Ulasan Xiaomi Mi 11 Lite

Xiaomi Mi 11 Lite Adakah Kesamaannya dengan Xiaomi Mi 11 Ultra?

Xiaomi Mi 11 Lite diperkenalkan di pasar Indonesia bersamaan dengan Xiaomi Mi 11 Ultra, namun banderol harga keduanya sama sekali berbeda. Meski demikian karena sama-sama mengusung nama Mi 11 tentu memunculkan persepsi bahwa ada kesamaan di antara kedua ponsel tersebut.

Jika Mi 11 Ultra diposisikan sebagai ponsel kelas flagship yang berhadapan dengan Samsung Galaxy S21 series serta iPhone 12 series tidak demikian halnya dengan Mi 11 Lite. Ponsel yang disebut belakangan ini diposisikan sebagai ponsel kelas menengah dengan banderol Rp 3 Juta-an.

Faktanya meski jadi bagian dari Mi 11 series ponsel yang menyandang nama Lite ini lebih cocok dibandingkan dengan seri Redmi ketimbang Mi 11 apalagi Mi 11 Ultra.

Xiaomi Mi 11 Lite dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Xiaomi Mi 11 Lite

OS MIUI 12 berbasis Android 11
Layar AMOLED 6.55 inches, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~402 ppi density)
SoC Qualcomm SM7150 Snapdragon 732G (8 nm)
GPU Adreno 618
RAM 6/8 GB
ROM 64/128 GB
Kamera Utama 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.97″, 0.7µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
5 MP, f/2.4, (macro), AF
Kamera Swafoto 16 MP, f/2.5, 25mm (wide), 1/3.06″ 1.0µm
Sensor Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 4250 mAh
Dimensi 160.5 x 75.7 x 6.8 mm
Berat 157 g

Desain dan Layar

Pada bodi bagian belakang Xiaomi menerapkan permukaan mengkilap, tak cukup dengan glossy namun bahkan mirrored. Permukaan bagian belakang ini benar-benar bisa difungsikan sebagai cermin jika Anda sekedar ingin melakukan cek sudah rapi/tidakkah rambut Anda.

Selain permukaan tipe mirror hal menarik dari desain ponsel terbaru keluaran Xiaomi ini terletak pada dimensi yang terbilang tipis dibanding kebanyakan ponsel modern di pasaran saat ini.
Dengan ketebalan yang hanya tercatat 7 mm serta bobot 157 gram Mi 11 Lite bukan sekedar ergonomis namun sekaligus berkesan elegan.

Desain Xiaomi Mi 11 Lite

Layar yang terletak di bagian depan terlihat luas berkat tebal bezel yang tak lebih dari 1.88 mm, sayangnya bingkai terbuat dari material plastik mengurangi kesan elegan yang dimilikinya.
Berbeda dengan Poco X3 NFC atau Poco X3 Pro yang sudah menerapkan standar IP53 ponsel buatan Xiaomi ini belum dirancang kedap dari penetrasi debu.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 11 Lite

Sama halnya dengan Redmi Note 10 Pro sang produsen juga menggunakan layar berteknologi Super AMOLED dengan bentang 6.55 inch serta tingkat resolusi setara FHD+ untuk Xiaomi Mi 11 Lite ini.
Tingkat kecerahan yang mencapai 800 nits membuatnya nyaman digunakan di luar ruangan.
Layar milik Mi 11 Lite ini juga sudah mendukung konten HDR10.

Anda diberi pilihan antara menngatur refresh rate 60 Hz atau 90 Hz yang lebih mulus namun mengkonsumsi lebih banyak daya baterai.

Tentu saja sebagaimana umumnya layar berteknologi Super AMOLED lainnya Anda bisa memanfaatkan fitur “Always-on”.

Kegegasan

Dibelakali dengan Snadpragon 732G seperti yang dipakai oleh Poco X3 NFC ponsel ini sanggup memberikan pengalaman optimal tanpa kendala dalam pemakaian sehari-hari.

