Mengulas Poco X3 GT

Poco X3 GT Wujud Hasil Kompromi Poco X3 NFC dan Poco X3 Pro

Kehadiran Poco X3 GT sedikit di luar dugaan sebab belum lama ini pabrikan yang masih berada dalam satu group dengan Xiaomi tersebut sudah lebih dahulu merilis Poco X3 Pro dan antusiasme pembeli terhadapnya belum terlihat menurun.

Sama-sama mengusung nama “X3” maka serta merta menimbulkan pertanyaan apa yang membedakan Poco X3 GT ini dengan dua varian dalam seri X3 sebelumnya?

Poco X3 NFC sampai sekarang masih dianggap sebagai ponsel dengan kamera terbaik di kelasnya namun memilki keterbatasan di sektor performa.
Sementara itu Poco X3 Pro menawarkan performa luar biasa untuk ukuran ponsel kelas menengah berkat penggunaan Snapdragon 860 namun mengalami kompromi di sektor kamera.

Keunikan apa yang ditawarkan oleh Poco X3 GT? Silakan menyimak ulasan berikut:

Poco X3 GT dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Poco X3 GT

OS MIUI 11 berbasis Android 12.5
Layar 6.66 inches, 120 Hz, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~399 ppi density)
SoC MediaTek MT6891Z Dimensity 1100 5G (6 nm)
GPU Mali-G77 MC9
RAM 8 GB
ROM 128/256 GB
Kamera Utama 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.97″, 0.7µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 120˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, (macro)
Kamera Swafoto 16 MP, f/2.5, (wide), 1/3.06″, 1.0µm
Sensor Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, color spectrum, Virtual proximity sensing
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 5000 mAh battery
Dimensi 163.3 x 75.9 x 8.9 mm
Berat 193 g

Desain dan Layar Poco X3 GT

Desain

Menilik dari boks/kardus ada hal yang menurut Dombort langsung membedakan Poco X3 GT dengan dua varian X3 lainnya yaitu pemilihan huruf (font).
Pada boks X3 Pro dan X3 NFC huruf yang dipakai terlihat lebih standar/tradisional namun huruf pada boks X3 GT sama sekali berbeda, lebih menyiratkan sesuatu yang modern, cepat atau bahkan dinamis meski masih mempertahankan huruf berwarna kuning dan latar belakang hitam.

Review Poco X3 GT

Membuka boks tersebut Anda akan menemukan paket yang lebih kurang sama seperti X3 Pro maupun X3 NFC, namun setelah dicermati ternyata kapasitas pengisi daya (charger bawaan Poco X3 GT ini jauh lebih besar dibanding dua saudaranya yaitu 67 W.

Charger 67 W Poco X3 GT

Beralih pada unit handphone-nya sendiri pada bagian depan nyaris takkan ditemukan perbedaan antara X3 GT ini dengan X3 Pro maupun X3 NFC, memang dimensinya susut sekitar 0,7 mm namun nyaris tidak terasa.

Bedanya jika pada Poco X3 Pro dan NFC Anda akan mendapati pelindung layar yang sudah terpasang sementara pada layar Poco X3 GT tidak demikian.
Mungkin alasan pihak pabrikan tidak memberikan pelindung layar karena layar Poco X3 GT sudah menggunakan pelapis Invictus buatan Corning Gorilla yang selama ini lebih sering ditemukan pada ponsel kelas flagship.

Meski Invictus diklaim lebih mampu memberikan perlindungan namun Dombort sarankan tetap memasang tempered glass, hydrogel atau pelindung layar apapun sesuai preferensi Anda.
Pasalnya Dombort sendiri mengalami ketika tidak sengaja menyimpan kunci dan ponsel Poco X3 GT ini di bagian kompartemen/kantung tas yang sama ternyata muncul goresan ringan pada layar.

Menuju sisi bagian belakang Poco ternyata meninggalkan desain modul kamera melingkar di bagian tengah yang sebelumnya menjadi ciri khas Poco X3 NFC dan dilanjutkan oleh Poco X3 Pro.
Pada Poco X3 GT ini sang produsen kembali menerapkan desain modul konvensional yaitu mengkotak dan diletakkan di tepi kiri atas.

