Ulasan Redmi Note 9

Redmi Note 9 Bertahan Jadi Best Budget Phone

Redmi Note 9 setia menempatkan diri sebagai ponsel ekonomis dengan kegegasan dan fitur sepadan. Melanjutkan sukses Redmi Note 7 dan Redmi Note 8 ponsel ini masih sanggup menawarkan best value for the money seperti para pendahulunya.

Meski statusnya adalah penyempurnaan namun dalam hal tertentu tampaknya Redmi terlalu tergesa dalam merilis Redmi Note 9 ini. Kualitas kamera terlihat menurun dibanding pendahulunya, Dombort sempat kaget dengan kondisi tersebut. Namun ternyata setelah menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga kualitas foto yang dihasilkan seketika meningkat. Jadi masalahnya jelas bukan terletak pada modul kamera itu sendiri.

MediaTek G70 yang dipilih jadi jantung performa Redmi Note 9 sanggup menjalankan tugas harian cukup baik, namun untuk menjalankan aplikasi haus grafis seperti game 3D tidaklah cukup handal.

Selain harganya, keunggulan utama ponsel ini dari sudut pandang Dombort terletak pada desain dan build quality dibanding para kompetitor.
Sekali lagi, dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Redmi Note 9 masih layak menyandang predikat best value for the money di kelas harga kurang dari Rp 3 Juta.

Bagi Anda yang berminat mengenal lebih jauh, berikut disajikan pembahasan bagian per bagian seperti biasanya:

Redmi Note 9 dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Redmi Note 9

OS MIUI 11 berbasis Android 10
Layar 6.53 inches, 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~395 ppi density)
SoC MediaTek Helio G85 (12nm)
GPU Mali-G52 MC2
RAM 4/6 GB
ROM 64/128 GB
Kamera Utama 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 118˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, (macro), AF
2 MP, f/2.4, (depth)
Kamera Swafoto 13 MP, f/2.3, 29mm (standard), 1/3.1″, 1.12µm
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 5020 mAh battery
Dimensi 162.3 x 77.2 x 8.9 mm
Berat 199 g

Desain dan Kualitas Layar

Setelah beberapa waktu akrab dengan Redmi Note 9 Pro begitu menjajal Redmi Note 9 hal yang langsung terasa adalah dimensi yang relatif lebih lebar dan lebih tebal.
Tapi pada sisi lain ponsel ini juga lebih ringan dan lebih pendek dibanding saudaranya itu.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 9

Seperti biasa Redmi dan Xiaomi masih menjadi merek yang setia memberikan fitur IR blaster sementara banyak merek lain sudah meninggalkannya.
Bagi Dombort keberadaan sensor infra red tersebut sangat membantu karena ponsel bisa berfungsi sebagai pengendali remote control bagi beberapa perangkat sekaligus.
Jelas lebih praktis ketimbang menggunakan banyak remote.

Tata letak tombol dan modul kamera menyerupai Redmi Note 9 Pro. Tentu tidak sama persis, salah satunya terasa pada tombol pengatur volume dan tombol daya yang terasa lebih tipis. Akibatnya sedikit susah ditekan.

Selain itu sensor pemindai sidik jari tidak dibuat menyatu dengan tombol daya melainkan ditempatkan di bawah modul kamera utama.

Sekita 83% dari luas bagian depan ponsel ini didominasi oleh layar.
Untuk standar ponsel seharga ini tingkat ketajaman, kontras serta keluasan sudut pandang viewing angles bisa dibilang cukup baik.
Kala digunakan di luar ruangan juga masih bisa terbaca jelas meski karena layarnya cenderung memantulkan cahaya kadang bisa terasa sedikit menganggu.

Kualitas Layar Redmi Note 9

Secara umum tidak ada peningkatan layar dari Redmi Note 8 ke Redmi Note 9 kecuali penambahan luas dari 81% ke 83% yang sebenarnya juga tidak terlalu terasa.

Audio

Redmi Note 9 dibekali dengan speaker sederhana sama halnya dengan semua ponsel di kisaran harga ini.

Kualitas suara yang dihasilkan bisa diterima cukup jelas, namun menurut telinga Dombort volume –nya tidak sekuat para kompetitor sekelasnya.

Saat disambungkan dengan earphone kualitas suaranya terasa membaik, namun tingkat volume –nya lebih rendah dibanding menggunakan speaker langsung.

Kegegasan

Redmi meninggalkan Snapdragon 665 yang tadinya menjadi jantung performa bagi Redmi Note 8. Sebagai gantinya sang produsen memercayakan pada Helio G70 racikan MediaTek.
Secara teoritis Helio G70 ini bisa disetarakan dengan Snapdragon 710 karenanya bagaimanapun bisa diharapkan kenaikan performa dari Redmi Note 8 ke Redmi Note 9.
Untuk GPU sebagaimana diketahui bahwa Helio G70 ini terintegrasi dengan GPU Mali-G52, oleh karena Mali- G52 ini kemampuannnya bisa diseterakan dengan Adreno 610 yang digunakan pula pada Redmi Note 8 maka tampaknya tak ada peningkatan yang bisa diharapkan pada kemampuan olah grafis Redmi Note 9 dibanding pendahulunya.

