X3 SuperZoom ini.

Penampilannya secara keseluruhan masih memiliki kesamaan dengan seri Realme lain yang sudah kita lihat selama ini.

Oleh karena tak menggunakan layar berteknologi AMOLED maka tak mungkin bagi Realme untuk memberikan sensor pemindai sidik jari pada layarnya.
Sensor pemindai sidik jari diletakkan pada bagian samping yang terintegrasi dengan tombol daya.

Bodi bagian belakang menawarkan efek gradasi yang unik, untuk meminalisir goresan yang muncul selama penggunaan sekaligus melindungi modul kamera menonjol sebaiknya Anda mengenakan soft case bawaan yang disertakan dalam paket penjualan ponsel ini.

Tray untuk keping SIM tidak diletakkan di samping sebagaimana umumnya ponsel lain namun justru di bawah berdekatan dengan port USB tipe C, port audio serta kisi-kisi speaker.

Kegegasan

Karena memang tak diposisikan sebagai ponsel flagship maka tak mengejutkan sebenarnya ketika mengetahui Realme X3 SuperZoom tidak mengadopsi SoC Snapdragon 865 besutan Qualcomm.
Namun Snapdragon 855+ yang ditanamkan kepadanya terbukti tangguh baik dalam pemakaian harian maupun kala diajak menjalankan game populer.

GPU Adreno 640 yang dipercaya menanagani proses grafis juga menjalankan tugas dengan baik untuk memastikan game-game terkini berjalan lancar pada Realme X3 SuperZoom.

Selain kegegasan yang handal layar dengan refresh rate 120 Hz turut berperan dalam menghadirkan pengalaman memuaskan kala bermain game. Meski pada sisi lain Realme masih sekedar memberikan speaker tunggal hingga kualitas suaranya tak terasa optimal.

Kualitas suaranya sendiri termasuk baik untuk ukuran ponsel kelas menengah. Kualitas suara pada frekuensi tengah dan atas terdengar jernih.
Tentu dengan menggunakan headphone hasilnya bakal sedikit membaik.

Layar

Seperti sudah disebut sebelumnya bahwa Realme kembali menawarkan layar dengan tingkat refresh rate tinggi, kali ini 120 Hz –lah yang dipilih untuk Realme X3 SuperZoom.

Perbedaan paling kentara dibanding layar dengan refresh rate 60 Hz tentu terletak pada tingkat kemulusannya kala menggulung (scrolling).

Sensor ambient light -nya terasa kurang sempurna, kala digunakan di luar ruangan layarnya tidak terlihat cukup cerah. Namun lewat pengaturan manual ternyata layar ini punya potensi besar.
Harapannya kondisi ini bisa diatasi lewat pembaruan firmware.

Dibandingkan ponsel dengan layar AMOLED memang kepekatan warna hitam maupun keluasan viewing angles dari ponsel yang masih mengandalkan teknologi IPS ini terlihat tertinggal. Tapi secara umum kualitas layar Realme X3 SuperZoom termasuk sangat baik.

Kamera

Key selling value Realme X3 SuperZoom terletak pada kamera dengan kemampuan pembesaran istimewa sesuai namanya (SuperZoom).

Mengandalkan sensor utama Samsung GW1 64 MP dengan f/1.8 foto-foto yang dihasilkan oleh kamera ini terlihat sangat baik dengan depth of field memuaskan serta warna seimbang.
Sedikit kelemahannya terletak pada dynamic range sehingga kalau diperhatikan area-area yang gelap cenderung kehilangan detil.

Kelebihan dan Kekurangan Realme X3 SuperZoom

Pada kampanye pemasarannya Realme terus mengulang dan menekankan kemampuan pembesaran hingga 60x, namun dalam pengujian foto yang layak disimpan hanya sampai pada pembesaran maksimal 10x.
Sedangkan kondisi pembesaran maksimal yang ideal menurut pendapat Dombort adalah 5x.

Pada pembesaran 10x itu pula meski kualitas fotonya masih terbilang layak namun hasilnya berbeda jauh dibanding kamera Huawei P40 Pro dalam mode pembesaran yang sama.
Karenanya membandingkan kamera Huawei P40 Pro dengan Realme X3 SuperZoom memang terlalu berlebihan.

Foto Hasil Kamera Utama Realme X3 SuperZoom Pembesaran 2x
Pembesaran 2x
Foto Hasil Kamera Utama Realme X3 SuperZoom Pembesaran 5x
Pembesaran 5x
Foto Hasil Kamera Utama Realme X3 SuperZoom Pembesaran 10x
Pembesaran 10x
Foto Hasil Kamera Utama Realme X3 SuperZoom Pembesaran 60x
Pembesaran 60x (Kiri dari iklan Realme X3 Pro, Kanan hasil pengujian langsung)

Meski tak sebaik kamera Huawei P40 Pro namun mempertimbangkan harga Realme X3 SuperZoom yang jauh di bawah angka Rp 10 Juta kualitas kameranya tergolong sangat istimewa.

Kala digunakan di malam hari lensa utama Realme X3 SuperZoom masih sanggup menghasilkan kualitas foto yang detil serta memiliki ketajaman dari sisi warna maupun kontras.
Untuk menyamarkan tingkat noise perangkat lunaknya mencoba menngurangi ketajaman di malam hari.

Foto Hasil Kamera Utama Realme X3 SuperZoom Night Mode

Beralih pada kamera sudut lebar 8 MP –nya memang bisa diduga bahwa dengan tingkat resolusi serendah itu tak banyak yang bisa diharap.
Walau demikian lensa ini masih lumayan bermanfaat pada situasi-situasi tertentu, ketajaman warnanya pun tak jelek-jelek amat.

Lensa makro ponsel ini juga tak menawarkan tingkat resolusi cukup tinggi, namun untuk tujuan pemotretan jarak dekat nyatanya masih sanggup menghasilkan foto-foto menarik.

Foto Hasil Kamera Utama Realme X3 SuperZoom Makro

Foto Hasil Kamera Utama Realme X3 SuperZoom Makro