Review Poco F3

Poco F3 Andalkan Performa Korbankan Kamera

Poco F3 diperkenalkan bersamaan dengan Poco X3 Pro dan hanya dalam waktu singkat keduanya menjadi incaran konsumen ponsel. Berbekal prosesor Snapdragon 870 ponsel yang dijual di kisaran harga Rp 5 Juta-an ini diyakini menjadi idola di segmen menengah.

Saat memperkenalkan Poco F3 dan Poco X3 Pro langsung kentara bahwa tahun ini Poco ingin kegegasan menjadi key selling value bagi dua ponsel terbarunya itu. Bisa jadi berdasar hasil riset pasar mereka penggemar game (gamer) merupakan segmen yang potensial.

Konon awalnya sang produsen berencana menanamkan Snapdragon 888 pada Poco F3 ini namun karena krisis suplai chipset akibat pandemi mereka akhirnya mengalihkan pandangan pada Snapdragon 870 ini.

Poco F3 dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Poco F3

OS MIUI 12 berbasis Android 11
Layar 6.67 inches, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~395 ppi density)
SoC Qualcomm SM8250-AC Snapdragon 870 5G (7 nm)
GPU Adreno 650
RAM 6/8 GB
ROM 128/256 GB
Kamera Utama 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide)
5 MP, f/2.4, 50mm (macro), 1/5.0″, 1.12µm, AF
Kamera Swafoto 20 MP, f/2.2, (wide), 1/3.4″, 0.8µm
Sensor Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, color spectrum
Waterproofing IP53
Baterai Non-removable Li-Po 4520 mAh battery
Dimensi 163.7 x 76.4 x 7.8 mm
Berat 196 g

Desain dan Layar Poco F3

Sekalipun diposisikan sebagai ponsel kelas menengah nyatanya Poco tak gitu-gitu juga mengorbankan penampilan salah satu ponsel andalannya ini.

Kerangka ponsel ini sudah mengadopsi material logam sementara bodi bagian depan maupun belakang merupakan serat kaca yang terlapis oleh Corning Gorilla Glass 5.

Pihak pabrikan menawarkan tiga pilihan warna yaitu “Arctic White”, “Deep Ocean Blue” serta “Night Black”.

Desain Poco F3

Menurut penilaian subjektf Dombort “Arctic White” –lah yang paling terlihat menarik di antara ketiga pilihan yang ada.
Selain itu warna putihnya juga cenderung mampu menyamarkan noda jari yang muncul selama pemakaian dibanding dua warna lain yang lebih gelap.

Bukan hanya kedua sisi bodi dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5 namun desain Poco F3 ini juga sudah memenuhi standar IP53 yang memberikan perlindungan dari penetrasi debu serta percikan air.

Meski dimensinya terkesan lebar namun ketika digenggam ponsel ini terasa lebih tipis dibandingkan Poco X3 Pro.

Pada ponsel ini tidak akan lagi diketemukan port audio jack namun dalam kemasan paket penjualan Poco menyertakan adapter USB-C to 3.5 mm jack jadi Anda masih bisa menggunakan earphone berkabel kalau memang menginginkannya.

Poco F3 Tanpa Audio Jack

Selain desain yang lebih baik perbedaan mencolok lain antara Poco X3 Pro dengan Poco F3 ini terletak pada kualitas layarnya.
Untuk produk yang dibanderol seharga Rp 5 Juta-an ini pembuatnya memasangkan layar berteknologi AMOLED dengan refresh rate 120 Hz dan memiliki tingkat kecerahan hingga 1300 nits dalam format HDR.

Sayangnya Anda tidak akan bisa secara manual melakukan pengaturan hingga tingkat kecerahan maksimal tersebut, sebab untuk pengaturan manual sebatas hingga 500 nits selebihnya hanya bisa dicapai secara otomatis.