Beberapa game populer seperti “Asphalt 9” bisa dijalankan mulus pada tingkat pengaturan “Maximum”, demikian pula halnya dengan PUBG.
Hanya saja bagian belakangnya relatif cepat panas kala dipakai menjalankan game.

Kamera

Xiaomi melengkapi Mi 11 Lite dengan tiga lensa pada modul kamera utama masing-masing berupa lensa utama 64 MP, kamera sudut lebar 8 MP serta kamera makro dengan sensor 5 MP.

Kualitas Kamera Utama Xiaomi Mi 11 Lite

Sementara itu untuk aplikasi kameranya sendiri memiliki tampilan serta pilihan mode yang lebih kurang sama seperti Poco X3 NFC dan Poco X3 Pro.

Meski dibekali dengan sensor utama 64 MP namun secara default resolusi yang didapat adalah 16 MP kecuali Anda secara spesifik mengaturnya menjadi 64 MP.
Perbedaan antara keduanya tidak cukup signifikan bahkan dalam beberapa situasi Dombort justru mendapati hasil foto yang dihasilkan dengan resolusi 16 MP terlihat lebih baik ketimbang pada resolusi 64 MP.

Foto Hasil Kamera Utama Xiaomi Mi 11 Lite

Foto Hasil Kamera Utama Xiaomi Mi 11 Lite Resolusi 64 MP

Secara keseluruhan kualitas foto yang dihasilkan oleh lensa utama Xiaomi Mi 11 Lite ini terlihat memiliki tingkat detil tinggi serta kontras yang baik.
Kala digunakan di malam hari atau di dalam ruangan tingkat kejernihan foto yang dihasilkan terlihat menurun namun tetap terbilang baik untuk standar kamera ponsel seharga Rp 3 Juta-an.

Kamera Mi 11 Lite ini mendukung pembesaran digital sebesar 2x, ketika pencahayaan ideal foto yang dihasilkan terlihat cukup baik namun di dalam ruangan dan malam hari sebaiknya menghindari pembesaran ini.

Untuk lensa sudut lebar dengan sensor 8 MP mengalami masalah yang sama seperti umumnya lensa sudut lebar pada ponsel kelas menengah lainnya yaitu perspektif yang kurang tepat serta tingkat detil rendah.

Foto Hasil Kamera Utama Sudut Lebar Xiaomi Mi 11 Lite

Sedangkan kamera makro juga lagi-lagi menghadapi kendala sama seperti kamera ponsel lain sekelasnya yaitu tampilan warna yang terlihat washed out.

Foto Hasil Kamera Makro Xiaomi Mi 11 Lite

Kamera ponsel ini mendukung perekaman video dengan resolusi 4K pada 30 fps, sayangnya pada tingkat resolusi tersebut tidak didampingi oleh OIS sehigga video yang dihasilkan cenderung bergoyang kecuali Anda menggunakan tripod atau alat bantu lainnya.

Sementara itu di depan Anda akan mendapati lensa kamera swafoto dengan resolusi 16 MP yang kualitasnya tidak terlalu istimewa namun cukup bermanfaat kala digunakan melakukan percakapan dengan video.

Stamina Baterai

Ditanami dengan baterai berkapasitas 4250 mAh ponsel kelas menengah terbaru buatan Xiaomi ini sanggup bertahan selama 2 hari untuk pemakaian normal ala Dombort.
Sementara itu durasi waktu pengisian ulang dari 0-100% sekitar 1 jam lebih sedikit.

Penilaian untuk Xiaomi Mi 11 Lite

Xiaomi Mi 11 Lite tampil dengan desain menarik dan banderol harga terjangkau.
Meski fitur, kualitas serta penampilannya sepadan dengan harga yang dipatok namun pada dasarnya Mi 11 Lite tidak memiliki cukup pembeda dibanding Redmi Note 10 Pro dan untuk Dombort situasi ini bukanlah hal negatif sebab keduanya sama-sama ponsel menarik untuk kisaran harga Rp 3 Juta-an.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Xiaomi Mi 11 Lite
Author Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
Xiaomi Mi 11 Lite
Price
IDR 3799000
Product Availability
Available in Stock