Ulasan Xiaomii Mi 11 Ultra

Xiaomi Mi 11 Ultra Fitur Premium-nya Imbangi Harga Premium

Keberanian Xiaomi membanderol Mi Ultra seharga Rp 16 Juta-an menunjukkan bahwa konsumen sudah tak lagi memandang merek asal China tersebut sebagai merek kelas dua. Di kisaran harga tersebut mau tidak mau Xiaomi berhadapan dengan Samsung dan Apple yang dipersepsi sebagai merek mapan.

Ketika kebanyakan pabrikan ponsel asal Negeri Tirai Bambu pilih memosisikan diri sebagai “flagship killer” agar tak berhadapan langsung dengan merek mapan Xiaomi dengan percaya diri merilis “a true flagship” sembari tetap mempertahankan ciri khasnya: rasio antara harga dengan kualitas.
Tak cukup puas dengan mengusung nama “Max” atau “Pro” Xiaomi memilih nama “Ultra” yang seolah melewati dua nama lainnya.

Dalam perkenalan resminya pihak Xiaomi sesumbar menyebut Xiaomi Mi 11 Ultra sebagai “the New King of Android”. Bekal apakah yang membuat pabrikan tersebut merasa demikian percaya diri? Simak ulasan Xiaomi Mi 11 Ultra berikut.

Xiaomi Mi 11 Ultra dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Xiaomi Mi 11 Ultra

OS MIUI 12.5 berbasis Android 11
Layar Super AMOLED 6.81 inches, 1440 x 3200 pixels, 20:9 ratio (~515 ppi density)
SoC Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm)
GPU Adreno 660
RAM 12 GB
ROM 256 GB
Kamera Utama 50 MP, f/2.0, 24mm (wide), 1/1.12″, 1.4µm, Dual Pixel PDAF, Laser AF, OIS
48 MP, f/4.1, 120mm (periscope telephoto), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF, OIS, 5x optical zoom
48 MP, f/2.2, 12mm, 128˚ (ultrawide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
Kamera Swafoto 20 MP, f/2.2, 27mm (wide), 1/3.4″, 0.8µm
Sensor Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass, color spectrum
Waterproofing IP68
Baterai Non-removable Li-Po 5000 mAh battery
Dimensi 164.3 x 74.6 x 8.4 mm
Berat 234 g

Desain dan Layar

Sebagaimana umumnya ponsel kelas flagship Xiaomi Mi 11 Ultra pun mencoba tampil lewat desain yang berbeda namun pembeda ini tidak dibuat kontroversial seperti beberapa kompetitor tertentu.

Kesan pertama yang ditampilkan oleh ponsel buatan Xiaomi ini adalah elegan, modern sekaligus kental akan nuansa premium.
Hanya saja ketika melirik ke sisi belakang baru terlihat perbedaan mencolok berupa layar kedua yang menyatu dengan modul kamera utama.

Desain Bagian Belakang Xiaomi Mi 11 Ultra

Oleh karena menerapkan permukaan glossy pada bagian belakang maka tak mengherankan jika selama pemakaian ponsel ini cenderung mudah kotor oleh bekas jari, bahkan kotoran debu pun kerap sekali terlihat menempel disini.

Dimensi yang besar sekaligus berat masih ditambah dengan modul kamera tidak bisa maka memang perlu pembiasaan untuk merasa nyaman menggenggamnya, beruntung sudut ponsel yang tak dibuat tajam cukup membantu dari sisi ergonomi.
Yang jelas bobot dan dimensinya masih termasuk wajar untuk sebuah ponsel flagship masa kini, sebab Samsung dan Apple pun punya dimensi serta bobot yang tak beda jauh.

Layar kedua yang terletak di bagian belakang berfungsi memberikan notifikasi serta preview saat Anda melakukan swafoto tentu saja selain itu bisa difungsikan untuk menunjukkan waktu, foto atau teks apapun yang dikehendaki. Layar ini sama persis dengan layar yang dipakai pada Mi Smart Band 5.
Layar berteknologi AMOLED ini memiliki tingkat resolusi 126 x 194 pixels dan tingkat kecerahan hingga 450 nits.

Sementara itu pada bagian depan didominasi oleh layar 10-bit AMOLED dengan bentang 6,81 inch serta resolusi 3200 x 1440 pixels (WQHD+).
Seluruh bagian layar dilapis oleh Gorilla Glass Victus untuk meminimalisir munculnya goresan selama pemakaian.