Desain Modul Kamera Poco X3 GT

Selain itu permukaan bodi bagian belakang tidak lagi menerapkan tipe glossy melainkan matte yang cenderung lebih mampu menyamarkan noda tangan selama ponsel digunakan.

Pada bagian tepi kanan Poco kembali menyatukan tombol daya dengan pemindai sidik jari, sementara di atasnya terletak tombol pengatur volume.
Bedanya kali ini tombol pengatur volume tambah dan kurang berupa satu tombol, tidak terpisah seperti pada Poco X3 NFC. Demikian pula tombol daya yang menyatu dengan pemindai sidik jari tidak dibuat sedikit masuk/tenggelam sehingga pada masa pemakaian awal kerap tidak sengaja melakukan unlock.

Tombol Fisik Poco X3 GT

Di bawah Anda juga takkan lagi menemukan port untuk earphone sebab Poco memutuskan untuk menghilangkan keberadaan headphone jack tersebut.

Headphone Jack Poco X3 GT

Untuk urusan audio sang produsen menempatkan dua speaker ganda yang kualiatasnya secara umum termasuk baik meski bagi penggemar bass Anda takkan mendapatkan kepuasan di sini.

Layar

Poco X3 GT masih mempertahankan layar dengan teknologi LCD seperti dua varian X3 lain, namun bentang layar ini sedikit menyusut menjadi 6,6 inch dimana dua saudaranya masing-masing memiliki layar dengan bentang 6,67 inch. Tapi percayalah perbedaan tersebut nyaris tidak terasa.

Kualitas Layar Poco X3 GT

Dukungan refresh rate hingga 120 Hz menjadikan proses gulung layar terasa halus meski tentu saja tetap tidak menyamai layar OLED, namun dibanding ponsel lain sekelasnya yang sama-sama menggunakan teknologi LCD layar milik Poco X3 series memang terlihat lebih baik.

Meski di atas kertas terjadi peningkatan tingkat kerapatan warna dari 395 ppi pada Poco X3 Pro dan NFC menjadi 399 ppi di Poco X3 GT akibat sedikit penyusutan bentang layar namun perbedaan antara ketiganya tidak signifikan, mata awam Dombort terus terang tak mampu membedakan kualitas layar ketiganya.

Kegegasan

Poco mempercayakan performa Poco X3 GT ini pada MediaTek MT6891Z dengan GPU Mali-G77 MC9 yang terintegrasi didampingi oleh RAM tipe LPDDR4X berkapasitas 8 GB.

Uji AnTuTu Poco X3 GT

Pada pengujian dengan AnTuTu v8 ponsel yang dibanderol seharga Rp 4 Jutaan ini mencatatkan 533539 point, sebagai pembanding Poco X3 Pro meraih 462894 point ketika diuji dengan metode yang sama.

Uji Geekbench Poco X3 GT

Sementara itu untuk pengujian dengan Geekbench 5 tercatat nilai 2763 dan 687 untuk Poco X3 GT, sementara Poco X3 Pro menorehkan angka 2697 dan 779.

Uji 3D Mark Poco X3 GT

Poco X3 GT kembali mengungguli Poco X3 Pro dalam uji 3D Benchmark dengan meraih angka 8972, 7164 serta 3996 dimana Poco X3 Pro meraih nilai 6480, 5321 dan 3415.

Bagaimana implementasinya dalam pemakaian harian?
Untuk pemakaian harian tidaklah mengejutkan jika kegegasan Poco X3 GT ini handal dalam berbagai situasi, apalagi didampingi RAM berkapasitas besar maka proses multitasking adalah perkara mudah.

Sementara itu untuk gaming kala dicoba menjalankan “PUBG” meski berjalan lancar namun sistem operasi tampaknya memberikan batasan sehingga pengaturan lebih tinggi pada 60 fps tidak bisa tercapai, harapannya akan ada update untuk mengatasi masalah ini dalam waktu dekat sebab semestinya tak ada masalah dengan spesifikasi perangkat keras.

Untuk game yang lebih berat seperti “Geshin Impact” dengan 60 fps ponsel ini tampak kesulitan mempertahankan stabilitas frame rate. Masalah bisa teratasi dengan menurunkan tingkat grafis menjadi “High” namun jika Anda mengharapkan pengalaman menjalankan game ini dengan lancar maka tingkat grafis “Medium” berdasar pengalaman Dombort adalah pilihan paling ideal.