Bagi yang berminat pada hasil benchmark lewat uji AnTuTu GPU Redmi Note 8 mencatatkan skor 32908 sementara Redmi Note 9 34491. Berarti menurut AnTuTu ada sedikit kenaikan performa grafis.
Sedangkan untuk CPU sebelumnya Redmi Note 8 mencatat 71301 point untuk Redmi Note 9 tercatat 72743 point.

Sementara uji 3DMark saat Dombort mencoba belum bisa dilakukan untuk Redmi Note 9 ini.

Seperti biasa skor di atas bukan patokan untuk menggambarkan kondisi sesungguhnya, namun tetap dilakukan dan ditampilkan di sini sekedar mengobati rasa penasaran.

Untuk penggunaan harian sendiri ponsel ini tidak mengecewakan, meski memang terkadang terasa ada jeda loading namun tidak mengganggu.

Untuk performa game ketika diuji menjalankan “PUBG” masih bisa berjalan dengan cukup lancar, tentu saja pada tingkat grafis dan depth of vision yang rendah.

Kamera

Di sektor kamera penggunaan sensor Samsung S5KGM1 untuk kamera utama menunjukkan bahwa Redmi tak menilai peningkatan serius di fitur ini cukup penting untuk Redmi Note 9.
Kemungkinan besar peningkatan dilakukan pada pemrosesan gambar.

Meski sedikit mengecewakan namun sebenarnya sensor tersebut sudah terbukti bekerja dengan baik pada Redmi Note 7 maupun Redmi Note 8.

Hal menarik di bagian kamera Redmi Note 9 ini menurut Dombort terletak pada aplikasi yang memberikan cukup banyak keleluasan bagi pengguna untuk melakukan pengaturan pada beberapa fungsi.
Umumnya ponsel lain sekelas ini hanya menyediakan fitur terbatas pada aplikasi kameranya.

Kala digunakan di dalam ruangan dengan mode auto kamera utama ponsel ini menghasilkan foto dengan tingkat exposure mendekati ideal, tingkat ketajaman baik sementara reproduksi warnanya cenderung terlalu warm.

Foto Hasil Kamera Redmi Note 9 Indoor

Redmi Note 7 tidak mampu menghasilkan kualitas foto sebaik ini kala digunakan pada situasi yang sama. Artinya meski menggunakan sensor yang sama jelas ada peningkatan dari kinerja kamera Redmi Note 7 ke Redmi Note 9.

Untuk lensa lebarnya kala digunakan dalam situasi yang sama mengalami penurunan dari sisi ketajaman.
Namun pada sisi lain ketepatan reproduksi warnanya terlihat membaik dibanding lensa utama, demikian pula exposure -nya masih bertahan mendekati ideal.

Berpindah di luar ruangan terlihat exposure -nya tak sebaik pada kondisi di dalam ruangan namun masih dalam kategori layak.
Tingkat ketajamannya sangat baik, tapi saturasi warnanya tidak cukup baik.
Hasil ini yang membuat Dombort sempat terkejut karena pada kondisi yang sama kamera Redmi Note 8 justru mampu menghasilkan kualitas foto yang lebih baik.

Foto Hasil Kamera Redmi Note 9 Outdoor
Hasil Foto dengan MIUI 11

Ketika iseng menjajal lagi kamera tersebut pada situasi yang sama namun kali ini menggunakan aplikasi OpenCam ternyata kualitas foto yang dihasilkan meningkat cukup signifikan.

Foto Hasil Kamera Redmi Note 9 Outdoor dengan OpenCam
Hasil Foto dengan Open Camera

Artinya tidak ada masalah dengan modul kamera Redmi Note 9, namun aplikasi kameranya sendiri mungkin masih memiliki bug.
Sebagai pengguna Dombort tak merasa terlalu risau, sebab umumnya pembaruan perangkat lunak dari produsen akan menyelesaikan kekurangan tersebut.

Beralih ke aplikasi lain seperti “Open Camera” bisa jadi solusi sementara, namun bukan berarti tanpa kelemahan. Sebab dengan “Open Camera” detil tertentu seperti langit jadi cenderung overexposed.

Kalau mau sedikit repot Anda bisa tetap menggunakan “Open Camera” dengan memilih file RAW kemudian melakukan editing pada warna untuk menjadikannya tampak lebih alamiah.

Untuk mode perekaman video kamera ponsel ini masih belum dilengkapi dengan fitur stabilization.
Kualitas perekamannya sendiri cukup standard sebagaimana layaknya ponsel di rentang harga tersebut.

Penilaian untuk Redmi Note 9

Lantas dibandingkan dengan Realme 6 apa yang jadi keunggulan Redmi Note 9 ini?
Kalau menurut pendapat pribadi Dombort satu-satunya keunggulan Redmi Note 9 dibandingkan Realme 6 hanya terletak dari sisi stamina baterai yang sedikit lebih baik.
Sisanya Realme 6 terasa sebagai pilihan lebih baik dibanding Redmi Note 9.

Tapi tak bisa diabaikan pula bahwa banderol harga kedua ponsel itu memang berselisih sekitar Rp 1 Juta-an. Itulah alasan Dombort tetap memberi label best value for the money budget phone.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Redmi Note 9 6/128 GB
Author Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
Redmi Note 9 6/128 GB
Price
IDR 2699000
Product Availability
Available in Stock