Kualitas Layar Mi 11 Ultra

Dengan tingkat kecerahan mencapai 900 nits artinya di atas kertas melampaui Samsung Galaxy S21 Ultra.
Hal yang langsung terlihat kala dinikmati adalah warnanya yang tampak begitu kaya dengan viewing angles luas belum lagi dukungan terhadap konten HDR10+ dan Dolby Vision.

Keunggulan lain dari layar ini adalah kemampuannya diatur pada tingkat refresh rate 120 Hz sekalipun di tingkat resolusi maksimal (WQHD+). Namun pada sisi lain Anda tidak bisa mengubah refresh rate menjadi 90 Hz saat ingin menghemat konsumsi daya baterainya.
Kalau memang tujuannya menghemat baterai maka satu-satunya pilihan yang memungkinkan mengatur pada refresh rate 60 Hz.

Audio Dari Harman Kardon

Mendukung kualitas layar yang memberikan tampilan luar biasa terutama kala dipakai bermain game ataupun memutar film maka Xiaomi menyertakan speaker besutan Harman Kardon untuk memaksimalkan pengalaman yang diterima oleh pengguna ponsel premium ini.

Kualitas Audio Harman Kadrdon di Mi 11 Ultra

Kualitas suaranya terdengar jernih dan lengkap hanya saja kualitas bass-nya mungkin bakal dirasa kurang bagi Anda yang menggemari suara bass.

Kegegasan Xiaomi Mi 11 Ultra

Ditanami dengan Snapdragon 888 sebagai jantung performa Xiaomi Mi 11 Ultra mencatatkan skor AnTuTu 710,000 points yang menempatkannya sebagai ponsel tercepat sampai saat ini.

Dengan catatan skor setinggi itu sangatlah wajar jika semua game terbaru mampu dijalankan dengan lancar, apalagi sekedar menjalankan tugas harian.

Kamera

Salah satu fitur unggulan dari Xiaomi Mi 11 Ultra ini tentu saja terletak pada kamera, dari aplikasinya saja Xiaomi sudah menjejalkan berbagai fitur istimewa seperti notifikasi ketika lensa kotor, perintah gerak (gesture), saran lensa mana yang paling pas dipakai dalam situasi tertentu dan masih banyak lagi.

Modul Kamera Utama Mi 11 Ultra

Beranjak ke sisi perangkat keras Xiaomi menempatkan tiga lensa pada modul kamera utama berupa lensa utama dengan sensor 1/1.12″ dengan resolusi 50 MP besutan Samsung dilengkapi OIS serta laser focusing dToF.

Untuk lensa ultra wide diladeni dengan sensor Sony IMX586 dengan resolusi 48 MP didukug PDAF serta macro support.

Sedangkan lensa ketiga lagi-lagi dipercayakan pada sensor Sony 48 MP berkemampuan pembesaran optikal hingga 5x, 10x secara hybrid dan pembesaran hingga 120x secara digital.
Lensa ketiga ini dibekali pula dengan OIS serta PDAF.

Kamera swafoto di bagian depan menggunakan sensor 20 MP dengan fokus tetap persis seperti yang pernah digunakan pula oleh Xiaomi Mi 11.

Mode otomatis pada kamera Xiaomi Mi 11 Ultra mampu bekerja dengan sangat baik dalam situasi minim cahaya sekalipun. Reproduksi warna yang dihasilkan sangat alamiah mendekati aslinya.
Kecepatan fokus serta bokeh yang alamiah menjadi tambahan keunggulan dari kamera ponsel premium ini.

Foto Hasil Kamera Lensa Utama Mi 11 Ultra
Difoto dengan Lensa Utama Mode Auto
Foto Hasil Kamera Lensa Makro Mi 11 Ultra
Difoto dengan Lensa Makro
Foto Hasil Kamera Lensa Lebar Mi 11 Ultra
Difoto dengan Lensa Ultra Wide

Penilaian Dombort Terhadap Xiaomi Mi 11 Ultra

Harganya memang cukup mengejutkan untuk sebuah ponsel dengan merek Xiaomi namun setelah menjajal keraguan terhadap harga tersebut tidaklah mengherankan.

Xiaomi Mi 11 Ultra handal pada semua sisi mulai dari desain, kegegasan, kualitas layar hingga kualitas kamera.
Karenanya kalau Anda sedang mempertimbangkan membeli sebuah ponsel flagship rasanya sangat disayangkan jika menyingkirkan Mi 11 Ultra ini dari salah satu alternatif pilihan.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Xiaomi Mi 11 Ultra
Author Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Xiaomi Mi 11 Ultra
Price
IDR 16999000
Product Availability
Available in Stock