Poco juga merancang ukuran lensa kamera swafoto seminim mungkin sehingga tidak terlalu menganggu kala menikmati konten yang disajikan oleh layarnya.

Kualitas Layar Poco F3

Kegegasan dan Kualitas Audio

Kegegasan menjadi kunci jualan pada Poco X3 Pro demikian pula untuk Poco F3 ini, seperti disinggung sebelumnya bahwa sang produsen memilih Snapdragon 870 sebagai jantung performa bagi ponsel ini. Sementara untuk kapasitas RAM tersedia opsi pilihan antara 6 GB dengan ROM 128 GB atau 8 GB dengan ROM sebesar 256 GB.

Unit yang diuji coba dalam ulasan ini sendiri adalah versi RAM 6 GB dengan kapasitas memori internal 128 GB dengan banderol harga Rp 4, 99 Juta.

Untuk pemakaian harian tampilan antar muka MIUI 12 yang berbasis sistem operasi Android 11 ini terasa sangat mulus, tampaknya perpaduan antara Snapdragon 870 dengan layar 120 Hz merupakan biang keladi kemulusan ini.
Hanya saja kelemahan MIUI 12 ini selama pengujian muncul dari keterlambatan notifikasi yang beberapa kali terjadi, dugaan sementara MIUI terlalu agresif mematikan background apps.

Sementara untuk performa gaming berhubung “PUBG” kini dianggap sebagai tolok ukur maka game itu pulalah yang terpilih untuk dicoba dijalankan oleh Poco F3. Hasilnya pada pengaturan tingkat grafis tertinggi pun ponsel ini mampu menjalankan permainan secara mulus.

Kondisi yang sama juga kembali terjadi ketika mencoba menjalankan game “Fortnite”

Kualitas audio tentu merupakan nilai ekstra untuk menciptakan pengalaman optimal kala bermain game, karenanya Poco menempatkan speaker ganda untuk Poco F3 ini. Meski kualitasnya tidak bisa disebut istimewa namun secara keseluruhan cukup memuaskan, cukup kentara bahwa kualitas audio –nya cenderung menonjolkan treble dibandingkan bass sehingga dialog dalam game maupun video bisa terdengar jernih.

Kamera

Lagi-lagi Poco terlihat mengabaikan kualitas kamera, sementara Redmi Note 10 Pro sudah menawarkan lensa utama dengan sensor 108 MP Poco F3 justru melakukan downgrade dengan mengandalkan sensor 48 MP saja.

Lensa Kamera Utama Poco F3

Kala digunakan di luar ruangan dengan pencahayaan ideal kualitas foto yang dihasilkan cukup baik, namun begitu berpindah ke dalam ruangan atau di malam hari kualitasnya menurun drastis dengan kecenderungan underexposed.

Foto Hasil Kamera Poco F3

Foto Hasil Kamera Poco F3 Malam

Lagi-lagi kalau Anda termasuk yang menilai fitur kamera sebagai fitur penting sebaiknya mempertimbangkan ponsel lain karena Poco F3 ini tidak akan memenuhi harapan Anda.

Stamina Baterai

Demi mengejar dimensi yang lebih tipis maka Poco menempatkan baterai berkapasitas 4520 mAh alih-alih 5000 mAh pada Poco F3 ini.
Namun demikian baterai ini mampu bertahan selama 16 jam untuk pemakaian normal, sedangkan selama pengujian menjalankan game didapat waktu sekitar 5-6 jam.

Layak Belikah Poco F3 Ini?

Tidak berlebihan jika Poco membangga-banggakan faktor kegegasan sebagai nilai jual pada Poco F3, terbukti bukan sekedar bualan. Bagi penggemar game yang biasa memainkan lewat ponsel maka tidak akan dikecewakan dengan kegegasan ponsel ini.

Summary
Review Date
Reviewed Item
POCO F3
Author Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
POCO F3 6/128 GB
Price
IDR 499000
Product Availability
Available in Stock