Keunggulan Poco X3 GT dibanding Poco X3 Pro dalam menjalankan game paling terlihat justru terlihat pada stabilitas suhu, Poco X3 Pro cenderung lebih panas karena memang Snapdragon 860 yang merupakan versi overclock dari Snapdragon 855 cenderung menghasilkan suhu lebih tinggi.

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan media penyimpanan eksternal tampaknya bakal dikecewakan sebab pada X3 GT ini Poco memutuskan tidak lagi menyediakan dukungan tersebut.
Karenanya jika anggaran memungkinkan Dombort sarankan memilih versi 256 GB ketimbang 128 GB.

Kamera

Kamera Poco X3 NFC mendapat banyak pujian ketika ponsel tersebut pertama kali dirilis, sementara kamera Poco X3 Pro terasa sekali mengalami downgrade demi menanamkan Snapdragon 860 sembari mempertahankan banderol.

Pada Poco X3 GT ini pihak pabrikan memang menyingkirkan depth sensor tapi Dombort secara pribadi tidak keberatan karena toh selama ini keberadaannya cenderung sekadar gimmick.

Pada sisi lain Poco menempatkan lensa utama 64 MP OmniVision ditemani oleh lensa UW 8 MP dan lensa makro 2 MP.
Dari konfigurasi tersebut terlihat bahwa kamera X3 GT ini adalah kompromi antara X3 NFC dengan X3 Pro.

Secara umum kualitas foto dari kamera Poco X3 GT ini sangat baik untuk standar kamera ponsel kelas menengah, yang menarik terlihat bahwa dynamic range foto-foto tersebut mengalami peningkatan dibanding pada Poco X3 NFC sehingga tanpa mode HDR pun kualitas fotonya tetap terlihat hidup.

Foto Hasil Kamera Poco X3 GT

Foto Hasil Kamera Poco X3 GT

Foto Hasil Kamera Poco X3 GT

Memang pada pemakaian malam hari terlihat noise yang cukup tinggi, tapi lagi-lagi Dombort tidak keberatan sebab selain masih bisa ditolerir untuk standar kelasnya juga kondisi ini pada sisi lain perangkat lunaknya tidak menghilangkan detil demi menekan noise.

Terkadang kondisi overexposed masih dialami seperti halnya pada Poco X3 NFC yang menyebabkan foto tidak terlihat alamiah.
Sejauh ini Dombort menyiasatinya dengan menggunakan aplikasi “Open Camera” yang hasilnya lebih mendekati kondisi asli.

Stamina Baterai

Dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh stamina/daya tahan baterai ponsel ini termasuk standar, pada pemakaian normal ala Dombort ia sanggup bertahan lebih kurang selama 33 jam dengan layar yang selalu diatur pada refresh rate 120 Hz.

Sementara itu untuk pengisian ulang dengan menggunakan charger 67 w bawaannya diperlukan waktu 42 menit untuk pengisian ulang dari 3-100%.
Dalam kondisi tergesa-gesa pengisian daya selama 30 menit sudah cukup membuatnya bertahan selama sehari.

Penilaian untuk Poco X3 GT

Poco X3 GT dengan banderol Rp 4 Jutaan tidaklah mengecewakan selama digunakan sebagai daily driver.
Haptic feedback yang presisi, gulung layar mulus berkat refresh rate 120 Hz, kualitas audio jernih serta pengisian ulang daya baterai cepat berkat charger 67 W merupakan poin unggul dari ponsel ini yang menurut Dombort pantas digarisbawahi.

Sedangkan ketiadaan dukungan media penyimpanan eksternal lewat slot microSD, menghilangnya headphone jack serta kemampuan gaming yang terbatas menjadi keterbatasan yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda membeli ponsel ini.

Secara keseluruhan Dombort menilai ponsel ini sangat layak dibeli untuk harga Rp 4 Jutaan, setelah 3 bulan sempat menggunakan Poco X3 NFC, pernah satu bulan dengan Poco X3 Pro dan kini hampir sepekan menggunakan Poco X3 GT nyaris tak ada komplain berarti terkait performa dan kualitasnya.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Poco X3 GT
Author Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
Poco X3 GT 256 GB
Price
IDR 4599000
Product Availability
Available in Stock